Loading...

Vape Lebih Aman dari Rokok, Benarkah?

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Vape kini menjadi tren di kalangan anak muda. Disebut-sebut sebagai pengganti rokok, vape digemari karena dianggap lebih sehat dibandingkan rokok.

Vape adalah sebutan untuk vaporizer, yaitu rokok elektrik atau e-cigarrete. Vape mengubah cairan yang dipanaskan sampai menjadi uap. Uap itulah yang dihirup sebagai pengganti rokok. Lalu benarkah vape jauh lebih sehat dari rokok?

Dilansir dari situs Alo Dokter, vape memang tidak mengandung banyak zat berbahaya pada rokok, seperti tar dan karbonmonoksida. Namun, ada berbagai zat-zat kimia yang juga memiliki risiko mengganggu kesehatan dalam kandungan vape.

Ada zat kimia yang sangat mungkin mengendap di dalam paru-paru jika menggunakan vape. Misalnya, formaldehida dan logam berat yang dapat menempel pada paru-paru, sehingga mengganggu pernapasan. Bahkan beberapa jenis perasa pada vape dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru.

Vape juga mengandung nikotin kimiawi. Sudah banyak diketahui bahwa nikotin dapat membahayakan kesehatan. Salah satunya adalah terhadap jantung dan pembuluh darah. Bagi Anda yang sudah memiliki masalah dengan jantung, nikotin dapat membuat keadaan tersebut semakin parah.

Perasa pada uap vape terbuat dari cairan dengan bahan diasetil. Namun bila terhirup, zat kimia ini membahayakan tubuh, khususnya paru-paru.

Salah satu penyakit yang dapat terjadi karena menghirup diasetil adalah penyakit bronkiolitis obliterans, atau dikenal seabgai “popcorn lung”. Ditandai dengan batuk kering yang tidak kunjung sembuh, sesak napas, napas berbunyi mengi, demam dan sakit kepala. Ada pula efek berupa iritasi kulit, mata, hidung dan tenggorokan.

Kemudian ada Formaldehida. Zat ini berbahaya bila terhirup, karena dapat menyebabkan kanker. Jadi masih setia dengan vape?

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Dongeng Pengaruhi Perilaku Anak Ketika Dewasa JAKARTA, TAJUKTIMU.COM - Dongeng berkontribusi cukup besar dalam tumbuh kembang anak karena terdapat...
Cara Memutihkan Gigi dengan Kunyit JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memutihkan gigi bisa dilakukan dengan cara alami dan mudah dipraktekkan di...
Orang Tua Wajib Kontrol Penggunaan Gawai Anaknya JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menghindarkan anak dari gawai adalah hal yang mustahil. Namun orang tua di...
Anggun: Anak Muda Bangga Jadi Diri Sendiri JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Anggun C Sasmi menyampaikan agar anak muda bangga menjadi dirinya sendiri ...
Peneliti: Perilaku Antisosial pada Anak Berhubungan dengan Pola Asuh Orangtua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kurang mendapat kehangatan orangtua dan lingkungan kerja orangtua yang ter...
Kanal: Gaya Hidup