Loading...

Jusuf Kalla: Indonesia Ramah dan Bersahabat untuk Asia

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan masyarakat Indonesia yang selama dua pekan memberikan dukungan kepada seluruh atlet Asia dalam kompetisi olahraga internasional Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

“Anda semua telah memberikan contoh kepada seluruh warga Asia, bahwa Indonesia merupakan warga dari keluarga besar Asia yang ramah dan bersahabat,” kata Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya di Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu malam.

Wapres mengatakan semangat dan antusiasme masyarakat Indonesia telah menciptakan energi besar kepada seluruh atlet dari 45 negara Asia yang berkompetisi di Asian Games ke-18 ini.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh penonton dan masyarakat, yang turut berbagi semangat dan senyum di saat kemenangan maupun berbagi simpati saat kekalahan,” kata JK yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Inasgoc.

Wapres juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh atlet yang telah bertanding dengan semangat tinggi dan sportif dalam perhelatan akbar se-Asia tersebut.

“Terima kasih telah memberikan momen-momen mendebarkan, semangat yang kuat dan energi yang sportif. Kalian semua adalah para pahlawan Asia,” ujarnya.

Menurut Wapres, penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, Indonesia, telah mencapai tiga kesuksesan, yakni terkait sarana dan prasarana, penyelenggaraan serta prestasi.

“Saya ucapkan selamat untuk kita semua yang telah berhasil mewujudkan Asian Games ke-18 ini meraih tiga sukses, dari sisi sarana dan prasarana, dari sisi penyelenggaraan dan dari sisi prestasi,” kata Wapres JK.

Dalam hal sarana dan prasarana, Pemerintah Indonesia berhasil menggenjot pembangungan arena pertandingan dan juga jalur transportasi kereta api ringan (light rail transit) di Jakarta, Palembang dan Jawa Barat.

Sementara itu dari segi prestasi, Wapres Kalla mengatakan untuk pertama kalinya Indonesia mencetak sejarah dengan prestasi tertinggi dan berada di urutan empat besar sejak pelaksanaan Asian Games pertama di India 1951.

“Ini adalah capaian prestasi tertinggi Indonesia dalam sejarah keikutsertaannya di Asian Games, dari peringkat 17 pada Asian Games ke-17 dengan empat medali emas di Incheon, Korea Selatan; naik ke peringkat empat dengan 31 medali emas di Jakarta kali ini,” kata JK.

Dalam Upacara Penutupan Asian Games ke-18 tersebut, turut hadir mendampingi Wapres Jusuf Kalla antara lain Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, Presiden Dewan Olimpiade Asia Ahmad Al-Fahad Al-Sabah, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Kontingen Indonesia Syfaruddin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Berita Lainnya
Jusuf Kalla: Atlet Asian Para Games Pemenang Kemanusiaan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi para atlet Asian Para Games 2018 ...
Anies Baswedan Serahkan Bendera Asian Para Games ke China JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengembalikan bendera Asian Paralympic...
Presiden Asian Paralympic Committee Puji Pelaksanaan Asian Para Games 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Sebelum upacara penutupan Asian Para Games 2018, Presiden Asian Paralympic...
Konsep Teatrikal Akan Ramaikan Closing Ceremony Asian Para Games 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pesta olahraga terbesar se-Asia untuk atlet disabilitas yang bertajuk Asia...
18.000 Tiket Penutupan Asian Para Games Ludes Terjual JAKARTA, TAJUKTMUR.COM - Ketua Umum Asian Para Games 2018 (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari mengatakan ...
Kanal: Asian Para Games 2018