Loading...

Penghargaan Oscars ke-90 Soroti Keberagaman di Hollywood

WASHINGTON (TAJUKTIMUR.COM) – Film romansa bergaya surealis karya direktur Guillermo del Toro The Shape of Water menjadi pemenang terbesar dalam malam Academy Awards. Film itu memboyong empat piala Oscars, termasuk untuk kategori film terbaik, dalam kontes tersulit dalam beberapa tahun belakangan.

Namun perhelatan Academy Awards itu kental dengan sentimen pro-perempuan dan pro-minoritas, menyusul sejumlah skandal Hollywood yang mengungkapkan eksploitasi yang dihadapi perempuan-perempuan di industri tersebut.

“Hal yang terbaik dalam bidang seni ini adalah kemungkinan untuk terus mendobrak dan mengubah kebiasaan,” kata del Toro ketika menerima penghargaannya. “Kita harus terus melakukan itu.”

Salah satu film yang juga memenangkan sejumlah piala adalah Dunkirk karya Christopher Nolan, yang menang dalam kategori sound mixing, sound editing, dan film editing.

Dalam malam Oscar ke-90 ini, artis-artis Hollywood merangkul sejumlah kritik yang pernah mereka terima, termasuk tuduhan “Oscars so White” yang mereka hadapi pada 2015 lalu, yang mengatakan adanya diskriminasi untuk kaum non-kulit putih di bidang entertainmen.

“Apakah Oscars sekarang menjadi terlalu hitam?” guyon Tiffany Haddish yang tampil bersama Maya Rudolph. Kedua aktris tersebut berkulit hitam.

“Jangan khawatir, masih banyak orang kulit putih di sini,” balas Rudolph.

Menuntut keberagaman

Di antara humor itu, sejumlah artis tidak lupa mengungkit kekhawatiran yang dirasakan ratusan ribu migran yang dibawa ke AS ketika masih kecil, dan sering disebut sebagai “Dreamers”. Kini, masa depan mereka tidak menentu setelah Presiden Donald Trump menghentikan perlindungan bagi mereka yang ditawarkan oleh mantan presiden Barack Obama.

“Kami semua adalah dreamers. Kami tumbuh besar dengan impian bisa bermain film. Mimpi menjadi landasan dasar Hollywood dan juga Amerika,” kata Lupita Nyong’o yang tampil di panggung dengan komedian Pakistani-Amerika Kumail Nanjiani.

“Untuk semua dreamer dan pemimpi di luar sana, ketahuilah kami mendukungmu,” tambah Nanjiani.

Penulis naskah film Get Out, Jordan Peele, menerima penghargaan untuk skenario orisinil terbaik. Peele menjadi penulis skenario berkulit hitam pertama yang menerima piala Oscar.

Peele mengatakan dia sempat tersendat-sendat menulis naskah itu karena khawatir tidak akan mendapatkan dukungan dari studio-studio film.

“Namun saya terus berlanjut menulisnya karena saya sadar, bila naskah ini difilmkan, banyak yang akan mendengar pesan yang ingin saya sampaikan,” kata Peele. “Piala ini saya persembahkan kepada semua orang yang mendukung saya bersuara dan membuat film ini.”

Setelah diumumkan sebagai pemenang kategori pemeran utama perempuan terbaik, aktris Frances McDormand meminta semua perempuan-perempuan yang dinominasikan dalam kategori lain agar berdiri.

“Lihat di sekeliling anda, hadiri, karena kami semua memiliki cerita yang harus disampaikan dan proyek yang butuh didanai,” kata McDormand.

Dia juga mengimbau rekan-rekannya di Hollywood agar menuntut meminta kontrak film yang mengharuskan studio memberikan peran kepada minoritas gender dan ras.

Dalam sebuah momen yang menyentuh, aktris Ashely Judd, Annabella Sciorra, dan Salma Hayek naik ke panggung untuk menyerukan akhir dari era memalukan di Hollywood, menyusul gerakan kampanye #MeToo dan #TimesUp.

“Perubahan yang kami lihat sekarang didukung oleh suara-suara yang lantang yang akhirnya mengatakan sekarang waktunya sudah habis, time’s up,” kata Judd.

Ketiga bintang film itu menuduh produser Harvey Weinstein melakukan pelecehan seksual terhadap mereka. Pengakuan itu mendorong berbagai perempuan setelah mereka untuk menceritakan pelecehan yang pernah mereka alami di Hollywood.

Berikut adalah beberapa pemenang Oscar tahun ini:

Film terbaik: The Shape of Water
Direktur terbaik: Guillermo del Toro, the Shape of Water
Pemeran utama lelaki: Gary Oldman, Darkest Hour
Pemeran utama perempuan: Frances McDormand, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Skenario orisinil: Jordan Peele, Get Out
Pemeran pendukung lelaki: Sam Rockwell, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Pemeran pendukung perempuan: Allison Janney, I, Tonya
Film animasi terbaik: Coco
Sinematografi: Blade Runner 2049
Film editing: Dunkirk
Efek visual: Blade Runner 2049

(fr)

Berita Lainnya
Anggun: Anak Muda Bangga Jadi Diri Sendiri JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Anggun C Sasmi menyampaikan agar anak muda bangga menjadi dirinya sendiri ...
Peneliti: Perilaku Antisosial pada Anak Berhubungan dengan Pola Asuh Orangtua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kurang mendapat kehangatan orangtua dan lingkungan kerja orangtua yang ter...
Aktor Rudi Wowor Meninggal Dunia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kabar duka datang Aktor, penari, dan juga koreografer Rudy Wowor yang meni...
Fira Basuki ajak Penulis Gali Kemampuan Lain JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Novelis Fira Basuki mengajak para penulis untuk menggali kemampuan lain se...
Liburan ke Pantai Bareng Anak? Siapkan 5 Hal Berikut Ini TAJUKTIMUR.COM -- Berlibur ke pantai menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan, terutama bersama se...
Kanal: Gaya Hidup