Loading...

AMO Bentuk Tim Identifikasi Musik Ambon

AMBON (TAJUKTIMUR.COM) – – Tim perencanaan Ambon Music Office (AMO) membentuk tim identifikasi musik sebagai upaya mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia.

Ketua Ambon Music Office, Ronny Loppies menyatakan, kesimpulan diskusi terumpun yang dilakukan Badan Ekonomi kretaif (Bekraf) untuk mendapatkan ciri khas musik Ambon, diperoleh sejumlah rekomendasi umum yang akan dianalisis oleh tim.

“Kesimpulan dari diskusi bersama tersebut belum rampung karena masih mengumpulkan pendapat dari para ahli, melalui pembentukan tim analisis dan identifikasi musik Ambon,” katanya di Ambon, Rabu.

Tim identifikasi, katanya, akan terdiri dari akademisi, pelaku industri, musisi lokal senior, para pebisnis dibidang musik, yang akan melakukan pengkajian lebih mendalam.

“Melalui tim ini kita berupaya mendapatkan ciri khas musik Ambon yang berbeda dari 17 kota musik dunia, kita targetkan Januari 2018 tim ini terbentuk dan dapat melakukan tugas dengan baik melalui kajian yang mendalam,” ujarnya.

Ronny mengatakan, kesimpulan sementara hasil identifikasi musik Ambon yakni adanya keanekaragaman warna vokal, serta musik Ambon merupakan akulturasi dari beberapa musik.

“Dari kesimpulan sementara ini adanya pencampuran etnik budaya dari dalam dan luar, seberapa besar pencampuran bisa juga karena adanya budaya luar yang mengikuti budaya Ambon, atau sebaknya hal ini yang harus kita pelajari bersama,” katanya.

Ia mengaku menemukan ciri khas musik ambon disadari tidak bisa ditentukan begitu saja, tetapi butuh proses kajian riset terhadap musik Ambon itu sendiri.

“Kita berharap masukan yang disampaikan oleh pakar musik, musisi dan komunitas musik di Ambon dilanjutkan dengan kajian sehingga didapatkan ciri khas menuju Ambon kota musik dunia versi Unesco,” tandasnya.

Ditambahkannya, setelah melakukan identifikasi musik akan ditindaklanjuti dengan proses digitalisasi musik produksi Ambon.

“Digitalisasi musik ini secara tidak langsung merupakan proses promosi serta adanya pembagian hasil antara pencipta lagu, penyanyi dan lainnya, kita berharap seluruh proses ini tujuan akhirnya mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia,” kata Ronny.

(ant/and)

Berita Lainnya
Rumah Miley Cyrus di Malibu Hangus Dilalap Api LOS ANGELES, TAJUKTIMUR.COM - Penyanyi Miley Cyrus dan Neil Yong berada di antara ratusan orang yang...
Dava Bagaskara dan Sabrina Leonita Juara Bintang Radio Nasional 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Bintang olah vokal kembali lahir dalam ajang Bintang Radio Nasional 2018 ...
Lady Gaga Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan CALIFORNIA, TAJUKTIMUR.COM - Penyanyi Lady Gaga menjadi salah satu korban terdampak dari kebakaran h...
HUT ke-50, TIM Gelar Pementasan Gratis JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menyemarakkan hari ulang tahun yang ke-50 Taman Ismail Marzuki Jakarta, Ya...
Tanpa Victoria Beckham, Spice Girls Resmi Reuni Tahun Depan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Grup legendaris 1990-an Spice Girls akan kembali memberikan apa yang selam...
Kanal: Hiburan