Loading...

Tiga Bank gabung Inisiatif Pembayaran Lintas Negara

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Tiga bank besar Indonesia bergabung dalam SWIFT gpi, suatu inisiatif inovasi pembayaran lintas negara (cross-border) berskala global. Ketiga bank tersebut yaitu PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, dan PT Bank Sinarmas.

Dengan bergabungnya ketiga bank tersebut, Indonesia kini menyusul Thailand dan Singapura yang telah terlebih dahulu menerapkan layanan tersebut.

General Manager of International Division BNI Henry Panjaitan mengatakan, bergabungnya bank plat merah tersebut dengan SWIFT gpi adalah untuk meningkatkan pelayanan dalam semua transaksi perbankan yang dilakukan oleh nasabah.

“Pemberitahuan informasi dan biaya yang lebih cepat dan transparan, serta pengiriman uang yang dapat dilacak dan ditampilkan secara menyeluruh, merupakan keunggulan lebih dari SWIFT gpi,” ujar Henry di Jakarta, Senin.

SEVP Treasury and Global Services BRI Hexana Tri Sasongko mengatakan kemajuan teknologi dapat tumbuh bersamaan dengan pengembangan bisnis BRI sehingga inovasi teknologi akan selalu ada dalam sistem mereka.

“Dengan menerapkan SWIFT gpi, kami yakin akan mampu memberikan pengalaman pembayaran terbaru bagi pelanggan kami,” kata Hexana.

Sementara itu, Presiden Director Bank Sinarmas Frenky Tirtowijoyo mengatakan, inisiatif inovasi pembayaran global tersebut dapat memberikan solusi keuangan digital bagi bank dan juga nasabah.

“Ini memungkinkan mereka untuk melakukan pembayaran lintas batas secara real-time, andal, dan transparan,” ujarnya.

Sebagai sebuah standar baru dalam pembayaran lintas negara, SWIFT gpi memadukan layanan pelacakan pembayaran secara real-time, transparansi biaya, dan penyelesaian di hari yang sama. Lebih dari sembilan juta pesan telah dikirimkan oleh lebih dari 35 bank yang telah bergabung dengan layanan tersebut dan sebagian transaksinya diselesaikan dalam hitungan jam, bahkan menit.

(as)

Berita Lainnya
Piala Dunia, Pendapatan Industri Travel Naik 5 Persen JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Asnawi Bahar mengungkapkan gelaran Piala Dunia 2018 di R...
Bank Dunia Kucurkan Pinjaman USD 150 Juta untuk Kesehatan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia hari ini menyetujui pinjaman baru sebesar 150 juta dolar Amerika Serikat untuk mendukun...
BI Buka Operasional Terbatas pada 19-20 Juni 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Menyambut libur dan cuti Lebaran yang berlangsung pada 11-20 Juni 2018, Bank Indonesia (BI) menyatakan bakal membuka layana...
BI Tak Berencana Terapkan Pajak Modal Asing JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan pihaknya saat ini tidak memiliki rencana untuk mendorong pengenaan pajak b...
Garuda Indonesia Sebagai Perusahaan Kebanggaan Masyarakat Versi YouGov Brand Index JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Maskapai nasional Garuda Indonesia dinobatkan sebagai perusahaan paling dibanggakan untuk bekerja oleh masyarakat Indonesia...
Kanal: Ekonomi & Bisnis