Loading...

Mengenal Anggrek Unik Endemik Merapi

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Sebanyak 25 tanaman anggrek jenis vanda suavis ikut kontes dalam festival anggrek merapi. Anggrek-anggrek itu berusia lima hingga 15 tahun, dari tinggi 30 sampai dua meter.

Bunga vanda suavis atau vanda tricolor, berbentuk seperti laba-laba, dengan tiga warna dominan dalam satu kelopak yaitu putih, trotol merah kecoklatan, dan ungu. Dari puluhan jenis anggrek temuan di Merapi, vanda suavis dianggap berbunga paling indah. Inilah ratu anggrek dari Lereng Gunung Merapi. Sayangnya, kelestarian terancam.

Hadirnya Festival ini bertujuan mengajak masyarakat mencintai anggrek vanda tricolor yang makin langka, mendekati punah, terutama di Lereng Merapi.

Selain kontes anggrek, dalam festival juga demo merangkai bunga oleh Hervia Sandra Budi, penyerahan bibit anggrek ke masyarakat, pelatihan budidaya anggrek, dan lomba fotografi.

Penelitian genetik

Endang Semiarti, juga Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Yogyakarta dan dosen di Fakultas Biologi UGM mengatakan Fakultas Biologi sudah menglokasi anggrek ini sejak 1987.

Dia mengatakan, anggrek ini punya kelebihan, bisa eksis meskipun merapi marah luar biasa. Di Merapi, katanya, ada dua tumbuhan tahan panas, yakni, vanda tricolor dan dendrobium mutabile.

“Sudah kita teliti dan dipublikasikan. Orang-orang asing sudah melirik. Mereka bertanya, boleh tidak gen dibagi ke mereka. Gen itu bisa dimasukkan ke tanaman pangan, ujung-ujungnya kita disuruh membeli. Kita nggak mau seperti itu,” katanya.

Dalam penelitian bersama Rozikin, Endang yang lebih suka menyebut vanda tricolor sebagai anggrek Merapi ini, menemukan ada heat shock protein (HSP) hingga tahan panas.

“Setelah erupsi hebat 2010, kita menemukan ada anggrek Merapi masih hidup.”

Dia berharap, festival bisa mengenalkan anggrek istimewa ini ke masyarakat, dan menjadi icon Yogyakarta.

“Setelah dikenal, biasa ada dampak buruk. Anggrek lalu diambili dari habitat asli. Biasa kita kesulitan mencari lagi. PAI bersama masyarakat berusaha konservasi.”

Budi Setiardi Daryono, Dekan Fakultas Biologi, UGM mengisahkan keberhasilan Taiwan, Hongkong, dan Singapura yang memiliki taman anggrek terbaik di dunia. Padahal, hampir semua anggrek dari Indonesia.

“Indonesia memiliki 5.000 spesies anggrek. Negara lain tak sekaya kita. Mereka pintar menata, mengelola, hingga wisatawan terkesan. Ini tantangan. Di Yogyakarta ada satu spesies anggrek hanya ada di sini, vanda tricolor. Riset sudah kami dukung, baik molekuler maupun bioteknologi.”

Vanda tricolor bisa hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (DPL). Budidaya cukup mudah, hanya perlu ketelatenan. Pada usia dua tahun, tinggi pohon sekitar 15 sentimeter, dan terus meninggi hingga beberapa meter.

“Anggrek merapi harum, namun hanya bisa tercium pada pukul 7.00-9.00 pagi,” kata Endang.

Vanda tricolor dinilai bagus jika seluruh daun terlihat segar, ujung akar berkembang, dan bunga indah. Dalam satu pohon, bisa belasan tangkai bunga, umumnya muncul pada Oktober-September. Meski begitu, anggrek ini bisa berbunga sewaktu-waktu.

Berita Lainnya
Peneliti: Perilaku Antisosial pada Anak Berhubungan dengan Pola Asuh Orangtua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kurang mendapat kehangatan orangtua dan lingkungan kerja orangtua yang terlalu keras memengaruhi bagaimana anak menjadi agresif dan apakah merek...
Aktor Rudi Wowor Meninggal Dunia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kabar duka datang Aktor, penari, dan juga koreografer Rudy Wowor yang meninggal dunia pada usia 74 tahun pada hari ini, Jumat (5/10). Kabar t...
Fira Basuki ajak Penulis Gali Kemampuan Lain JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Novelis Fira Basuki mengajak para penulis untuk menggali kemampuan lain sehingga untuk memenuhi kebutuhan finansialnya tidak hanya bersumber dar...
Liburan ke Pantai Bareng Anak? Siapkan 5 Hal Berikut Ini TAJUKTIMUR.COM -- Berlibur ke pantai menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan, terutama bersama sekeluarga dan bersama anak-anak. Mereka pasti akan bergembira, main air...
Benarkah Tato Berbahaya Bagi Tubuh? Simak Infonya TAJUKTIMUR.COM -- Sebelum membuat tato di tangan maupun area lain, ada baiknya Anda mencari informasi kesehatan terkait tato sebanyak mungkin. Perlu diketahui, tato me...
Kanal: Gaya Hidup