Loading...

DPRD Maluku Utara: PLN Jangan Lakukan Pemadaman Selama Ramadan

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) – PT PLN di seluruh kabupaten/kota di Maluku Utara (Malut) diminta tidak melakukan pemadaman listrik selama bulan Ramadhan nanti, untuk memberi kenyamanan kepada umat Muslim di daerah ini dalam melaksanakan ibadah.

“Kalau pun terpaksa melakukan pemadaman, jangan pada saat maghrib hingga selesai shalat tarawih dan saat syahur hingga selesai shalat subuh,” kata anggota DPRD Malut, Irfan Umasugi di Ternate, Sabtu.

Pada siang hingga sore hari, PLN juga sebaiknya tidak melakukan pemadaman listrik, karena pada saat itu masyarakat tengah menyiapkan berbagai menu masakan untuk berbuka puasa, yang umumnya menggunakan perlatan masak yang membutuhkan aliran listrik.

Menurut dia, sisa waktu satu bulan sebelum memasuki Ramadhan harus dimanfaatkan PLN untuk membenahi mesin dan jaringan listrik, sehingga saat Ramadhan nanti tidak ada gangguan yang dapat mengakibatkan pemadaman listrik.

Khusus bagi PLN di kabupaten/kota yang kapasitas mesin listriknya masih terbatas sehingga harus melakukan pemadaman bergilir, diharapkan segera menambah kapasitas listriknya sesuai dengan kebutuhan agar tidak perlu lagi dilakukan pemadaman bergilir.

Ia mengimbau pemerintah daerah di kabupaten/kota yang kapasitas mesin listrik PLN setempat, berperan mengatasinya dengan cara membantu pengadaan mesin listrik untuk dihibahkan kepada PLN.

Pemanfaatan potensi energi listrik terbarukan di Malut, seperti panas bumi harus pula diupayakan, karena kalau potensi panas bumi di Malut dimanfaatkan dapat menghasilkan listrik sekitar 400 MW dan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah ini.

Sementara itu, data dari PLN, khusus untuk di Ternate dan Tidore dipastikan tidak akan terjadi pemadaman listrik selama Ramadhan, karena kapasitas listrik PLN di kedua daerah ini sebanyak 59 MW, sementara beban puncak hanya sekitar 33 MW.

Berita Lainnya
Jailolo Menjadi Destinasi Pilihan Back To Down Under Rally 2018 JAILOLO, TAJUKTIMUR.COM —- Jailolo, kembali menjadi destinasi tujuan wisata layar Back To Down Under Rally setelah tahun 2012 silam. Event Back To...
Akibat Banjir, Jalan Penghubung Antardesa Putus TERNATE, TAJUKTIMUR.COM — Jalan penghubung antardesa di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut) putus akibat diterjang banjir, mengakibatkan akt...
Wali Kota Tidore Lepas 116 Jamaah Calon Haji TIDORE, TAJUKTIMUR.COM —- Sebanyak 116 Orang Jamaah Calon Haji Kota Tidore Kepulauan Tahun 1438 H/2017 M. yang terdiri dari Laki-laki 58 Orang dan Per...
Halmahera Barat kini memiliki Logo Branding dan Tagline Pariwisata JAILOLO, TAJUKTIMUR.COM —- Kabupaten Halmahera Barat kembali menunjukan komitmen dan keseriusannya dalam pengembangan pariwisata sebagai sektor unggul...
194 Jamaah Calon Haji Asal Halmahera Selatan Siap Diberangkatkan LABUHA, TAJUKTIMUR.COM —- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, mempersiapkan pemberangkatan jama...
Kanal: Headline Maluku Utara