Loading...

BI Gelontorkan Rp18,5 Triliun untuk Intervensi Pasar Sekunder SUN

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Bank Indonesia dari awal tahun hingga hari ini telah menggelontorkan dana sebesar Rp18,5 triliun untuk intervensi pasar sekunder surat utang pemerintah sebagai upaya stabilisasi nilai tukar rupiah.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah dalam diskusi di Jakarta, Rabu, mengatakan untuk pasar primer surat utang negara (SUN), BI telah mengucurkan dana sekitar Rp42 triliun.

Nanang mengatakan, BI sebagai bank sentral memang membutuhkan surat berharga negara (SBN) untuk digunakan pada operasi moneter.

“Karena sebagian besar sekarang ini untuk instrumen kontraksi menggunakan repost SUN, sehingga untuk beberapa tenor ke depan kami akan terus gunakan banyak SBN untuk pengelolaan likuiditas dalam operasi moneter,” kata Nanang.

Lebih lanjut, Nanang mengatakan BI saat ini juga memantau arus modal masuk dalam lima hari terakhir sudah mencapai sekitar Rp6 triliun.

Nanang mengartikan kondisi ini sebagai indikasi bahwa investor asing melihat gejolak perekonomian global hanya berlaku sementara.

“Terlebih lagi yield di Indonesia sudah termasuk atraktif bagi investor dengan kisaran 7,4 persen saat ini,” imbuh dia.

Oleh karena itu, menurut Nanang, BI dalam melakukan pemilihan SBN juga memperhatikan spread antara US Treasury SBN 10 tahun agar tetap menarik.

BI juga menekankan pentingnya stabilitas nilai tukar. Tekanan terhadap rupiah menurut dia juga terjadi di negara lainnya.

“Kalau harus terdepresiasi, depresiasinya secara terukur. Yang penting bagi masyarakat ada kepastian tak menimbulkan kepanikan,” ujar dia.

Berita Lainnya
Peserta Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 Apresiasi Capaian Indonesia BALI, TAJUKTIMUR.COM - Para peserta pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018 mengapresiasi berbagai pencapaian Indonesia sebagai tuan rumah. Hadir dalam jumpa pers adalah...
BI Dorong Peran Ekonomi Syariah untuk Pertumbuhan Berkelanjutan BALI, TAJUKTIMUR.COM - Bank Indonesia (BI) terus mendorong peran ekonomi dan keuangan syariah untuk mendukung tercapainya pertumbuhan berkelanjutan (Sustainable Developme...
Sri Mulyani Raih Penghargaan Sebagai Menkeu Terbaik BALI, TAJUKTIMUR.COM - Sri Mulyani Indrawati memperoleh penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik di kawasan Asia Timur dan Pasifik versi majalah Global Markets. Pe...
MUI: Destinasi Wisata Halal Jaga Tujuan Wisata Sesuai Syariat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kemenpar bersama MUI menggelar acara bimbingan teknis untuk mengembangkan jalur wisata tematik berbasis halal bertempat di Swiss Bell Hotel Gunu...
Pemerintah Siapkan Kebijakan Atasi Tantangan Ekonomi BADUNG, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah negara mengakui ekonomi Indonesia dalam kondisi yang baik, meskipun ada tantangan yang harus diselesaikan oleh Pemerintah dengan melakuk...
Kanal: Ekonomi & Bisnis