Loading...

Terkait Pelemahan Rupiah, Ini Kata Dirut BEI

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memandang bahwa pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) lebih dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi, usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan BEI, di Jakarta, Jumat (28/6/2018).

“Saya rasa itu dampak dari faktor eksternal dan akan terus terjadi ke depannya,” ujarnya.

Ia pun menyatakan bahwa pihaknya bakal mendukung rencana Bank Indonesia (BI) untuk menaikkan suku bunga 7 days repo rate.

“Kalau ingin mengendalikan kurs tingkat suku bunga harus dinaikkan, tapi kebijakan ini juga akan berdampak ke IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan),” tegasnya.

Inarno pun percaya bahwa para pelaku pasar sudah mengantisipasi kemungkinan kebijakan kenaikan suku bunga ini dari jauh-jauh hari.

“Ada kalanya pasar sudah mengantisipasinya sehingga tidak akan berdampak terlalu dalam (ke IHSG),” jelasnya.

Maka dari itu, kata dia, saat ini tugas BI-lah yang bakal menetralkan kembali nilai tukar rupiah dan dirinya mempercayai hal tersebut kepada otoritas bank sentral.

“Domain dari BI untuk mempertahankan rupiah agar enggak terlalu terdepresiasi. Banyak yang melihat kalau eksternal faktor dolar menguat, regional juga menaikkan suku bunga agar capital outflow terkendali,” ujarnya.

Sekadar informasi, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada pagi hari ini bergerak melemah sebesar 8 poin menjadi Rp14.402 per dolar AS. Angka tersebut melemah dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.394 per dolar AS.

Berita Lainnya
Peserta Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 Apresiasi Capaian Indonesia BALI, TAJUKTIMUR.COM - Para peserta pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018 mengapresiasi berbagai pencapaian Indonesia sebagai tuan rumah. Hadir dalam jumpa pers adalah...
BI Dorong Peran Ekonomi Syariah untuk Pertumbuhan Berkelanjutan BALI, TAJUKTIMUR.COM - Bank Indonesia (BI) terus mendorong peran ekonomi dan keuangan syariah untuk mendukung tercapainya pertumbuhan berkelanjutan (Sustainable Developme...
Sri Mulyani Raih Penghargaan Sebagai Menkeu Terbaik BALI, TAJUKTIMUR.COM - Sri Mulyani Indrawati memperoleh penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik di kawasan Asia Timur dan Pasifik versi majalah Global Markets. Pe...
MUI: Destinasi Wisata Halal Jaga Tujuan Wisata Sesuai Syariat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kemenpar bersama MUI menggelar acara bimbingan teknis untuk mengembangkan jalur wisata tematik berbasis halal bertempat di Swiss Bell Hotel Gunu...
Pemerintah Siapkan Kebijakan Atasi Tantangan Ekonomi BADUNG, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah negara mengakui ekonomi Indonesia dalam kondisi yang baik, meskipun ada tantangan yang harus diselesaikan oleh Pemerintah dengan melakuk...
Kanal: Ekonomi & Bisnis