Loading...

DJPb Papua Klaim Telah Realisasi KUR Rp87,633 Miliar

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua mengungkapkan hingga kini realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di wilayah tersebut mencapai Rp87,633 miliar, dengan jumlah kreditur 2.428 orang/badan usaha.

“Tercatat KUR terserap di 20 kabupaten/kota yang ada di Papua dan Kota Jayapura menjadi penyerap KUR terbesar dengan nilai Rp31,069 miliar,” ucap Kepala Kanwil DJPb Papua, Syarwan di Jayapura, Kamis.

Ia menyebut sebagian besar KUR disalurkan pada sektor ritel yang nilainya sebesar Rp44,595 miliar, sedangkan untuk sektor mikro Rp42,738 miliar.

Pada sektor ritel yang jumlah krediturnya mencapai 329 orang/badan usaha, Bank Mandiri menjadi penyalur terbesar dengan angka Rp17,775 miliar.

Sementara di sektor mikro dengan jumlah kreditur 2.068 orang/badan usaha, sebagian besar disalurkan oleh BRI yang nilainya mencapai Rp38,589 miliar.

Syarwan menambahkan, dilihat dari sektor ekonomi, penyaluran KUR didominasi untuk bidang perdagangan besar dan eceran yang nilainya mencapai Rp46,461 miliar yang melibatkan 1.333 kreditur.

Penyaluran kedua terbesar ada dibidang pertanian, perburuan dan kehutanan yang jumlah krediturnya mencapai 483 orang/badan usaha dengan nilai akad Rp14,801 miliar.

Ia pun mengimbau pihak perbankan bisa lebih giat mensosialisasikan KUR kepada masyarakat karena di pengetahuan masyarakat Papua terhadap program tersebut masih minim.

(as)

Berita Lainnya
Piala Dunia, Pendapatan Industri Travel Naik 5 Persen JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Asnawi Bahar mengungkapkan gelaran Piala Dunia 2018 di R...
Bank Dunia Kucurkan Pinjaman USD 150 Juta untuk Kesehatan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia hari ini menyetujui pinjaman baru sebesar 150 juta dolar Amerika Serikat untuk mendukun...
BI Buka Operasional Terbatas pada 19-20 Juni 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Menyambut libur dan cuti Lebaran yang berlangsung pada 11-20 Juni 2018, Bank Indonesia (BI) menyatakan bakal membuka layana...
BI Tak Berencana Terapkan Pajak Modal Asing JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan pihaknya saat ini tidak memiliki rencana untuk mendorong pengenaan pajak b...
Garuda Indonesia Sebagai Perusahaan Kebanggaan Masyarakat Versi YouGov Brand Index JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Maskapai nasional Garuda Indonesia dinobatkan sebagai perusahaan paling dibanggakan untuk bekerja oleh masyarakat Indonesia...
Kanal: Ekonomi & Bisnis