Loading...

Bappenas: Subsidi Tepat Sasaran Kurangi Rakyat Miskin

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Kepala Badan Perencanaaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan strategi pemerintah dalam mengurangi kemiskinan adalah melalui subsidi tepat sasaran langsung kepada keluarga atau individu penerima.

“Oleh karena itu akan sangat baik kalau bisa memetakan di mana saja mereka (masyarakat miskin) itu berada,” kata Bambang dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pemerintah pusat akan terus memperbaiki penyaluran subsidi dan bantuan sosial supaya lebih tepat sasaran, terutama untuk Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga dan beras sejahtera (rastra) bagi 15 juta keluarga.

Khusus untuk rastra, proses untuk memperbaiki pembagiannya yang sering tidak tepat jumlah dan tidak tepat waktu adalah melalui pengalihan menjadi bantuan pangan nontunai (BPNT).

“Rastra mulai 2017 sekitar 1,4 juta dari 15 juta keluarga penerima sudah dialihkan menjadi BPNT, jadi tidak lagi pemerintah melalui berbagai jalur memberikan beras kepada keluarga, tetapi mereka diberikan voucher yang hanya bisa dibelikan beras dan telur,” ucap Bambang.

Ia berharap bahwa di 2018 jumlah penerima rastra yang telah beralih ke BPNT bisa mencapai 10 juta keluarga dan pada 2019 bisa seluruhnya agar bantuan pemerintah subsidi beras yang mencapai Rp30 triliun bisa lebih tepat sasaran.

“Oleh karena itu basis data terpadu menjadi penting. Basis data terpadu terus diperbaiki di bawah koordinasi dengan Kemensos dan BPS, sehingga kami berharap anggaran besar bansos ke depan akan langsung tepat sasaran,” ujar Bambang.

Selain itu, Bappenas juga mendorong peran pemerintah daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui program daerah yang mendukung strategi pengurangan kemiskinan oleh pemerintah pusat.

Berita Lainnya
Toyota Berinvestasi US$1 Miliar di Grab Holdings Inc. SINGAPURA, TAJUKTIMUR.COM -- Grab Holdings Inc. (Grab), mobile platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kesepakatan dengan Toyota...
JOOX dan Airasia Menghadirkan Musik Tanpa Internet di Pesawat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Ppenyedia layanan musik digital daring terdepan di Indonesia, JOOX menjalin kesepakatan dengan maskapai AirAsia Group Indon...
Lebaran, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 22,3% JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran menjadi 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3% jika...
Jelang Pilkada Serentak, Ini Harapan Pelaku Usaha JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Mendekati pemilihan kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018, kalangan pelaku usaha was-was, terutama jika pesta ...
Rupiah Tembus Rp14.102 Per Dolar AS JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis sore, melemah sebesar 170 poin menjadi Rp14.102 per dola...
Kanal: Ekonomi & Bisnis