Loading...

Ini Jadwal Operasional Bank Indonesia di Liburan Natal dan Tahun Baru

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Bank Indonesia (BI) akan menyesuaikan jadwal kegiatan operasional, pada musim liburan Natal dan pergantian tahun 2017, seperti untuk layanan kliring, kas, dan operasi moneter.

Penyesuaian jadwal operasional itu, di antaranya, untuk tanggal 20, 21, 22, 27, 28, dan 29 Desember 2017, jam operasional BI – Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dibuka pukul 06.30 WIB. Kemudian untuk operasional “Cut Off Warning” pukul 18.00 WIB, “Pre Cut Off” pukul 19.00 WIB. Sedangkan untuk “Cut Off BI-SSSS/Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP)” pada 19.30 WIB. Sementara untuk “Cut Off” Sistem BI-RTGS pukul 20.00 WIB.

Demikian keterangan resmi Bank Sentral (BI) pada awak media, seperti yang diterima tajuktimur.com di Jakarta, Jumat (22/12) untuk menyambut moment libur panjang Natal dan Tahun Baru.

“Batas waktu pengiriman transaksi pelimpahan penerimaan negara melalui sistem BI-RTGS oleh Bank Persepsi atau Bank Devisa Persepsi atau Pos Persepsi ke rekening SUB R-KUN di Bank Indonesia adalah pukul 17.30 waktu setempat,” demikian penjelasan BI.

Pada tanggal 25 dan 26 Desember 2017, kegiatan layanan terkait penyelenggaraan Sistem BI RTGS, BI-SSSS dan BI-ETP, ditiadakan. Kemudian pada tanggal 30 Desember 2017 termasuk dalam kegiatan operasional terbatas dan pada 2 Januari 2018, seluruh kegiatan layanan terkait penyelenggaraan sistem BI-RTGS, BI-SSSS dan BI-ETP dilaksanakan sesuai jadwal yang berlaku.

Untuk layanan kas 22, 27, 28, 29 Desember 2017, dan 2 Januari 2018 seluruh kegiatan kas beroperasi secara normal. Pada 23 sampai 26 Desember, 30 Desember hingga 1 Januari 2018, kegiatan layanan kas tidak beroperasi.

Kemudian untuk transaksi operasi moneter rupiah dan valas pada 26 Desember 2017 ditiadakan. Pada 30 Desember 2017 dilakukan operasi moneter rupiah untuk standing facilities Rupiah termasuk penyimpanan dana perbankan di BI (Deposit Facility) dan penyediaan likuiditas dari BI ke bank (Lending Facility), baik konvensional maupun syariah. Seluruh Kegiatan Operasi Moneter Valas ditiadakan.

Kemudian laporan harian bank umum (LHBU) dan Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) tetap berjalan normal. Untuk Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) pada 30 Desember 2017 tidak diterbitkan. Karena itu, kurs BI pada 30 Desember 2017 menggunakan referensi kurs hari kerja normal terakhir yang diterbitkan pada tanggal 29 Desember 2017.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Kemenkeu Siap Luncurkan Portal Lelang JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Keuangan siap meluncurkan domain portal lelang Indonesia "lela...
Jusuf Kalla: Hadapi Revolusi Industri 4.0, Tingkatkan Daya Saing JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memberi arahan kepada pelaku industri ...
Pertamina Temukan Cadangan Gas Baru di Pantai Utara Jawa Barat KARAWANG, TAJUKTIMUR.COM - PT Pertamina Hulu Energi melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Hulu En...
Pengusaha Pakistan ingin Perkuat Bisnis dengan Indonesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengusaha Pakistan ingin memperkuat hubungan bisnis dengan Indonesia dalam...
Kemenkeu Pastikan Kelola Utang dengan Hati-Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan dalam menyusun Anggaran Pendapa...
Kanal: Ekonomi & Bisnis