Loading...

Persiapan Asian Para Games Sudah 95 Persen

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 sudah mencapai 95 persen. Ajang olahraga tingkat Asia bagi penyandang difabilitas itu akan diselenggarakan di Jakarta pada 6 hingga 13 Oktober mendatang.

“Yang belum kesiapan lebih ke penataan-penataan ‘software’ juga beberapa ‘venue’ tinggal ‘finishing’,” kata Sekjen INAPGOC Bayu Rahadian, di sela-sela sosialisasi Asian Para Games di Kementerian Sosial, Rabu (19/9).

Ia menjelaskan sentuhan akhir untuk arena pertandingan seperti akses untuk atlet dan penonton. Terutama untuk atlet penyandang difabilitas, akses ke arena, ruang ganti, dan penginapan.

“Kalau tidak bisa permanen, kita upayakan temporer,” tambah Bayu.

INAPGOC juga menyiapkan 8.000 relawan untuk mendampingi atlet dan tamu serta lainnya karena mereka butuh pendampingan khusus.

Sebelumnya, Kementerian Sosial telah memberikan pelatihan kepada 300 koordinator relawan.

Menurut Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, koordinasi dengan INAPGOC sudah dilakukan sejak awal karena Kemensos menjadi bagian dari kepanitiaan Asian Para Games.

Dalam Keputusan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2016 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Para Games 201, pada pasal 5 disebutkan bahwa Menteri Sosial merupakan anggota Panitia Pengarah dan merupakan Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Indonesia Asian Para Games 2018.

Kementerian Sosial bertugas memberikan pelatihan kepada koordinator relawan Asian Para Games, memfasilitasi penyediaan transportasi yang memenuhi persyaratan aksesibilitas untuk peserta Asian Para Games.

Selain itu, melakukan sosialisasi kepada penyandang difabilitas panti sosial, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), monitoring dan evaluasi pada fasilitas yang digunakan selama penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Selain itu, memfasilitasi penyandang difabilitas yang akan menyaksikan pertandingan serta membantu mengoordinasikan Games Legacy Asian Para Games 2018 untuk menjadikan Indonesia sebagai negara ramah difabilitas.

Berita Lainnya
Jusuf Kalla: Atlet Asian Para Games Pemenang Kemanusiaan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi para atlet Asian Para Games 2018 ...
Anies Baswedan Serahkan Bendera Asian Para Games ke China JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengembalikan bendera Asian Paralympic...
Presiden Asian Paralympic Committee Puji Pelaksanaan Asian Para Games 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Sebelum upacara penutupan Asian Para Games 2018, Presiden Asian Paralympic...
Konsep Teatrikal Akan Ramaikan Closing Ceremony Asian Para Games 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pesta olahraga terbesar se-Asia untuk atlet disabilitas yang bertajuk Asia...
18.000 Tiket Penutupan Asian Para Games Ludes Terjual JAKARTA, TAJUKTMUR.COM - Ketua Umum Asian Para Games 2018 (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari mengatakan ...
Kanal: Asian Para Games 2018