Loading...

Sri Mulyani: THR ASN yang Sudah Cair Rp9,19 triliun

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan penyaluran tunjangan hari raya (THR) untuk aparatur pemerintah sudah mencapai Rp9,19 triliun atau sekitar 83,4 persen dari proyeksi total.

Sri Mulyani dalam temu media di Jakarta, Selasa, mengatakan pencairan Rp9,19 triliun itu mencakup permintaan dari 14.527 satuan kerja atau sekitar 95 persen dari keseluruhan satuan kerja yang membawahi belanja pegawai sebanyak 15.171 satuan kerja.

Dari 14.527 satuan kerja di berbagai kementerian dan lembaga, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) telah menerima dan memproses surat perintah membayar (SPM) sebanyak 33.370 untuk pencairan THR pada periode awal ini.

SPM adalah dokumen yang diterbitkan oleh Pengguna Anggaran maupun Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat lain yang ditunjuk untuk mencairkan dana yang bersumber dari DIPA atau dokumen lain yang dipersamakan.

“Seluruh dana THR PNS yang sudah masuk rekening pegawai sudah mencapai 83,4 persen dari proyeksi total THR yang harus dibayarkan pada minggu ini,” kata Sri Mulyani.

Ia menambahkan THR untuk pensiunan yang sudah tersalurkan, berdasarkan pengajuan surat perintah pencairan fana (SP2D), telah mencapai Rp6,27 triliun atau sekitar 94,14 persen dari total THR yang harus dibayarkan.

“Jadi seluruh TNI, Polri maupun pensiunan juga sudah mendapatkan pensiun melalui Taspen dan Asabri dan telah masuk ke masing-masing rekening,” jelas Sri Mulyani.

Sebelumnya, pemerintah telah menyiapkan THR untuk persiapan Idul Fitri dengan rincian THR gaji sebesar Rp5,24 triliun, THR tunjangan kinerja sebesar Rp5,79 triliun dan THR pensiun sebesar Rp6,85 triliun.

Pemberian THR bagi aparatur pemerintah akan dibayarkan sebesar gaji pokok, tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja.

Sementara itu, pencairan THR untuk pensiun juga dibayarkan sebesar pensiun pokok, tunjangan keluarga dan atau tunjangan tambahan penghasilan.

Berita Lainnya
TCASH Berubah Menjadi LinkAja JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Untuk menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik, mudah dan ...
PT KCI Targetkan KMT jadi Uang Elektronik Tahun ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menargetkan Kartu Multi Trip (KMT) bisa...
Lion Air Group Berlakukan Kebijakan Baru Soal Bagasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air, yang merupakan bagian dari Li...
Kemenkominfo Terus Pantau Proses Refund ‘Bolt’ dan ‘First Media’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah mengeluarkan keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio...
Bank Muamalat Jalin kerja sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dukcapil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Direktorat Jender...
Kanal: Ekonomi & Bisnis