Loading...

BPS: Pembangunan Jalan TransPapua Rangsang Perekonomian Daerah

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua menilai pembangunan jalan transPapua yang sedang berlangsung akan merangsang perekonomian daerah.

Kepala BPS Provinsi Papua Simon Sapari, di Jayapura, Rabu, mengatakan dengan adanya jalan transPapua masyarakat setempat akan semakin termotivasi untuk menggeluti usahanya di berbagai bidang.

“Misalnya saja masyarakat yang menjadi petani, setelah didukung pemerintah dalam hal produksi tapi ketika tidak ada infrastruktur yang mendukung maka tidak dapat memasarkan hasil tanahnya,” katanya.

Menurut Simon, jika infrastruktur tidak memadai, maka masyarakat akan kesulitan untuk memasarkan hasil kebunnya, harga jualnya pun menjadi lebih mahal karena biaya angkutnya melalui jalan yang sulit ditempuh.

“Untuk itu, pembangunan jalan transPapua ini sungguh akan membantu perkembangan perekonomian di wilayah sekitarnya dan meningkatkan pula kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya.

Dia mengakui BPS belum melakukan pengecekan terhadap masyarakat dan perkembangan perekonomian di sekitar jalan transPapua, namun ke depannya hal ini akan menjadi salah satu agenda penting.

“Pembangunan jalan transPapua ini akan mempengaruhi perekonomian masyarakat di sepanjang maupun sekitar infrastruktur tersebut,” katanya lagi.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), secara keseluruhan total panjang transPapua adalah 4.330,07 kilometer (km), yang terdapat di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Total panjang transPapua di Provinsi Papua adalah 3.259,45 km, sedangkan yang di Provinsi Papua Barat panjangnya 1.070,62 km.

Dari total panjang tersebut, ada 231,27 km jalan baru yang dibangun di 2016, sehingga total transPapua yang tembus hingga kini sepanjang 3.851,93 km, dan yang belum tembus sepanjang 479,04 km.

(ant/and)

Berita Lainnya
Pengusaha Pakistan ingin Perkuat Bisnis dengan Indonesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengusaha Pakistan ingin memperkuat hubungan bisnis dengan Indonesia dalam...
Kemenkeu Pastikan Kelola Utang dengan Hati-Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan dalam menyusun Anggaran Pendapa...
Mendag minta Kepala Dinas Kawal Persediaan Barang Pokok Jelang Natal JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta para kepala dinas di pemer...
Merpati Airlines akan Beroperasi Tahun 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang sejak 1 Februari 2014 berhent...
Indonesia Jaring Wisatawan Denmark LONDON, TAJUKTIMUR.COM - Pertemuan bisnis di Kopenhagen yang pesertanya berasal dari industri pelanc...
Kanal: Ekonomi & Bisnis