Loading...

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan?

PERTANYAAN:
Bagaimana cara mengelola pendapatan baik bulanan (jika kita bekerja dibayar diawal bulan) maupun harian (jika kita meliliki usaha dengan pendapatan harian)?

Terima kasih
Dari: Ani – Labuha, Halmahera Selatan

JAWABAN:
Dari setiap penghasilan yang kita terima, perlu diingat bahwa tidak semuanya “milik” kita.

Ada titipan Tuhan untuk dibagikan pada yang membutuhkan. Ada milik orang lain yang sudah kita pakai lebih dulu yang namanya cicilan utang. Ada milik kita sendiri tapi baru akan digunakan di masa depan.

Maka setiap menerima penghasilan perlu dibagi berdasarkan kategori kategori tersebut. Agar semua tersampaikan haknya dengan baik.

Apalagi untuk pengusaha yang menerima uang dari konsumennya. Jelaskan itu bukan miliknya sendiri secara pribadi. Ada uang supplier di situ, ada jatah karyawan di situ, ada jatah PLN, telepon, bahkan juga mungkin milik konsumen.

Maka pasti kan punya hitungan yang cermat berapa jatah orang lain dan berapa Jatah yang boleh kita pakai untuk kepentingan pribadi.
Pengusaha yang baik harus bisa menjadi dirinya sendiri walaupun perusahaan itu miliknya sendiri. Karena kalau mengambil uang bisnis Seenaknya saja maka di jamin bisnisnya tidak akan bisa berkembang.
Tantangannya bukan masalah berapa budget yang harus dihitung tapi seberapa kita bisa kuat menahan diri untuk tidak menggunakan uang orang lain atau uang yang belum saatnya digunakan.

Tekniknya bisa dengan cara membagi budget atau dengan memisahkan secara fisik uangnya atau membagi ke dalam beberapa rekening.

Tapi ingat semua cara ini tidak akan berhasil kalau orangnya belum bisa disiplin. Maka atur dulu orangnya baru atur uangnya.


Konsultasi keuangan keluarga diasuh oleh Ahmad Gozali, perencana keuangan dari zelts-consulting.com. Hadir Setiap Hari Senin (Minggu ke-4). Kirimkan pertanyaan Anda ke finansialku@tajuktimur.com atau WhatsApp Business. +62-81287386638

 


Berita Lainnya
Begini Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa dan Lebaran Edisi kali ini bertepatan dengan moment puasa Ramadhan dan persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Berikut ini pertanyaan dari 3 (tiga) pembaca di kolom Konsultasi Fin...
Tips Mengelola THR Dengan Bijak JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Menyambut Hari Raya Idul Fitri, para karyawan biasanya mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau pemberi kerja. Banyak orang m...
Bagaimana Mengelola Keuangan Setelah Resign? PERTANYAAN: Saya baru saja resign (keluar dari perusahaan) dengan cara baik-baik. Alhamdulillah saya mendapat sejumlah uang penghargaan sebanyak beberapa bulan gaji po...
Kanal: FINANSIALKU