Loading...

Garuda Ekspor Ikan Maluku ke Australia

AMBON (TAJUKTIMUR.COM) — PT Garuda Indonesia Kantor Cabang Ambon, Maluku melakukan ekspor perikanan langsung dari Bandara Pattimura Ambon ke negara tujuan Australia menggunakan pesawat tersebut.

“Mulai Selasa (16/1) kita telah melakukan ekspor langsung produk perikanan dari Ambon ke Sidney Australia, setelah terakhir kali dilakukan pada tahun 2014,” kata Sales menager PT Garuda Indonesia cabang Ambon, Agny Gallus Pratama.

Ia mengatakan, ekspor langsung perikanan dimulai dengan pengiriman sampel ikan milik PT Harta Samudera ke Sidney Australia, selanjutnya akan dilakukan pengiriman dalam jumlah besar ke Jepang.

“Pengiriman perdana ini akan diikuti dengan ekspor dalam jumlah besar ke Jepang yang akan dilakukan pekan depan. Kita akan mengundang Gubernur Maluku untuk melakukan ekspor langsung ini,” katanya di Ambon.

Selama ini kata Gallus, proses pengiriman produk perikanan ke negara tujuan melalui rute Ambon-Jakarta atau Surabaya sebelum dikirim ke negara tujuan.

Banyak produk dari Maluku yang menjadi komoditas ekspor, tetapi proses pengepakan akhirnya selalu dilakukan di luar daerah sehingga nilai ekspornya menjadi milik daerah tersebut.

“Sekarang dengan pesawat bisa langsung melalui Jakarta dan menuju ke negara tujuan, karena jika dilakukan di Makassar, Surabaya atau Jakarta, harus dikemas ulang dan angka ekspornya jadi milik daerah itu,” ujarnya.

Ia mengakui, proses ekspor langusng juga mendapat dukungan dari Angkasa Pura I cabang Ambon, Bea dan Cukai, Balai Karantina, Lanud Pattimura, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Bea Cukai dan Karantina sudah mendukung, dipastikan proses ekspor langusng ini akan memberikan tambahan Pendapatan asli daerah (PAD) bagi kota Ambon,” tandasnya.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Pemkot Tual Salurkan Bantuan Pemberdayaan Masyarakat TUAL, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tual melalui Dinas Pemberdayaan Masyarat Desa, Dinas Koperasi...
Pemerintah Sosialisasi Rencana Perubahan Nama Kabupaten MTB SAUMLAKI, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dala...
Tekan Harga Kebutuhan Pokok, Pemkot Ambon Gelar Pasar Murah AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kegiatan pasar murah yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon merupakan u...
P2TP2A Tangani 51 kasus Kekerasan terhadap Perempuan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Ambon telah men...
BPJS Tenagakerjaan beri Penghargaan untuk Pemkot Tual TUAL, TAJUKTIMUR.COM - BPJS Ketenagakerjaan memberi penghargaan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tual ...
Kanal: Ekonomi & Bisnis Maluku