Loading...

Pertamina Maluku-Papua Pastikan Takaran di SPBU Akurat

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Manajemen PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua memastikan takaran BBM di lembaga penyalur (SPBU) akurat sesuai ketentuan yang berlaku dan tidak merugikan konsumen.

Manager Fuel Retail Marketing Pertamina MOR VIII, Fanda Chrismianto, di Jayapura, Minggu, menjelaskan pihaknya secara rutin melakukan pemeriksaan kepada lembaga penyalur, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

“Pertamina melakukan pemeriksaan secara periodik. Ada ‘SPBU Pasti Pas’ dan ada ‘SPBU Belum Pasti Pas’, tapi prosedurnya semua sama, artinya mereka juga diminta untuk mengawasi hal yang terkait dengan kualitas dan kuantitas,” ujarnya.

Ia menjabarkan ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi keakuratan penyaluran BBM, bisa dari sisi teknis (peralatan) dan juga manusianya.

Namun Fanda memastikan setiap konsumen bisa mempertanyakan kepada pengelola SPBU mengenai kualitas dan kuantitas BBM yang mereka beli.

“Untuk SPBU yang diketahui nozzlenya melebihi batas toleransi yang diizinkan, maka nozzle itu akan kita tutup dan diminta kepada pengelolanya untuk melakukan tera ulang,” kata dia.

Hal serupa pun diberlakukan di lembaga penyalur di wilayah pegunungan atau daerah terpencil.

Hanya saja, alat yang digunakan berbeda dengan lembaga penyalur yang ada di wilayah perkotaan. Hal tersebut juga tergantung dari kondisi di daerah setempat.

“Penyalur BBM di pegunungan omsetnya tidak sebesar seperti yang di Jayapura jadi investasinya juga berbeda, mereka masih menggunakan canting dan drum, tetapi tetap ada teranya bukan canting biasa,” kata Fanda.

(as)

Berita Lainnya
BUMN Hadir Penuhi Kebutuhan Dasar Warga di 34 Provinsi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengapresiasi peran perusahaan negara dalam membantu mewujudkan kes...
Sri Mulyani Menyayangkan Pernyataan Ketua MPR Soal Utang JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyayangkan pernyataan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan soa...
Batik Kuasai Pasar Global JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Nilai perdagangan produk pakaian jadi dunia yang mencapai 442 miliar dolar AS akan menjadi peluang besar bagi industri batik...
Senin Sore Rupiah Tembus Rp14.610 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore, bergerak melemah sebesar 124 poin menjadi Rp14....
Kementan Targetkan Ekspor 15 Ribu Ton Bawang Merah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pertanian intensif mendorong realisasi ekspor berbagai komoditas seperti kelapa sawit, jagung, buah-buahan, bawa...
Kanal: Ekonomi & Bisnis