Loading...

10 Manfaat Mandi Dengan Air Dingin di Pagi Hari

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Pagi hari merupakan saat dimana dimulainya semua aktifitas. Mandi merupakan hal pertama yang dilakukan setelah bangun tidur, mandi dengan air dingin di pagi hari bagi sebagian orang selalu di jauhi, karena tidak tahan dingin dan membuat badan mengigil. Padahal ada banyak manfaat mandi di pagi hari bagi tubuh.

Dilansir samishare.com mandi pagi bukan hanya membuat badan terasa segar, tetapi memberikan efek yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Membuat daya tahan tubuh meningkat

Sebuah penelitian dilakukan terhadap sejumlah atlet muda. Mereka diharuskan mandi 3 hingga 6 kali dalam sepekan dengan air dingin dengan suhu 14 derajat celcius. Hasilnya para atlet muda tersebut memiliki daya tahan tubuh lebih baik dari sebelumnya. Ketika terkena air dingin, secara spontan badan akan berusaha menghhangatkan diri sehingga memicu respon meningkatnya peredaran sel darah putih hingga 2 kali lipat yang secara otomatis juga menjadikan data tahan tubuh meningkat.

2. Membuat tubuh menjadi lebih berenergi

Ya, karena mandi dengan air dingin menjadikan metabolisme tubuh meningkat dan membuat sirkulasi darah dalam tubuh yang bersumber di jantung menjadi lebih lancar. Tentu saja setelah mandi tubuh menjadi lebih segar, tenaga yang hilang akan kembali lagi.

3. Membuat mood menjadi lebih baik

Kita tahu, ketika bangun tidur, kita tidak memiliki mood yang baik, dikarenakan tidak adanya relaksasi dalam tubuh yang bersumber dari otak. Mandi dengan air dingin akan mengembalikan mood pada diri kita menjadi lebih baik dan mengurangi perasaan gelisah. Kita bisa membedakannya setelah kita mandi dan sebelum mandi.

4. Dapat meningkatkan kesuburan pria

Sebuah riset menyimpulkan bahwa sperma ternyata lebih mudah berkembang dan meningkat pada suhu dingin. Seorang pria yang mandi dengan air dingin bisa memproduksi sperma lebih banyak dari pada yang suka mandi dengan air panas. Bagi para pria yang mendambakan untuk memiliki keturunan yang banyak perlu berpikir dua kali untuk ke sauna dan mandi uap.

5. Dapat menghilangkan racun dalam tubuh

Ketika kita mandi dan tubuh kita tersiram air dingin, secara spontan kita akan terkejut dan tubuh merasa menggigil. Ini dikarenakan kita sedang berusaha mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh melalui kulit. Mandi air dingin juga menjadikan lebih aktifnya sistem limfatik dalam tubuh. Sistem limfatik adalah sistem sirkulasi sekunder untuk mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh. Salah satu fungsi sistem ini adalah menghasilkan zat imun (antibodi) yang melindungi tubuh terhadap mikroorganisme.

6. Membuat suhu tubuh lebih terjaga dan stabil

Ketika tubuh mengeluarkan keringat dalam jumlah berlebihan dikarenakan suatu aktifitas, maka suhu tubuh juga mengalami peningkatan. Dengan mandi menggunakan air dingin, maka suhu yang tadinya naik bisa terkontrol dan kembali stabil. Selain itu, kebiasaan mandi dengan air dingin juga membuat tubuh lebih tahan terhadap hawa dingin sehingga dapat mengurangi risiko terkena flu dan lainnya.

7. Membantu menurunkan berat badan

Disamping mengeluarkan racun, tubuh yang menggigil ketika mandi dengan air dingin juga dikarenakan tubuh sedang menghasilkan suatu jaringan yaitu jaringan lemak coklat atau disingkat JIL. Jaringan lemak coklat berfungsi untuk pembakaran energi makanan menjadi panas. Ketika sedang kedinginan, metabolisme tubuh berusaha menjadi meningkat dan secara otomatis akan banyak pula lemak yang terbakar dan membantu menurunkan berat badan.

8. Membantu tidur menjadi lebih nikmat

Bisa jadi karena tubuh kita terasa gerah dan tidak rileks, maka tidurpun menjadi sulit atau kurang nyenyak. Mandi dengan air dingin di sore hari sebelum matahari terbenam membuat tubuh menjadi segar dan pikiran lebih rileks. Ketika tubuh mulai menyentuh ranjang, tubuh akan terasa lebih nyaman sehingga tidur menjadi lebih mudah dan nyenyak.

9. Menyehatkan kulit dan rambut

Salah satu hal yang dapat menyehatkan rambut adalah karena pori-pori kulit yang kecil. Ketika kita mandi dengan air dingin, maka pori-pori kulit jadi mengecil. Hal ini tentu berbeda jika kita mandi menggunakan air panas, karena akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Dengan pori-pori kulit yang mengecil, kotoran tidak mudah masuk dalam tubuh melalui kulit, rambut juga akan semakin kuat dan tidak mudah rontok.

10. Membuat pernafasan lebih baik dan berirama

Salah satu manfaat mandi dengan air dingin yang langsung bisa dirasakan adalah nafas menjadi lebih dalam dan rasa segarnya bisa dirasakan di dalam dada. Hal ini lumrah karena ketika mandi dengan air dingin, tubuh akan mengambil oksigen lebih banyak sebagai respon adaptasi. Efek selanjutnya adalah tubuh tidak cepat kelelahan ketika melakukan olah raga atau beraktifitas lain.

Fakta yang ada, sekalipun manfaat mandi dengan air dingin lebih baik dari pada mandi dengan air panas, kebanyakan orang lebih memilih mandi dengan air panas karena lebih menyenangkan apalagi jika cuaca sedang dingin.

Silahkan tentukan pilihan. Jika kita mementingkan kesehatan tubuh kita daripada kesenangan sementara, pastinya kita akan membuat pilihan yang terbaik dalam segala hal termasuk dalam hal membersihkan badan atau mandi.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Dongeng Pengaruhi Perilaku Anak Ketika Dewasa JAKARTA, TAJUKTIMU.COM - Dongeng berkontribusi cukup besar dalam tumbuh kembang anak karena terdapat...
Cara Memutihkan Gigi dengan Kunyit JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memutihkan gigi bisa dilakukan dengan cara alami dan mudah dipraktekkan di...
Orang Tua Wajib Kontrol Penggunaan Gawai Anaknya JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menghindarkan anak dari gawai adalah hal yang mustahil. Namun orang tua di...
Anggun: Anak Muda Bangga Jadi Diri Sendiri JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Anggun C Sasmi menyampaikan agar anak muda bangga menjadi dirinya sendiri ...
Peneliti: Perilaku Antisosial pada Anak Berhubungan dengan Pola Asuh Orangtua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kurang mendapat kehangatan orangtua dan lingkungan kerja orangtua yang ter...
Kanal: Gaya Hidup