Loading...

Warga Rimba Jaya Budidaya Madu Liar

BIAK (TAJUKTIMUR.COM) – Warga Kampung Rimba Jaya, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, membudidayakan madu liar “Trigona” sebagai program Dinas Kehutanan Papua untuk pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan pendapatan ekonomi mereka.

“Budi daya madu liar di Kampung Rimba Jaya diharapkan mampu mendorong semangat wirausaha di kalangan masyarakat setempat dengan memanfaatkan potensi lingkungan alam,” kata Kepala UPT Kantor Pengelolaan Hutan Lindung Biak Numfor Dinas Kehutanan Papua Aris Toteles di Biak, Sabtu.

Untuk mendorong hasil yang optimal atas pelaksanaan program budi daya madu liar oleh masyarakat Kampung Rimba Jaya, Kantor Pengelolaan Hutan Lindung Biak memberikan bantuan peralatan lengkap lima rumah labah.

Aris Toteles mengakui budi daya madu liar di Biak Numfor merupakan program baru sehingga dibutuhkan kesabaran dan keuletan warga untuk mengelola hingga dilakukan panen 4-6 bulan ke depan.

“Kami optimistis program budi daya madu liar dapat berhasil karena sangat berpeluang menambah pendapatan rumah tangga warga lokal,” katanya.

Namun, masyarakat yang bermukim di kawasan hutan lindung harus diberdayakan dengan berbagai program bernilai ekonomi yang bisa mendatangkan manfaat bagi perekonomian mereka.

“KPHL Biak setiap waktu mendorong warga kampung yang bermukim di kawasan hutan lindung untuk menjaga alam dengan memberikan program lain yang bisa mendatangkan uang bagi warga,” katanya.

Kampung Rimba Jaya, Distrik Biak Timur menjadi kawasan strategis untuk budi daya lebah madu liar, minyak kayu putih, tanaman Agathis, serta sektor pertanian lainnya.

(ant/and)

Berita Lainnya
Pengusaha Pakistan ingin Perkuat Bisnis dengan Indonesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengusaha Pakistan ingin memperkuat hubungan bisnis dengan Indonesia dalam...
Kemenkeu Pastikan Kelola Utang dengan Hati-Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan dalam menyusun Anggaran Pendapa...
Mendag minta Kepala Dinas Kawal Persediaan Barang Pokok Jelang Natal JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta para kepala dinas di pemer...
Merpati Airlines akan Beroperasi Tahun 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang sejak 1 Februari 2014 berhent...
Indonesia Jaring Wisatawan Denmark LONDON, TAJUKTIMUR.COM - Pertemuan bisnis di Kopenhagen yang pesertanya berasal dari industri pelanc...
Kanal: Ekonomi & Bisnis