Loading...

Turun Berat 1 Kg dalam Seminggu? Bisa!

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Secara teoritis, seseorang bisa menurunkan berat badan sampai 4,5 kg dalam 1 minggu, tapi idealnya rata-rata penurunan berat badan adalah antara 0,5 sampai 1 kg per minggu. Hal ini dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal secara sehat.

Sebaiknya penurunan berat badan dilakukan secara bertahap. Diet yang dilakukan dalam waktu singkat, umumnya hanya akan menurunkan berat badan sementara saja. Saat program diet Anda berakhir, berat badan Anda bisa kembali bertambah sehingga upaya Anda untuk menurunkan berat badan selama ini menjadi tidak efektif.

Ada beberapa cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu secara alami yang dapat Anda lakukan seperti dinukil dari laman Alo Dokter.

Mengurangi asupan kalori

Mengurangi asupan kalori atau porsi makan terbukti efektif untuk mengurangi berat badan dalam waktu singkat. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan aktivitas. Untuk memaksimalkan efek diet yang Anda lakukan, lebih baik kurangi camilan dan bumbu-bumbu penyedap, serta perbanyak konsumsi sayur-sayuran.

Hindari makanan siap saji

Selain mengurangi asupan kalori, menghindari makanan siap saji juga membantu Anda menurunkan berat badan. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih makanan yang mengandung banyak protein seperti ikan dan ayam, serta sayuran rendah karbohidrat. Dengan begitu, Anda tetap bisa merasa kenyang tanpa memakan banyak kalori.

Perbanyak olahraga dan aktivitas fisik

Salah satu cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu yaitu memperbanyak olahraga dan aktivitas fisik, yang akan membakar kalori. Semakin banyak kalori yang terbakar, berat badan pun akan semakin cepat berkurang.

Olahraga seperti mengangkat beban atau senam aerobik bisa Anda terapkan sehari-hari untuk meningkatkan massa otot dan metabolisme tubuh, sekaligus mengurangi endapan karbohidrat dan cairan di dalam tubuh yang membuat berat badan Anda meningkat.

Kurangi karbohidrat dan perbanyak protein

Menerapkan kebiasaan mengurangi konsumsi karbohidrat atau diet karbo, menyehatkan sekaligus terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Batasi konsumsi nasi, pasta, dan makanan lain yang mengandung karbohidrat atau gula.

Sebagai gantinya, Anda bisa memperbanyak sayuran rendah karbohidrat, mengonsumsi telur, daging tanpa lemak, serta ikan. Protein juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda.

Rutin berpuasa

Manfaat puasa yang dilakukan secara rutin, bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Secara tidak langsung, Anda akan berusaha membatasi asupan kalori dan makanan lainnya dalam jangka waktu tertentu.

Namun beberapa ahli tidak merekomendasikan berpuasa sebagai cara menurunkan berat badan. Anda juga perlu berhati-hati jika memiliki penyakit lambung atau diabetes, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu sebelum mencoba berpuasa untuk menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus menerapkan cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu secara alami sesuai aturan. Jangan sampai berat badan Anda menurun drastis, tapi kondisi kesehatan Anda justru terganggu. Diet terbaik perlu dilakukan secara bertahap dan seimbang.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Prana Healing, Menyembuhkan dengan Energi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Penyembuhan terhadap diri atau tubuh yang sakit hingga pikiran dan emosi y...
Dongeng Pengaruhi Perilaku Anak Ketika Dewasa JAKARTA, TAJUKTIMU.COM - Dongeng berkontribusi cukup besar dalam tumbuh kembang anak karena terdapat...
Cara Memutihkan Gigi dengan Kunyit JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memutihkan gigi bisa dilakukan dengan cara alami dan mudah dipraktekkan di...
Orang Tua Wajib Kontrol Penggunaan Gawai Anaknya JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menghindarkan anak dari gawai adalah hal yang mustahil. Namun orang tua di...
Anggun: Anak Muda Bangga Jadi Diri Sendiri JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Anggun C Sasmi menyampaikan agar anak muda bangga menjadi dirinya sendiri ...
Kanal: Gaya Hidup