Loading...

Polda-BI Antisipasi Peredaran Uang Palsu di Perbatasan

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) — Kepolisian Daerah Papua bersama dengan Bank Indonesia terus berupaya mengatasi peredaran uang palsu di perbatasan RI-Papua Nugini khususnya Kina, mata uang PNG.

Belum ada kasus peredaran uang palsu khususnya mata uang PNG (kina) di kawasan Skouw, perbatasan RI-PNG, namun diharapkan masyarakat khususnya para pedagang waspada.

“Untuk menghindari terjadinya peredaran uang kina palsu, para pedagang hendaknya dalam bertransaksi tidak menerima mata uang asing,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli di Jayapura, Kamis (28/12).

Dikatakan Kapolda, di pos lintas batas negara sudah ada loket tempat penukaran uang sehingga warga dan pedagang yang akan bertransaksi hendaknya menggunakan rupiah.

“Warga dan pedagang jangan mau bertransaksi dan menerima mata uang asing sehingga meminimalisasi peredaran uang asing di perbatasan,” kata Irjen Pol Boy Rafli.

Kapolda Papua mengatakan dengan meminimaliasasi peredaran mata uang asing di perbatasan maka kita juga memperkuat peredaran rupiah di perbatasan.

“Mari kita bertransaksi dengan menggunakan rupiah sehingga warga PNG juga menggunakan rupiah,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli.

Selama jumpa pers yang diakhiri dengan tanya jawab, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli juga didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Mapolda Papua.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Kapolres: Seorang anggota KKB ditangkap di Mulia JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Paku Wanimbo, salah seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) ya...
Bupati dan Wakil Bupati Deiyai Terpilih Dilantik, Ini Pesan Lukas Enembe JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua, Lukas Enembe secara resmi melantik Bupati dan Wakil Bupat...
BMKG: Waspada gelombang tinggi di Papua-Papua Barat JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jay...
Relawan Pro-Jokowi Papua gelar nonton bareng Debat Capres JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Puluhan relawan Projo (Pro-Jokowi) Papua menggelar acara nonton bareng (n...
Ketua KPU Asmat Lantik 34 Relawan Demokrasi ASMAT, TAJUKTIMUR.COM - Ketua KPU Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Veronikus Asse melantik 34 relawa...
Kanal: Ekonomi & Bisnis Papua