Loading...

Andi Amran: 2018 Indonesia Swasembada Beras, Cabai, Jagung dan Bawang

BANDAR LAMPUNG (TAJUKTIMUR.COM) – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menegaskan mulai awal tahun depan atau sejak hari ini, Indonesia akan menggaungkan swasembada pangan komoditas beras, cabai, jagung dan bawang.

“Dulu kita ragu bisa swasembada pangan, tapi beberapa hari lagi tinggal menghitung hari sekitar 40 atau 45 hari lagi, tepatnya 31 Desember 2017, kita bisa gaungkan swasembada empat komoditas pangan beras, cabai, jagung dan bawang dalam waktu bersamaan,” katanya, Jumat (10/11) lalu.

Saat kegiatan panen padi dan memberikan sejumlah bantuan alat pertanian dan mesin pertanian (alsintan) kepada para kelompok tani di Desa Mandala Sari, Kecamatan Mataram Baru, Kabupaten Lampung Timur, Amran mengemukakan bahwa capaian swasembada pangan adalah berkat kerja semua pihak seperti TNI, polisi, para penyuluh pertanian, petani dan pemerintah.

Amran mengapreasi para penyuluh pertanian yang terus membantu para petnani. “Terima kasih kepada TNI dan penyuluh yang membantu petani,” katanya.

Amran juga mengatakan sebelumnya Indonesia mengimpor pangan, seperti jagung dan bawang setiap tahunnya, namun hari ini tidak ada lagi impor. “Hari ini nol. Tidak ada impor,” ujarnya.

Berkat capaian swasembada pangan itu, menurut dia, sekarang Indonesia menjadi incaran negara luar untuk belajar pertanian di Indonesia.

“Saya baru pulang dari Thailand dan Malaysia, mereka bertanya kepada kita apa yang dilakukan Pemerintah Indonesia. Sekarang mereka ingin belajar kepada kita,” ujarnya.

Seperti diketahui, Mentan Amran melakukan kegiatan panen padi dan memberikan sejumlah bantuan alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani di Lampung Timur, di antaranya pompa air, traktor tangan, alat pemanen padi dan alat pemanen jagung.

Turut hadir dalam kegiatan panen padi itu Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Sekda Provinsi Lampung Sutono, Danrem Garuda Hitam Kolonel Inf Hadi Basuki, Sekda Lampung Timur Syahrudin Putera, Dandim 0411 Lampung Tengah Letkol Infantri Jajang Kurniawan, dan Kadis Pertanian Lampung Timur M Yusuf HR.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
PT KCI Targetkan KMT jadi Uang Elektronik Tahun ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menargetkan Kartu Multi Trip (KMT) bisa...
Lion Air Group Berlakukan Kebijakan Baru Soal Bagasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air, yang merupakan bagian dari Li...
Kemenkominfo Terus Pantau Proses Refund ‘Bolt’ dan ‘First Media’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah mengeluarkan keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio...
Bank Muamalat Jalin kerja sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dukcapil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Direktorat Jender...
Selama Liburan Natal dan Tahun Baru, BCA Tetap Buka JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Selama periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, layanan kantor PT Ban...
Kanal: Ekonomi & Bisnis