Loading...

Sepanjang Ramadhan 2017 Pertumbuhan Penjualan Kebutuhan Pokok Menurun

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengemukakan belanja kebutuhan sehari-hari untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran tahun ini turun dibadingkan 2016.

“Ya, turun. Masyarakat kelihatan belanja tetapi hanya belanja secukupnya, kuantitas kecil,” tutur Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey kepada Harian Bisnis.

Padahal, pada Ramadan dan Idulfitri 2016, peritel modern menikmati kenaikan penjualan antara 11,5%-13%, saat ini tidak mencapai angka tersebut.

Aprindo mengatakan masih menunggu laporan lengkap dari anggota mengenai realisasi penjualan selama Ramadan dan Idulfitri. Namun, dari data sementara yang mencakup pekan pertama dan kedua Ramadan, angka penjualan terlihat anjlok.

Sebelumnya, Aprindo melihat adanya pergeseran pola belanja dipengaruhi oleh sentimen negatif atas kondisi dan situasi sehari-hari, seperti kondisi politik dan keamanan dalam negeri.

Menurut Roy, saat ini masyarakat hanya berbelanja barang-barang kebutuhan pokok. Itu pun dalam volume yang secukupnya alias tidak menyimpan banyak stok (Bisnis.com, 8 Mei 2017).

Hal itu terlihat pada realisasi kinerja ritel kuartal I/2017 yang kenaikannya hanya 3,9% dari periode yang sama tahun lalu. Jika penjualan ritel secara rata-rata menyentuh Rp30 triliun dalam satu kuartal, maka pada kuartal pertama tahun ini angkanya di bawah itu.

Survei Penjualan Eceran yang dipublikasikan Bank Indonesia (BI) baru-baru ini juga menunjukkan indikasi perlambatan pada pertumbuhan penjualan eceran sepanjang awal 2017. Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari tumbuh 3,7% secara year-on-year (yoy). Angka ini lebih rendah dari kenaikan tahunan pada Januari 2017 yang mencapai 6,3%.

(bisnis/and)

Berita Lainnya
Indonesia Halal Watch Dorong Lahirnya Auditor Produk Halal JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Indonesia Halal Watch (IHW) mendorong lahirnya auditor halal sesuai Undang...
Menperin Minta Insinyur Ciptakan Inovasi Industri 4.0 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menilai insinyur berperan penting...
Indonesia Tekankan Isu Digital dan Inklusivitas pada APEC JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Isu digital dan inklusivitas menjadi dua poin utama yang disampaikan pemer...
Jokowi: Selama Empat Tahun Pemerintah Bangun Fondasi Ekonomi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, selama empat tahun pemerintah...
Indonesia Pasar Potensial Produk Halal Jepang JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi muslim terbesar dunia. De...
Kanal: Ekonomi & Bisnis