Loading...

DJPb Papua Klaim Telah Realisasi KUR Rp87,633 Miliar

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua mengungkapkan hingga kini realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di wilayah tersebut mencapai Rp87,633 miliar, dengan jumlah kreditur 2.428 orang/badan usaha.

“Tercatat KUR terserap di 20 kabupaten/kota yang ada di Papua dan Kota Jayapura menjadi penyerap KUR terbesar dengan nilai Rp31,069 miliar,” ucap Kepala Kanwil DJPb Papua, Syarwan di Jayapura, Kamis.

Ia menyebut sebagian besar KUR disalurkan pada sektor ritel yang nilainya sebesar Rp44,595 miliar, sedangkan untuk sektor mikro Rp42,738 miliar.

Pada sektor ritel yang jumlah krediturnya mencapai 329 orang/badan usaha, Bank Mandiri menjadi penyalur terbesar dengan angka Rp17,775 miliar.

Sementara di sektor mikro dengan jumlah kreditur 2.068 orang/badan usaha, sebagian besar disalurkan oleh BRI yang nilainya mencapai Rp38,589 miliar.

Syarwan menambahkan, dilihat dari sektor ekonomi, penyaluran KUR didominasi untuk bidang perdagangan besar dan eceran yang nilainya mencapai Rp46,461 miliar yang melibatkan 1.333 kreditur.

Penyaluran kedua terbesar ada dibidang pertanian, perburuan dan kehutanan yang jumlah krediturnya mencapai 483 orang/badan usaha dengan nilai akad Rp14,801 miliar.

Ia pun mengimbau pihak perbankan bisa lebih giat mensosialisasikan KUR kepada masyarakat karena di pengetahuan masyarakat Papua terhadap program tersebut masih minim.

(as)

Berita Lainnya
TCASH Berubah Menjadi LinkAja JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Untuk menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik, mudah dan ...
PT KCI Targetkan KMT jadi Uang Elektronik Tahun ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menargetkan Kartu Multi Trip (KMT) bisa...
Lion Air Group Berlakukan Kebijakan Baru Soal Bagasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air, yang merupakan bagian dari Li...
Kemenkominfo Terus Pantau Proses Refund ‘Bolt’ dan ‘First Media’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah mengeluarkan keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio...
Bank Muamalat Jalin kerja sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dukcapil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Direktorat Jender...
Kanal: Ekonomi & Bisnis