Loading...

Olahraga Kecil Sembari Duduk di Kantor? Kenapa Tidak

TAJUKTIMUR.COM — Melakukan olahraga ringan di kantor atau di sela-sela rutinitas dapat mendatangkan manfaat bagi tubuh Anda. Penelitian menemukan bahwa olahraga selama 15 menit hampir memberi dampak yang sama dengan olahraga 60 menit

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan gerakan ekstrim atau tidak ada ruangan untuk melakukan olahraga ringan di kantor, Anda dapat mencoba beberapa latihan sederhana berikut yang bisa dilakukan sambil duduk di meja kerja.

  • Rentangkan kedua lengan ke atas dan tahan selama 10 detik,
  • Sambil tetap duduk, angkat salah satu tungkai lurus ke depan, tahan selama dua detik. Kemudian turunkan hingga kaki berada sedikit di atas lantai, tahan selama beberapa detik sebelum menapakkan kaki kembali ke lantai. Lakukan hal yang sama pada tungkai sebelahnya. Ulangi masing-masing 15 kali.
  • Untuk menggerakkan otot bahu dan dada, tempatkan kedua tangan pada pegangan kursi. Angkat tubuh dan bokong Anda perlahan, hingga bokong berada beberapa senti di atas bantalan kursi, dengan tetap bertumpu pada tangan. Tahan beberapa saat, kemudian duduk kembali. Ulangi 15 kali.
  • Untuk melemaskan punggung dan mengencangkan otot lengan atas, berpeganganlah pada sisi ujung meja dengan dua tangan. Perlahan, sambil tetap duduk, dorong kursi ke belakang hingga wajah Anda menatap ke lantai, dan kepala berada di antara dua lengan. Kemudian tegakkan punggung kembali sambil menarik kursi kembali ke arah meja. Ulangi hingga 15 kali.
  • Dengan duduk Anda bahkan dapat mempraktikkan senam Kegel untuk melatih otot panggul bawah yang mengontrol urine. Sambil duduk, kencangkan bokong, tahan selama beberapa detik, kemudian lepaskan. Ulangi hingga 15 kali.
  • Duduk tegak lalu tengokkan kepala ke arah kiri sambil memutar tubuh ke arah kanan. Tahan beberapa saat, kemudian ganti ke sisi lain.
  • Untuk meredakan ketegangan punggung, peluk tubuh sendiri dengan menempatkan tangan kiri pada pundak kanan, dan tangan kanan pada pundak kiri. Tahan beberapa saat, kemudian lepaskan.
  • Duduk di kursi dan rentangkan kedua lengan ke samping kiri dan kanan sejauh mungkin. Tahan beberapa saat, kemudian kembalikan lagi ke dada. Ulangi hingga 5-6 kali.
  • Dengan posisi duduk, dekatkan lutut ke dada, tahan, kemudian letakkan. Ulangi sebanyak mungkin. Pastikan kursi Anda bukan kursi beroda untuk menghindari jatuh.

Intinya, hindari duduk di posisi yang sama dalam waktu yang lama. Ubah posisi duduk atau sebisa mungkin ambil jeda tiap setengah jam untuk berdiri dan berjalan mengambil minum atau ke kamar kecil.

Berita Lainnya
4 Dampak Berbahaya Radiasi Handphone Bagi Tubuh TAJUKTIMUR.COM - Handphone sudah banyak dipakai dan menjadi barang keseharian masyarakat Indonesia. Banyak informasi jika radiasi yang ditimbulkan ole...
Jangan ‘Balas Dendam’ Setelah Lebaran Ya, Ini Akibat Buruknya JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Setelah sebulan berpuasa, tubuh harus beradaptasi bila kebiasaan makan kembali seperti sebelum Ramadhan. Menurut ahli nutri...
4 Langkah Balik Aman Usai Mudik ke Kampung Halaman JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Dalam perjalanan mudik, banyak hal yang bisa terjadi. Jika kita tidak hati-hati, bukan tidak mungkin hal tersebut malah men...
Sssttt, Patah Hati Ternyata Rentan Terhadap Penyakit JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Orang yang mengalami patah hati pasti akan mengalami stres. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri dada yang datang tiba-tiba (...
Minum Teh Panas Menangkal Resiko Penyakit Glukoma JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas California menyebutkan bahwa rutin meminum teh panas dapat menangkal resiko te...
Kanal: Gaya Hidup