Loading...

5 Cara Bunda Menjaga Kehamilan Sehat Calon Buah Hati

TAJUKTIMUR.COM —  Hamil adalah anugerah yang tidak semua perempuan diberikan kesempatan itu. Maka saat hamil adalah saat-saat harus menjaga diri lebih maksimal.

Agar kehamilan bisa terjaga dan sehat sampai lahir si buah hari, para bunda perlu menjaga kehamilan sehat dengan beberapa tips berikut ini.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Agar bisa menjalani hamil sehat, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, seperti karbohidrat (roti, pasta, nasi), buah dan sayuran, sumber protein (daging, telur, kacang-kacangan, ikan, produk olahan susu), vitamin, dan mineral penting seperti kalsium, zat besi, dan folat.

Untuk menunjang hamil sehat, dibutuhkan 300 kalori ekstra dalam 6 bulan pertama kehamilan. Anda bisa menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi vitamin prenatal sesuai dosis yang dianjurkan dokter.

Selain itu, hindari telur dan daging mentah atau kurang matang, produk olahan susu dan jus yang tidak dipasteurisasi, serta makanan laut mentah agar terhindar dari bakteri yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan. Hindari juga jenis ikan tertentu yang mengandung tinggi merkuri. Disarankan pula untuk mengurangi minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, kola, minuman bersoda).

Olahraga Teratur

Hamil sehat tidak terlepas dari olahraga. Banyak manfaat yang bisa diambil oleh ibu hamil dengan olahraga teratur, di antaranya:

Olahraga yang baik untuk ibu hamil antara lain jalan cepat, renang, yoga, pilates, dan senam Kegel . Berolahragalah selama Anda merasa nyaman namun jangan sampai memaksakan diri terlalu keras hingga tubuh kelelahan atau mengalami dehidrasi.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dalam memilih jenis olahraga yang baik untuk hamil sehat.

Istirahat

Rasa lelah yang dialami pada beberapa bulan pertama masa kehamilan disebabkan tingginya kadar hormon kehamilan dalam tubuh. Ini adalah cara tubuh memberitahu Anda untuk memperlambat aktivitas.

Jika tidak bisa tidur di malam hari, cobalah untuk tidur siang sebentar atau sekadar mengangkat kaki ke kursi dan bersantai selama 30 menit. Jika sakit punggung mengganggu tidur Anda, cobalah tidur miring ke kiri dengan lutut ditekuk. Meletakkan bantal di bawah perut dapat membantu meringankan punggung yang tegang atau sakit. Olahraga juga dapat membantu mengatasi sakit punggung.

Pergi ke Dokter Gigi

Jangan lupa menjaga kesehatan mulut dengan menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan pergi ke dokter gigi secara teratur. Fluktuasi hormon progesteron dan estrogen selama kehamilan dapat membuat Anda lebih rentan terkena penyakit gusi dan menyebabkan gusi lebih sensitif terhadap bakteri yang ada di plak gigi. Risiko mengalami radang gusi (gingivitis) pun meningkat.

Studi menunjukkan jika penyakit gigi dan gusi dapat menyebabkan kelahiran prematur dan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh bakteri di gigi dan gusi yang mampu mencapai rahim, dan kemudian memengaruhi perkembangan bayi.

Jaga Kesehatan Emosi

Banyak wanita merasa jika emosi mereka naik-turun dengan cepat selama hamil. Tapi jika perubahan suasana hati terasa ekstrem atau mengganggu kehidupan sehari-hari, Anda mungkin menderita depresi. Jika Anda merasa tidak bersemangat selama lebih dari dua minggu atau merasa sangat cemas, konsultasikan pada dokter agar Anda mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Untuk bisa mengurus bayi Anda, Anda harus memerhatikan kesehatan diri sendiri. Meskipun ada berbagai larangan dan kewajiban selama hamil, banyak wanita mengatakan jika mereka merasa paling sehat pada masa tersebut. Disarankan untuk rutin berkonsultasi dengan dokter dan menjalani pemeriksaan kehamilan sesuai jadwal untuk memelihara kondisi hamil sehat.

Berita Lainnya
4 Dampak Berbahaya Radiasi Handphone Bagi Tubuh TAJUKTIMUR.COM - Handphone sudah banyak dipakai dan menjadi barang keseharian masyarakat Indonesia. Banyak informasi jika radiasi yang ditimbulkan ole...
Jangan ‘Balas Dendam’ Setelah Lebaran Ya, Ini Akibat Buruknya JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Setelah sebulan berpuasa, tubuh harus beradaptasi bila kebiasaan makan kembali seperti sebelum Ramadhan. Menurut ahli nutri...
4 Langkah Balik Aman Usai Mudik ke Kampung Halaman JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Dalam perjalanan mudik, banyak hal yang bisa terjadi. Jika kita tidak hati-hati, bukan tidak mungkin hal tersebut malah men...
Sssttt, Patah Hati Ternyata Rentan Terhadap Penyakit JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Orang yang mengalami patah hati pasti akan mengalami stres. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri dada yang datang tiba-tiba (...
Minum Teh Panas Menangkal Resiko Penyakit Glukoma JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas California menyebutkan bahwa rutin meminum teh panas dapat menangkal resiko te...
Kanal: Gaya Hidup