Loading...

Pengecer BBM di Ternate akan Ditertibkan

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Maluku Utara belum mendata seluruh pedagang pengecer bahan bakar minyak (BBM) di Kota Ternate yang menjamur di daerah ini.

“Jika pengecer ini tidak mengantongi izin dari pemkot setempat, maka akan ditertibkan” kata Kepala Disperindag Kota Ternate Nuryadin Rachman, di Ternate, Senin (25/12).

Menurutnya, berdasarkan hasil pertemuan yang dilakukan beberapa hari yang lalu, maka saat ini langkah berikutnya dilakukan pendataan.

Dia manyatakan, pendataan membutuhkan waktu yang sedikit lama, karena dalam pendataan harus dipisahkan pedagang pengecer dan penjualan sembako.

Nuryadin mengakui, jika pendataan ini sudah selesai maka akan diadakan pertemuan lagi, sehingga dalam pertemuan ketiga ini barulah diterapkan kebijakan melalui holding company, sudah dibangun agen premium dan minyak solar atau APMS sebagai alternatif agar para pengecer jangan lagi mengambil kebutuhannya melalui SPBU.

“Maka pemerintah melalui holding company membuat APMS, namun APMS belum mencukupi atau belum bisa mencukupi permintaan BBM di pengecer,” ujarnya lagi.

Menurutnya, banyak perhitungan yang dilakukan dalam mengambil kebijakan penertiban para pengecer tersebut, dan masih membutuhkan penataan yang lebih matang agar tidak terjadi gesekan antara aturan dan pengusaha tersebut.

“Sudah seharusnya sistem diterapkan namun karena mayoritas para pedagang yang berjualan ini juga kebutuhan ekonominya tergantung pada penjualan mereka, maka dibutuhkan penataan lebih baik agar nanti ketika diterapkan mereka juga sudah siap dengan kebijakan yang nantinya diterapkan,” katanya pula.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Selama Ramadan, Pemkot Ternate larang tempat hiburan malam beroperasi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) melarang tempat hib...
Tidore siapkan pembangunan pelabuhan wisata dan perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membangun s...
UNBK di Ternate Siap Digelar 22 April 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Panitia pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ternate, Malu...
Gubernur Komitmen Dorong Ekspor Langsung dari Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Mal...
Polda Malut Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Miras TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) memusnahkan puluhan senjata api (senpi) rakitan...
Kanal: Ekonomi & Bisnis Maluku Utara