Loading...

Warga Rimba Jaya Budidaya Madu Liar

BIAK (TAJUKTIMUR.COM) – Warga Kampung Rimba Jaya, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, membudidayakan madu liar “Trigona” sebagai program Dinas Kehutanan Papua untuk pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan pendapatan ekonomi mereka.

“Budi daya madu liar di Kampung Rimba Jaya diharapkan mampu mendorong semangat wirausaha di kalangan masyarakat setempat dengan memanfaatkan potensi lingkungan alam,” kata Kepala UPT Kantor Pengelolaan Hutan Lindung Biak Numfor Dinas Kehutanan Papua Aris Toteles di Biak, Sabtu.

Untuk mendorong hasil yang optimal atas pelaksanaan program budi daya madu liar oleh masyarakat Kampung Rimba Jaya, Kantor Pengelolaan Hutan Lindung Biak memberikan bantuan peralatan lengkap lima rumah labah.

Aris Toteles mengakui budi daya madu liar di Biak Numfor merupakan program baru sehingga dibutuhkan kesabaran dan keuletan warga untuk mengelola hingga dilakukan panen 4-6 bulan ke depan.

“Kami optimistis program budi daya madu liar dapat berhasil karena sangat berpeluang menambah pendapatan rumah tangga warga lokal,” katanya.

Namun, masyarakat yang bermukim di kawasan hutan lindung harus diberdayakan dengan berbagai program bernilai ekonomi yang bisa mendatangkan manfaat bagi perekonomian mereka.

“KPHL Biak setiap waktu mendorong warga kampung yang bermukim di kawasan hutan lindung untuk menjaga alam dengan memberikan program lain yang bisa mendatangkan uang bagi warga,” katanya.

Kampung Rimba Jaya, Distrik Biak Timur menjadi kawasan strategis untuk budi daya lebah madu liar, minyak kayu putih, tanaman Agathis, serta sektor pertanian lainnya.

(ant/and)

Berita Lainnya
PT KCI Targetkan KMT jadi Uang Elektronik Tahun ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menargetkan Kartu Multi Trip (KMT) bisa...
Lion Air Group Berlakukan Kebijakan Baru Soal Bagasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air, yang merupakan bagian dari Li...
Kemenkominfo Terus Pantau Proses Refund ‘Bolt’ dan ‘First Media’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah mengeluarkan keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio...
Bank Muamalat Jalin kerja sama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dukcapil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Direktorat Jender...
Selama Liburan Natal dan Tahun Baru, BCA Tetap Buka JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Selama periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, layanan kantor PT Ban...
Kanal: Ekonomi & Bisnis