Loading...

AMO Bentuk Tim Identifikasi Musik Ambon

AMBON (TAJUKTIMUR.COM) – – Tim perencanaan Ambon Music Office (AMO) membentuk tim identifikasi musik sebagai upaya mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia.

Ketua Ambon Music Office, Ronny Loppies menyatakan, kesimpulan diskusi terumpun yang dilakukan Badan Ekonomi kretaif (Bekraf) untuk mendapatkan ciri khas musik Ambon, diperoleh sejumlah rekomendasi umum yang akan dianalisis oleh tim.

“Kesimpulan dari diskusi bersama tersebut belum rampung karena masih mengumpulkan pendapat dari para ahli, melalui pembentukan tim analisis dan identifikasi musik Ambon,” katanya di Ambon, Rabu.

Tim identifikasi, katanya, akan terdiri dari akademisi, pelaku industri, musisi lokal senior, para pebisnis dibidang musik, yang akan melakukan pengkajian lebih mendalam.

“Melalui tim ini kita berupaya mendapatkan ciri khas musik Ambon yang berbeda dari 17 kota musik dunia, kita targetkan Januari 2018 tim ini terbentuk dan dapat melakukan tugas dengan baik melalui kajian yang mendalam,” ujarnya.

Ronny mengatakan, kesimpulan sementara hasil identifikasi musik Ambon yakni adanya keanekaragaman warna vokal, serta musik Ambon merupakan akulturasi dari beberapa musik.

“Dari kesimpulan sementara ini adanya pencampuran etnik budaya dari dalam dan luar, seberapa besar pencampuran bisa juga karena adanya budaya luar yang mengikuti budaya Ambon, atau sebaknya hal ini yang harus kita pelajari bersama,” katanya.

Ia mengaku menemukan ciri khas musik ambon disadari tidak bisa ditentukan begitu saja, tetapi butuh proses kajian riset terhadap musik Ambon itu sendiri.

“Kita berharap masukan yang disampaikan oleh pakar musik, musisi dan komunitas musik di Ambon dilanjutkan dengan kajian sehingga didapatkan ciri khas menuju Ambon kota musik dunia versi Unesco,” tandasnya.

Ditambahkannya, setelah melakukan identifikasi musik akan ditindaklanjuti dengan proses digitalisasi musik produksi Ambon.

“Digitalisasi musik ini secara tidak langsung merupakan proses promosi serta adanya pembagian hasil antara pencipta lagu, penyanyi dan lainnya, kita berharap seluruh proses ini tujuan akhirnya mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia,” kata Ronny.

(ant/and)

Berita Lainnya
Komedian Aa Jimmy Meninggal Akibat Tsunami JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komedian Aa Jimmy Jigo dikabarkan menjadi korban tsunami Selat Sunda yang ...
Inilah Daftar Pemenang Piala Citra FFI 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Malam anugerah Piala Citra, Festival Film Indonesia (FFI) 2018 telah digel...
Inilah Daftar Nomine Golden Globes 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ajang Golden Globes 2019 akan dilaksanakan pada 6 Januari 2019 di The Beve...
Musisi Dunia Ramaikan Konser Penghormatan Nelson Mandela JOHANNESBURG, TAJUKTIMUR.COM - Ribuan orang memadati stadion FNB Johannesburg, Afrika Selatan pada h...
Ed Sheeran Konser di Indonesia Mei 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah sempat batal, Ed Sheeran akhirnya memastikan konsernya di Indonesi...
Kanal: Hiburan