Loading...

DJPb Papua Klaim Telah Realisasi KUR Rp87,633 Miliar

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua mengungkapkan hingga kini realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di wilayah tersebut mencapai Rp87,633 miliar, dengan jumlah kreditur 2.428 orang/badan usaha.

“Tercatat KUR terserap di 20 kabupaten/kota yang ada di Papua dan Kota Jayapura menjadi penyerap KUR terbesar dengan nilai Rp31,069 miliar,” ucap Kepala Kanwil DJPb Papua, Syarwan di Jayapura, Kamis.

Ia menyebut sebagian besar KUR disalurkan pada sektor ritel yang nilainya sebesar Rp44,595 miliar, sedangkan untuk sektor mikro Rp42,738 miliar.

Pada sektor ritel yang jumlah krediturnya mencapai 329 orang/badan usaha, Bank Mandiri menjadi penyalur terbesar dengan angka Rp17,775 miliar.

Sementara di sektor mikro dengan jumlah kreditur 2.068 orang/badan usaha, sebagian besar disalurkan oleh BRI yang nilainya mencapai Rp38,589 miliar.

Syarwan menambahkan, dilihat dari sektor ekonomi, penyaluran KUR didominasi untuk bidang perdagangan besar dan eceran yang nilainya mencapai Rp46,461 miliar yang melibatkan 1.333 kreditur.

Penyaluran kedua terbesar ada dibidang pertanian, perburuan dan kehutanan yang jumlah krediturnya mencapai 483 orang/badan usaha dengan nilai akad Rp14,801 miliar.

Ia pun mengimbau pihak perbankan bisa lebih giat mensosialisasikan KUR kepada masyarakat karena di pengetahuan masyarakat Papua terhadap program tersebut masih minim.

(as)

Berita Lainnya
Kadin Anugerahi Jokowi Sebagai tokoh Pemerataan Pembangunan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi penghargaan Tokoh Pemerataan Pembangunan Nasional oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Se...
Ratusan Perusahaan di Asia Pasifik Ikuti Pameran Transformasi Industri JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 200 perusahaan terkemuka di dunia akan mengikuti pameran "Transformasi Industri Asia Pacific" yang akan berlangsung di Singapura pada 1...
Bank BRI Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Lion Air Group JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk resmi mengelola keuangan Lion Air Group melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakuka...
Marzuki Alie Dorong Penguatan Ekonomi melalui Koperasi SIDOARJO, TAJUKTIMUR.COM - Mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie mendorong adanya penguatan ekonomi kemasyarakatan melalui koperasi terutama dalam menyongsong demografi tenaga...
Pertamina: 69 Terminal BBM Siap Salurkan B20 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Pertamina (Persero) telah menyalurkan bahan bakar campuran biodiesel 20 persen (B20) pada 69 terminal BBM sejak 1 September hingga 14 Septem...
Kanal: Ekonomi & Bisnis