Loading...

Pemkab Yalimo Anggarkan Rp40 Miliar Untuk Jalan

WAMENA (TAJUKTIMUR.COM) – Pemerintah Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, menganggarkan dana Rp40 miliar untuk pembangunan jalan penghubung antardistrik dan kampung dengan pusat ibu kota kabupaten.

Bupati Yalimo Lakius Peyon saat di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, mengatakan dengan anggaran Rp40 miliar itu diharapkan bisa membuka akses untuk kendaraan masuk ke distrik-distrik pada tahun 2018.

“Tahun ini kita fokus jalan tembus ke Distrik Apalapsili, kalau ke Welarek dan Abenaho sebagian sudah dibuka,” katanya.

Ia mengatakan salah satu jalan antardistrik yang akan dikerjakan adalah Distrik Apalapsili, dengan jarak sekitar 15 kilometer.

Beberapa jalan antardistrik yang akan ditingkatkan juga pada tahun ini adalah antara Distrik Elelim ke Eregi dan Eregi ke Kamdek, terasuk perbaikan Jembatan Kali Tempur dan Gunung Yahuli.

“Saya sudah perintahkan kepala dinas pekerjaan umum bahwa Desember 2018 ini saya akan rayakan natal di Apalapsili (distrik yang belum ada akses jalan) sehingga akses jalan sudah harus tembus ke Apalapsili,” katanya.

Lekius mengatakan satu akses jalan yang menjadi perhatian mereka adalah terkait jalan Nasional yang menghubungkan Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Mamberamo Raya hingga tembus Jayapura.

“Kami baru bicara dengan kepala balai jalan terkait jalan trans Papua, sebab ada sekitar 30 kilometer jalan yang belum bisa dilalui mobil, meskipun sudah terbuka,” katanya.

Lakius mengatakan siap melakukan pendekatan dengan masyarakat adat agar pengerjaan jalan trans Papua berjalan dengan baik, karena jalan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami harap semua jalan ke distrik bisa tembus tahun ini, begitu juga dengan jalan trans Papua,” katanya

Berita Lainnya
Ini Respons Polda Papua Soal Beredarnya Isu Warga Sipil Tewas JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Beredar kabar sejumlah warga sipil Papua tewas, akibat kontak tembak anta...
KKSB Giring Opini Memojokan TNI-Polri JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kapendam XVII Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi mengimbau kepada selu...
Jelang Natal dan Tahun Baru, Pasokan Listrik Wilayah Maluku dan Maluku Utara Aman AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah meminta masyarakat Maluku dan Maluku Utara tak perlu khawatir ata...
Satu Jasad Korban Kelompok Bersenjata Papua Ditemukan JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tim gabungan TNI dan Kepolisian Indonesia yang dikerahkan dalam operasi p...
Bupati Jayapura Apresiasi Upaya Pelestarian Cagar Alam Cycloop JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengapresiasi upaya pelestarian cagar al...
Kanal: Headline Papua