Loading...

PLN Papua Siapkan Investasi Rp4 Triliun di 2018

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Papua-Papua Barat akan mengivestasikan dana Rp4 triliun untuk pembangunan sejumlah pembangkit dan gardu induk di dua provinsi tersebut pada 2018.

“Untuk kepentingan investasi itu, saat ini sudah dalam proses pembangun pembangkit-pembangkit yang terkait dengan proyek pemerintah 32 giga watt,” ujar General Manager PLN UIP Papua-Papua Barat Hendrison Lumbanraja, di Jayapura.

Ia menyebut proyek-proyek yang dimaksud antara lain di Jayapura PLTMG picker 40 MW yang prosesnya sudah di atas 10 persen dan diharapkan bisa operasional pada November 2018.

Lalu PLTMG Merauke 20 MW dan PLTMG Merauke 15 MW yang kini sedang melakukan `side development` dan diharapkan bisa beroperasi pada 2018.

“Pada akhir 2017, PLTMG Serui proyeknya sudah kontrak dan sekarang sudah mulai proses persiapan pekerjaan di lapangan,” kata dia.

Kemudian beberapa pekerjaan yang diharapkan bisa terkontrak di 2018 antara lain, PLTMG Timika 10 MW, PLTMG Sorong 30 MW, PLTMG Raja Ampat 10 MW, PLTMG Bintuni 10 MW, PLTMG Fakfak 10 MW, PLTMG Manokwari 20 MW.

Hendrison juga mengungkapkan beberapa kabupaten yang sebelumnya telah memiliki pembangkit dengan kapasitas di atas 10 MW, akan kembali dibangun karena melihat kebutuhan pasokan listrik yang belum mencukupi.

“Ada juga nanti pembangunan PLTMG Merauke 2 20 MW, PLTMG Nabire 2 20 MW dan diharapkan pekerjaannya selesai pada 2019,” ujarnya.

Sedangkan untuk pembangunan gardu induk (GI), akan dilakukan di Sorong, Aimas dan Irufe (Papua Barat).

“Jadi nanti ada tiga GI baru di Sorong dan ada tiga transmisi lainnya,” ujarnya.

Kemudian di Timika, akan ada pembangunan GI Timika untuk disambungkan ke PLTMG Timika yang akan segera dibangun.

Hendrison pun berharap dengan rencana pembangunan sejumlah pembangkit dan gardu induk dengan nilai yang cukup besar, seluruh pihak bisa mendukung dan memudahkan proses pembangunannya.

(as)

Berita Lainnya
TCASH Berubah Menjadi LinkAja JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Untuk menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik, mudah dan ...
PT KCI Targetkan KMT jadi Uang Elektronik Tahun ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menargetkan Kartu Multi Trip (KMT) bisa...
Lion Air Group Berlakukan Kebijakan Baru Soal Bagasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air, yang merupakan bagian dari Li...
Kemenkominfo Terus Pantau Proses Refund ‘Bolt’ dan ‘First Media’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah mengeluarkan keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio...
Bank Muamalat Jalin kerja sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dukcapil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Direktorat Jender...
Kanal: Ekonomi & Bisnis