Loading...

Menteri BUMN Uji Coba Perdana Operasi Kereta Bandara

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Menteri BUMN Rini Soemarno, Selasa (28/11) melakukan uji coba perdana pengoperasian KA Bandara Soekarno Hatta (BSH) dari Stasiun Bandara hingga ke Stasiun Sudirman Baru, Jakarta.

Proyek KA Bandara Soekarno Hatta (BSH) dijalankan berdasarkan Perpres Nomer 83/2011, dimana negara mengamanahkan kepada PT KAI untuk membangun prasarana dan sarana KA Bandara Soekarno Hatta.

“Tadi saya juga sudah coba dari mulai pesan tiket hingga keluar gate, semua berjalan lancar. Insya Allah nanti bisa dioperasikan sebelum Natal,” kata Menteri Rini di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Menteri Rini juga menegaskan bahwa pembangunan KA Bandara tersebut merupakan wujud sinergi BUMN. Selain melibatkan KAI, juga ada PT Len Industri (Persero) yang membangun persinyalannya dan PT INKA (Persero) sebagai pembuat keretanya.

“Jadi, ini semua hasil karya anak bangsa, bahkan sistem ticketing tadi juga dikembangkan sendiri oleh Railink,” kata Rini.

Turut hadir mendampingi Menteri BUMN dalam uji coba KA BSH ini di antaranya Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, Direktur Pengelolaan Sarana PT KAI Azahari, Direktur Logistik dan Pengembangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Budi Noviantoro, Direktur Aset tanah dan bangunan PT KAI Dodi Budiawan, Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto, dan Direktur Operasional dan Teknik PT Railink Porwanto Handry Nugroho.

Direktur Utama Railink Heru Kuswanto mengungkapkan, keberadaan KA Bandara Soekarno Hatta ini diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk berkendara trasportasi umum dan ke depan terjadi pengalihan sebagian pemerjalan berbasis jalan raya ke pemerjalan berbasis jalan rel pada koridor Jakarta-Bandara.

Di sisi lain, keberadaan KA Bandara tersebut diharapkan mampu menambah alternatif berkendara transportasi umum bagi masyarakat dan memperbaiki akses Bandara terbesar di Indoenesia ini.

“Pengalaman membuktikan bahwa pengoperasi KA Bandara Kualanamu ternyata mampu memperbaiki rating Bandara Kulanamu terkait aksesibilitas,” katanya.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
PT KCI Targetkan KMT jadi Uang Elektronik Tahun ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menargetkan Kartu Multi Trip (KMT) bisa...
Lion Air Group Berlakukan Kebijakan Baru Soal Bagasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air, yang merupakan bagian dari Li...
Kemenkominfo Terus Pantau Proses Refund ‘Bolt’ dan ‘First Media’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah mengeluarkan keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio...
Bank Muamalat Jalin kerja sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dukcapil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Direktorat Jender...
Selama Liburan Natal dan Tahun Baru, BCA Tetap Buka JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Selama periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, layanan kantor PT Ban...
Kanal: Ekonomi & Bisnis