Loading...

Pemkab Yalimo Anggarkan Rp40 Miliar Untuk Jalan

WAMENA (TAJUKTIMUR.COM) – Pemerintah Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, menganggarkan dana Rp40 miliar untuk pembangunan jalan penghubung antardistrik dan kampung dengan pusat ibu kota kabupaten.

Bupati Yalimo Lakius Peyon saat di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, mengatakan dengan anggaran Rp40 miliar itu diharapkan bisa membuka akses untuk kendaraan masuk ke distrik-distrik pada tahun 2018.

“Tahun ini kita fokus jalan tembus ke Distrik Apalapsili, kalau ke Welarek dan Abenaho sebagian sudah dibuka,” katanya.

Ia mengatakan salah satu jalan antardistrik yang akan dikerjakan adalah Distrik Apalapsili, dengan jarak sekitar 15 kilometer.

Beberapa jalan antardistrik yang akan ditingkatkan juga pada tahun ini adalah antara Distrik Elelim ke Eregi dan Eregi ke Kamdek, terasuk perbaikan Jembatan Kali Tempur dan Gunung Yahuli.

“Saya sudah perintahkan kepala dinas pekerjaan umum bahwa Desember 2018 ini saya akan rayakan natal di Apalapsili (distrik yang belum ada akses jalan) sehingga akses jalan sudah harus tembus ke Apalapsili,” katanya.

Lekius mengatakan satu akses jalan yang menjadi perhatian mereka adalah terkait jalan Nasional yang menghubungkan Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Mamberamo Raya hingga tembus Jayapura.

“Kami baru bicara dengan kepala balai jalan terkait jalan trans Papua, sebab ada sekitar 30 kilometer jalan yang belum bisa dilalui mobil, meskipun sudah terbuka,” katanya.

Lakius mengatakan siap melakukan pendekatan dengan masyarakat adat agar pengerjaan jalan trans Papua berjalan dengan baik, karena jalan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami harap semua jalan ke distrik bisa tembus tahun ini, begitu juga dengan jalan trans Papua,” katanya

Berita Lainnya
KPU: Empat Caleg DPR Papua Tidak Memenuhi Syarat JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menyatakan empat dari total 792 orang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Raky...
Gempa Bumi 5 SR Guncang Jayawijaya JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi berkekuatan 5,0 SR mengguncang Kabupaten Jayawijaya, Papua. Gempa tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan informasi dari BMKG, gemp...
Minyak Kayu Putih Biak Merambah Pasar Manokwari BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Minyak kayu putih "Farkin" produksi kelompok petani hutan Kofarwis Rimba Jaya Kabupaten Biak Numfor, Papua, merambah ke pasar kota Manokwari, Ibu K...
KPU Biak Numfor Tambah 128 TPS Baru BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan menambah 128 tempat pemungutan suara (TPS) baru untuk Pemilu 2019 sehingga totalnya ...
KPU Yalimo: Tidak ada Caleg eks Koruptor WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Papua, memastikan tidak ada calon anggota legislatif eks narapidana koruptor dalam daftar calon tet...
Kanal: Headline Papua