Loading...

5 Tanda Anak Kita Punya Potensi Jadi Jenius

TAJUKTIMUR.COM – Si Kecil memiliki kemampuan otak yang lebih dari anak-anak normal pada umumnya, atau yang bisa kita sebut dengan istilah jenius.

Hal ini tentu membutuhkan perlakuan khusus untuk menunjang potensinya yang gemilang di masa depan anak.

Setidaknya ada 5 tanda-tanda yang disebut oleh National Association for Gifted Children yang menunjukkan bahwa anak kecil terkategorikan spesial dan jenius.

Tanda-tanda di bawah ini sudah bisa terlihat sejak umur 2 tahun!

Suka mempertanyakan segala hal

Saat anak jenius sudah mulai bisa berbicara lebih cepat dan lebih baik dari anak-anak normal pada umumnya, mereka akan masuk ke dalam tahap komunikasi yang lancar.

Menariknya, anak kecil yang jenius disebut akan menunjukkan kecenderungan yang suka mempertanyakan segala hal tanpa terkecuali.

Pertanyaannya memang terdengar unik dan tidak masuk akan sesekali, namun itu karena keinginannya untuk mengetahui dan mempelajari segala hal.

Mulai bicara lebih awal

Tanda awal yang dapat menunjukkan bahwa seorang anak kecil berpotensi jenius sebenarnya dapat terlihat sebelum menginjak usia 2 tahun. Hal ini ditandai melalui kemampuan berbicara.

Biasanya, anak kecil baru mulai mencoba bicara saat memasuki usia 1 tahun dan mereka hanya dapat mengucapkan sedikit sekali kata-kata.

Berbeda dengan anak kecil yang jenius, mereka disebut sudah menunjukkan kemampuan bicara yang terbilang fasih untuk anak seusianya, di mana mereka sudah bisa menyebut banyak kata-kata.

Bisa membaca lebih cepat

Dari berbicara, Si Kecil yang jenius akan mulai masuk ke dalam tahap di mana ia akan belajar membaca. Hal ini berawal dari membaca alfabet, kata-kata dan lalu satu kalimat ke kalimat lainnya.

Tentu, dibutuhkan kesabaran dalam mendampinginya mengembangkan kemampuan membaca tersebut.

Namun, Si Kecil yang jenius akan lebih mudah untuk melaluinya. Dalam waktu cepat, Si Kecil sudah bisa membaca kalimat-kalimat yang tidak terlalu susah untuknya. Alhasil, ia sudah bisa membaca bahkan sebelum masuk ke sekolah.

Penuh imajinasi

Masih ingat dengan artikel mengenai fakta anak yang berbohong, seorang pakar menyebut bahwa kebohongan anak kecil dapat muncul dari imajinasinya, seperti menceritakan tentang teman imajinasi yang tidak pernah ada di kehidupan nyata.

Menariknya, hal ini nyatanya menjadi salah satu tanda bahwa anak kecil pintar atau bahkan jenius. Kemampuan yang imajinasi yang tinggi menunjukkan kemampuan kreatifitas yang tinggi juga.

Jika anak sesusianya sudah sangat krratif dengan imajinasinya, maka ia dipastikan sangat berpotensi jenius.

Mudah mengingat

Kita tentu setuju bahwa kejeniusan seseorang dinilai secara khusus dari kemampuan otaknya. Hal ini tidak hanya mengacu pada kemampuan berpikir, tetapi juga kemampuan dalam mengingat sesuatu yang merepresentasikan daya memori di otak.

Para pakar menyebut bahwa seorang anak kecil yang jenius pastilah menunjukkan kemampuan mengingat sesuatu dengan sangat baik.

Biasanya hal ini terlihat dari bagaimana mereka mengingat setiap detil dari hal-hal yang mereka saksikan.

Berita Lainnya
4 Dampak Berbahaya Radiasi Handphone Bagi Tubuh TAJUKTIMUR.COM - Handphone sudah banyak dipakai dan menjadi barang keseharian masyarakat Indonesia. Banyak informasi jika radiasi yang ditimbulkan ole...
Jangan ‘Balas Dendam’ Setelah Lebaran Ya, Ini Akibat Buruknya JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Setelah sebulan berpuasa, tubuh harus beradaptasi bila kebiasaan makan kembali seperti sebelum Ramadhan. Menurut ahli nutri...
4 Langkah Balik Aman Usai Mudik ke Kampung Halaman JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Dalam perjalanan mudik, banyak hal yang bisa terjadi. Jika kita tidak hati-hati, bukan tidak mungkin hal tersebut malah men...
Sssttt, Patah Hati Ternyata Rentan Terhadap Penyakit JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Orang yang mengalami patah hati pasti akan mengalami stres. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri dada yang datang tiba-tiba (...
Minum Teh Panas Menangkal Resiko Penyakit Glukoma JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas California menyebutkan bahwa rutin meminum teh panas dapat menangkal resiko te...
Kanal: Gaya Hidup