Loading...

Kedubes Inggris Beri Perhatian Pada Pemberdayaan Ekonomi Papua

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengatakan pihaknya juga memberikan perhatian khusus pada pemberdayaan ekonomi Papua khususnya kepada pengusaha Orang Asli Papua (OAP).

“Tentu saja Pemerintah Inggris mempunyai perhatian khusus bagi pengusaha lokal atau asli Papua,” katanya menjawab pertanyaan Antara di Jayapura, Selasa (21/11) kemarin.

Menurut Moazzam, dari aspek sumber daya manusia Papua, fasih dalam berbahasa Inggris juga diperlukan dalam pengembangan perekonomian khususnya di Bumi Cenderawasih.

“Kami juga meningkatkan pendapatan orang-orang lokal atau memberikan kesempatan kerja dengan cara yang ramah lingkungan seperti `eco-tourisme` dan lain sebagainya,” ujarnya.

Dia menuturkan pihaknya juga sempat bertemu dengan para pengusaha muda asli Papua yang cukup fokus dan semangat dalam mengembangkan bisnis serta perekonomian di Papua.

“Kami bahkan sudah berdiskusi dan membuat program kerja sama dengan pemerintah daerah yang akan diluncurkan dan dilaksanakan tahun depan yakni di bidang bisnis ramah lingkungan (pertemuan ekonomi hijau),” katanya lagi.

Dia menambahkan, program bisnis ramah lingkungan itu akan dilaksanakan pada seluruh kabupaten/kota baik di Provinsi Papua maupun Papua Barat, meskipun pihaknya belum dapat menyebutkan wilayah mana saja yang akan dijadikan “pilot project”.

Sebelumnya, Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) bertemu dengan tim Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau dari Pemerintah Inggris untuk membahas peluang bisnis yang dimiliki oleh pengusaha asli Bumi Cenderawasih.

(ant/and)

Berita Lainnya
PT KCI Targetkan KMT jadi Uang Elektronik Tahun ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menargetkan Kartu Multi Trip (KMT) bisa...
Lion Air Group Berlakukan Kebijakan Baru Soal Bagasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air, yang merupakan bagian dari Li...
Kemenkominfo Terus Pantau Proses Refund ‘Bolt’ dan ‘First Media’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah mengeluarkan keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio...
Bank Muamalat Jalin kerja sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dukcapil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Direktorat Jender...
Selama Liburan Natal dan Tahun Baru, BCA Tetap Buka JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Selama periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, layanan kantor PT Ban...
Kanal: Ekonomi & Bisnis