Loading...

Indonesia Siap Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Maluku Utara

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Indonesia sudah mempersiapkan untuk membuat baterai kendaraan listrik.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Harjanto mengungkapkan pabrik baterai yang dimaksud berlokasi di Halmahera, Maluku Utara.

“Mengenai pabrik di Halmahera, itu yang saya tahu sudah proses peletakan batu pertama, dengan investasi Rp 144 Triliun kalau tidak salah,” kata Harjanto.

Ia mengatakan, Halmahera dipilih karena memiliki sumber daya alam berupa nikel, yang bisa dijadikan bahan baku pembuat baterai.

“Kita sudah berfikir juga bagaimana kita me-recycle limbah baterai. Karena saya juga sudah berbicara dengan pabrikan otomotif, mereka masih ada rintangan untuk me-recycle baterai lithium itu,” jelasnya.

Harjanto menyebut, pemerintah juga tengah mendorong para pelaku industri untuk dapat memproduksi baterai berbahan nikel kobalt.

“Tapi kalau nikel, saya rasa bisa di-recycle dengan lebih baik. Karena kita gamau kita menyelesaikan masalah emisi, tapi kita menciptakan waste di tempat lain, ini juga yang harus kita selesaikan,” sambungnya.

Jika nantinya pabrik ini resmi beroperasi, Indonesia akan menjadi negara keempat yang memproduksi baterai, setelah Cina, Jepang, dan Korea.

Dia menjelaskan, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan produsen baterai asal Jepang, Panasonic, untuk memproduksi baterai di Indonesia.

“Saya juga sudah dorong Panasonic, kan mereka punya pabrik baterai juga di Cikarang, tapi hanya untuk elektronik. Nah kita harapkan mereka produksi untuk keperluan otomotif,” imbuhnya.

Berita Lainnya
PT KCI Targetkan KMT jadi Uang Elektronik Tahun ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menargetkan Kartu Multi Trip (KMT) bisa...
Lion Air Group Berlakukan Kebijakan Baru Soal Bagasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air, yang merupakan bagian dari Li...
Kemenkominfo Terus Pantau Proses Refund ‘Bolt’ dan ‘First Media’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah mengeluarkan keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio...
Bank Muamalat Jalin kerja sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dukcapil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Direktorat Jender...
Selama Liburan Natal dan Tahun Baru, BCA Tetap Buka JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Selama periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, layanan kantor PT Ban...
Kanal: Ekonomi & Bisnis