Loading...

Ini Dampak Minum Kopi Setiap Hari

JAKARTA ( TAJUKTIMUR.COM) – Seiring dengan semakin merebaknya coffee shop terutama di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, membuat ‘ngopi’ menjadi gaya hidup kekinian. Hanya untuk sekedar bertemu teman, berbincang ringan, atau bahkan mengerjakan tugas bagi pelajar, mahasiswa, dan pegawai kantoran, mereka lebih cenderung memilih kedai kopi.

Saat ini terdapat banyak sekali pilihan kedai kopi dari yang termurah seperti warkop bahkan hingga yang termasuk mahal seperti kedai kopi lokal milik para artis atau bahkan kedai kopi asal Amerika Serikat.

Selain karena kedai kopi adalah tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu, minum kopi memang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang. Minum kopi memiliki beberapa dampak positif. Kopi dapat menjadi sumber antioksidan. Dan ternyata zat antioksidan yang terdapat pada kopi lebih mudah diserap oleh tubuh dibanding yang ada pada buah dan sayuran. Antioksidan terbukti dapat mencegah penyakit kanker dan jantung.

Manfaat kopi yang paling banyak diketahui orang awam adalah mencegah stres. Hal tersebut membuat orang-orang lebih senang mengerjakan tugas atau suatu pekerjaan sambil minum kopi. Disamping itu, kopi diketahui dapat meningkatkan konsentrasi dan memori jangka pendek.

Kandungan kafein yang ada pada kopi dapat membantu meredakan sakit kepala. Selain itu, kopi juga diketahui dapat mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer dan parkinson. Kopi juga merupakan diuretic yang baik, yaitu membuat orang lebih sering buang air kecil. Hal tersebut baik karena semakin banyak racun-racun yang terbuang bersama air seni.

Meminum kopi memang terbukti memiliki banyak bermanfaat. Namun jangan salah, meminum kopi dalam jumlah yang terlewat batas dalam sehari setiap hari, memiliki banyak dampak buruk. Dampak yang paling umum adalah dapat menyebabkan insomnia. Disamping itu, meski kopi adalah zat diuretic yang baik, ternyata kopi dapat menyebabkan konstipasi (susah BAB).

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi yang apabila dikonsumsi berlebihan, dapat meningkatkan kolesterol dan darah tinggi yang berdampak buruk pada kesehatan jantung. Selain itu dosis kopi yang berlebihan juga dapat membuat pernapasan menjadi dangkal atau pendek. Efeknya, asupan oksigen ke otak menjadi berkurang sehingga dapat memanipulasi emosi. Dampaknya, akan menjadi lebih sensitif dan mudah marah.

Salah satu manfaat kopi adalah mencegah stres. Namun jika dikonsumsi berlebihan kopi justru dapat melepas hormon adrenalin yang memicu stres semakin parah.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Konsumsi secangkir kopi setiap hari masih dalam batasan yang wajar dan memberikan beberapa manfaat baik. Namun jika dikonsumsi 3-5 cangkir setiap hari justru akan menimbulkan petaka bagi kesehatan tubuh dan harus dikurangi.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Anggun: Anak Muda Bangga Jadi Diri Sendiri JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Anggun C Sasmi menyampaikan agar anak muda bangga menjadi dirinya sendiri ...
Peneliti: Perilaku Antisosial pada Anak Berhubungan dengan Pola Asuh Orangtua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kurang mendapat kehangatan orangtua dan lingkungan kerja orangtua yang ter...
Aktor Rudi Wowor Meninggal Dunia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kabar duka datang Aktor, penari, dan juga koreografer Rudy Wowor yang meni...
Fira Basuki ajak Penulis Gali Kemampuan Lain JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Novelis Fira Basuki mengajak para penulis untuk menggali kemampuan lain se...
Liburan ke Pantai Bareng Anak? Siapkan 5 Hal Berikut Ini TAJUKTIMUR.COM -- Berlibur ke pantai menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan, terutama bersama se...
Kanal: Gaya Hidup