Loading...

BI Gelontorkan Rp18,5 Triliun untuk Intervensi Pasar Sekunder SUN

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Bank Indonesia dari awal tahun hingga hari ini telah menggelontorkan dana sebesar Rp18,5 triliun untuk intervensi pasar sekunder surat utang pemerintah sebagai upaya stabilisasi nilai tukar rupiah.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah dalam diskusi di Jakarta, Rabu, mengatakan untuk pasar primer surat utang negara (SUN), BI telah mengucurkan dana sekitar Rp42 triliun.

Nanang mengatakan, BI sebagai bank sentral memang membutuhkan surat berharga negara (SBN) untuk digunakan pada operasi moneter.

“Karena sebagian besar sekarang ini untuk instrumen kontraksi menggunakan repost SUN, sehingga untuk beberapa tenor ke depan kami akan terus gunakan banyak SBN untuk pengelolaan likuiditas dalam operasi moneter,” kata Nanang.

Lebih lanjut, Nanang mengatakan BI saat ini juga memantau arus modal masuk dalam lima hari terakhir sudah mencapai sekitar Rp6 triliun.

Nanang mengartikan kondisi ini sebagai indikasi bahwa investor asing melihat gejolak perekonomian global hanya berlaku sementara.

“Terlebih lagi yield di Indonesia sudah termasuk atraktif bagi investor dengan kisaran 7,4 persen saat ini,” imbuh dia.

Oleh karena itu, menurut Nanang, BI dalam melakukan pemilihan SBN juga memperhatikan spread antara US Treasury SBN 10 tahun agar tetap menarik.

BI juga menekankan pentingnya stabilitas nilai tukar. Tekanan terhadap rupiah menurut dia juga terjadi di negara lainnya.

“Kalau harus terdepresiasi, depresiasinya secara terukur. Yang penting bagi masyarakat ada kepastian tak menimbulkan kepanikan,” ujar dia.

Berita Lainnya
AirAsia X Tambah 34 Airbus A330neo KUALA LUMPUR, TAJUKTIMUR.COM - Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar. Pembelian te...
Menteri Darmin: Rupiah Masih Naik atau Turun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan pergerakan nilai tukar Rupiah masih menyesuaikan diri den...
Dirjen Bea Cukai: Ekspor Freeport Dorong Penerimaan Bea Keluar JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kinerja ekspor minerba menopang penerimaan bea keluar yang hingga semester I/2018 mencapai Rp3,28 triliun atau 109,1%. Sebag...
Mandiri Syariah Siap Layani Penukaran Uang Diseluruh Embarkasi Haji JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) membuka layanan penukaran Saudi Arabian Riyal (SAR) di seluruh embarkasi haji Indone...
Indonesia Incar Potensi USD88 miliar Pasar Komponen Pesawat Dunia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Indonesia menggenjot ekspor komponen pesawat terbang seiring berkembangnya kemampuan industri nasional dalam sektor ini. ...
Kanal: Ekonomi & Bisnis