Loading...

Malam Ini, BI Akan Luncurkan IndONIA

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Bank Indonesia akan secara resmi mempublikasikan IndONIA pada malam ini pukul 19.30.

Direktur Kepala Departemen Pendalaman Pasar Keuangan Bank Indonesia (BI) Yoga Affandi dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa IndONIA merupakan suku bunga acuan pasar uang antarbank untuk tenor satu malam atau overnight.

“IndONIA dapat dilihat di www.bi.go.id,” ujar Yoga.

Menurut dia, IndONIA akan menggantikan Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) untuk tenor yang sama sebagai suku bunga acuan pasar uang antarbank untuk tenor terpendek yakni satu malam.

“Sementara itu, JIBOR untuk tenor yang lebih panjang yakni 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan, tetap akan berlaku sebagai acuan di pasar uang antarbank,” jelas dia.

Yoga juga menjelaskan, IndONIA tidak langsung menggantikan JIBOR overnight. Hal ini karena ada masa transisi antara peluncuran IndONIA pada hari ini sampai kemudian benar-benar menggantikan JIBOR tenor overnight.

“Masa transisi berlangsung hingga 1 Januari 2019,” ungkap Yoga.

JIBOR tenor overnight menurut dia tetap dipublikasikan setiap hari sampai masa transisi selesai. Per tanggal 2 Januari 2019, JIBOR overnight baru sepenuhnya akan digantikan oleh IndONIA.

“Proses transisi itu ditujukan agar IndONIA mulai digunakan sebagai referensi atas suku bunga overnight, dan proses penyesuaian referensi yang digunakan dalam kontrak-kontrak keuangan dapat mulai berjalan,” imbuh Yoga.

Pengalihan suku bunga acuan pasar uang antarbank (PUAB) tenor overnight dari JIBOR ke IndONIA, menurut Yoga, dilakukan agar rate yang terbentuk lebih riil karena didasarkan pada realisasi transaksi di pasar uang antarbank.

Pembentukan suku bunga acuan pasar uang antarbank dalam IndONIA jelas dia, berasal dari rata-rata tertimbang transaksi PUAB overnight oleh 102 bank konvensional pada hari yang sama dengan jadwal rilis rate IndONIA.

“Seluruh data transaksi PUAB akan masuk ke Bank Indonesia pada pukul 18.00 WIB. Kemudian, pada pukul 19.30 WIB, rate IndONIA yang didasarkan pada rata-rata bunga yang terbentuk dari transaksi pada hari itu akan dirilis oleh BI,” lanjut dia.

Penerbitan IndONIA menurut dia untuk menyempurnakan acuan suku bunga PUAB yang ada dalam JIBOR saat ini. Di dalam JIBOR, rate suku bunga acuan pasar uang antarbank dibentuk berdasarkan kuotasi dari 24 bank yang ditunjuk oleh BI sebagai kontributor.

“Akan tetapi, kuotasi yang disampaikan oleh bank kontributor seringkali tidak menggambarkan data transaksi riil yang terjadi di pasar uang antarbank,” lanjut Yoga.

Kuotasi oleh bank-bank yang ditunjuk sebagai kontributor menurut Yoga, terkadang hanya mengikuti rate hari sebelumnya, sehingga dianggap kurang kredibel. Tidak seperti IndONIA yang rate suku bunganya benar-benar berbasis transaksi yang terjadi pada hari itu.

Berita Lainnya
PT KCI Targetkan KMT jadi Uang Elektronik Tahun ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menargetkan Kartu Multi Trip (KMT) bisa...
Lion Air Group Berlakukan Kebijakan Baru Soal Bagasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air, yang merupakan bagian dari Li...
Kemenkominfo Terus Pantau Proses Refund ‘Bolt’ dan ‘First Media’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah mengeluarkan keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio...
Bank Muamalat Jalin kerja sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dukcapil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Direktorat Jender...
Selama Liburan Natal dan Tahun Baru, BCA Tetap Buka JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Selama periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, layanan kantor PT Ban...
Kanal: Ekonomi & Bisnis