Loading...

Garuda Ekspor Ikan Maluku ke Australia

AMBON (TAJUKTIMUR.COM) — PT Garuda Indonesia Kantor Cabang Ambon, Maluku melakukan ekspor perikanan langsung dari Bandara Pattimura Ambon ke negara tujuan Australia menggunakan pesawat tersebut.

“Mulai Selasa (16/1) kita telah melakukan ekspor langsung produk perikanan dari Ambon ke Sidney Australia, setelah terakhir kali dilakukan pada tahun 2014,” kata Sales menager PT Garuda Indonesia cabang Ambon, Agny Gallus Pratama.

Ia mengatakan, ekspor langsung perikanan dimulai dengan pengiriman sampel ikan milik PT Harta Samudera ke Sidney Australia, selanjutnya akan dilakukan pengiriman dalam jumlah besar ke Jepang.

“Pengiriman perdana ini akan diikuti dengan ekspor dalam jumlah besar ke Jepang yang akan dilakukan pekan depan. Kita akan mengundang Gubernur Maluku untuk melakukan ekspor langsung ini,” katanya di Ambon.

Selama ini kata Gallus, proses pengiriman produk perikanan ke negara tujuan melalui rute Ambon-Jakarta atau Surabaya sebelum dikirim ke negara tujuan.

Banyak produk dari Maluku yang menjadi komoditas ekspor, tetapi proses pengepakan akhirnya selalu dilakukan di luar daerah sehingga nilai ekspornya menjadi milik daerah tersebut.

“Sekarang dengan pesawat bisa langsung melalui Jakarta dan menuju ke negara tujuan, karena jika dilakukan di Makassar, Surabaya atau Jakarta, harus dikemas ulang dan angka ekspornya jadi milik daerah itu,” ujarnya.

Ia mengakui, proses ekspor langusng juga mendapat dukungan dari Angkasa Pura I cabang Ambon, Bea dan Cukai, Balai Karantina, Lanud Pattimura, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Bea Cukai dan Karantina sudah mendukung, dipastikan proses ekspor langusng ini akan memberikan tambahan Pendapatan asli daerah (PAD) bagi kota Ambon,” tandasnya.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Gubernur Maluku Pecat Lima ASN Korupsi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku, Said Assagaff telah melakukan pemecatan tidak dengan hormat...
Polisi bubarkan demonstrasi GMKI cabang Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Personel Polres Pulau Ambon dan Pulau - Pulau Lease, Selasa, membubarkan aks...
Polda: Maluku aman saat pemilu AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Stigma Bawaslu terhadap kondisi kamtibmas di Maluku termasuk salah satu daer...
Maluku ekspor 0,99 ton tuna fresh whole ke Jepang AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Provinsi Maluku mengekspor lagi 0,99 ton ikan tuna fresh whole ke Jepang pad...
Warga Ambon Doa Bersama Untuk Kedamaian Indonesia AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 1.500 warga Ambon lintas denominasi gereja menaikkan doa bersama un...
Kanal: Ekonomi & Bisnis Maluku