Loading...

BI Gelontorkan Rp18,5 Triliun untuk Intervensi Pasar Sekunder SUN

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Bank Indonesia dari awal tahun hingga hari ini telah menggelontorkan dana sebesar Rp18,5 triliun untuk intervensi pasar sekunder surat utang pemerintah sebagai upaya stabilisasi nilai tukar rupiah.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah dalam diskusi di Jakarta, Rabu, mengatakan untuk pasar primer surat utang negara (SUN), BI telah mengucurkan dana sekitar Rp42 triliun.

Nanang mengatakan, BI sebagai bank sentral memang membutuhkan surat berharga negara (SBN) untuk digunakan pada operasi moneter.

“Karena sebagian besar sekarang ini untuk instrumen kontraksi menggunakan repost SUN, sehingga untuk beberapa tenor ke depan kami akan terus gunakan banyak SBN untuk pengelolaan likuiditas dalam operasi moneter,” kata Nanang.

Lebih lanjut, Nanang mengatakan BI saat ini juga memantau arus modal masuk dalam lima hari terakhir sudah mencapai sekitar Rp6 triliun.

Nanang mengartikan kondisi ini sebagai indikasi bahwa investor asing melihat gejolak perekonomian global hanya berlaku sementara.

“Terlebih lagi yield di Indonesia sudah termasuk atraktif bagi investor dengan kisaran 7,4 persen saat ini,” imbuh dia.

Oleh karena itu, menurut Nanang, BI dalam melakukan pemilihan SBN juga memperhatikan spread antara US Treasury SBN 10 tahun agar tetap menarik.

BI juga menekankan pentingnya stabilitas nilai tukar. Tekanan terhadap rupiah menurut dia juga terjadi di negara lainnya.

“Kalau harus terdepresiasi, depresiasinya secara terukur. Yang penting bagi masyarakat ada kepastian tak menimbulkan kepanikan,” ujar dia.

Berita Lainnya
Lion Air Group Berlakukan Kebijakan Baru Soal Bagasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air, yang merupakan bagian dari Li...
Kemenkominfo Terus Pantau Proses Refund ‘Bolt’ dan ‘First Media’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah mengeluarkan keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio...
Bank Muamalat Jalin kerja sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dukcapil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Direktorat Jender...
Selama Liburan Natal dan Tahun Baru, BCA Tetap Buka JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Selama periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, layanan kantor PT Ban...
PT KCI Batalkan Rencana KRL Premium SERANG, TAJUKTIMUR.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) membatalkan rencana pengoperasian KRL Pr...
Kanal: Ekonomi & Bisnis