Loading...

PJ91 Gelar Dolanan Jadul

MOJOKERTO (TAJUKTIMUR.COM) –  Puluhan mantan peserta Jambore Nasional tahun 1991 (Jamnas 91) Gerakan Pramuka mengikuti ‘dolanan jadul’ (mainan tempo dulu) yang dikemas dalam kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (persami) di area outbond Trawas, Mojokerto-Jawa Timur, tanggal 7-8 April 2018 .

Para peserta persami diharuskan mengikuti aneka macam permainan tempo dulu, seperti congklak, bola bekel, holahup, enggrang, lompat tali dan tarik tambang.

Ketua Panitia Persami PJ91 Dolanan Jadul, Dwi Yuniarti N.A (Dewinara) PJ91 dari Koncab Sidoarjo, Konda Jawa Timur mengatakan kegiatan Persami PJ91 di Jawa Timur diawali dari ide untuk merasakan kembali suasana camping (perkemahan).

Berawal dari pelaksanaan Rapat Kerja Nasional PJ91 ke-1 pada tanggal 18-19 Maret 2017, dimana saat itu Jawa Timur sebagai tuan rumah, dimotori oleh panitia yang berjumlah 7 orang dari kalangan PJ91. Dari sanalah pada bulan September 2017 tercetus ide untuk mengumpulkan para anggota PJ91 Jawa Timur (yang berasal dari Jawa Timur/Jamur dan atau yang tinggal di Jamur). Hingga kemudian terselenggara kegiatan “Guyub Rukun Bareng Jamur” (GR) ke-1 dengan kabupaten Bojonegoro sebagai tuan rumah pada tanggal 29 Oktober 2017 dan diikuti sekitar 50 orang. Dari kegiatan tersebut kemudian berlanjut dengan terpilihlah kotamadya Surabaya sebagai tuan rumah kegiatan GR bareng Jamur ke-2 di akhir tahun 2017.  Di GR ke-2 tersebut terpilihlah para pengurus/koordinator panitia.

Atas masukan ide-ide para anggota PJ91 yang ingin kembali merasakan suasana perkemahan seperti saat Jamnas 91 dahulu, dimana berkemah dengan kegiatan yang asyik dan gembira, yaitu dengan ragam dolanan jaman dulu yang hampir hilang ditelan jaman.

Karena itu pula dengan tema “Dolanan Jadul”, PJ91 ingin permainan jaman dulu/tradisional bisa dilestarikan pada generasi berikutnya.

“Alhamdulillah, Persami PJ91 yang awalnya hanya untuk warga Jamur akhirnya dibuka untuk umum alias PJ91 se-Indonesia yang terselenggara pada sabtu-Minggu, 7-8 April 2018 di Fresh Green Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dengan diikuti 62 orang peserta”, ujar Dewi Nara dalam pembukaan acara Persami PJ91 (Sabtu, 07/04/2018).

Dengan adanya kegiatan Persami PJ91 ini, Ia berharap Jamur bisa menginspirasi PJ91 di daerah lain, dan budaya lokal nusantara tetap terpelihara dan dilestarikan salah satunya dengan tetap mengenalkan dan mempromosikannya pada khalayak terutama pada anak-anak kita & generasi milenial.

Kegiatan Persami PJ91 Dolanan Jadul yang diselenggarakan oleh PJ91 Jawa Timur ini juga mendapat apresiasi dari seluruh peserta (PJ91). Hal ini terbukti dari antusias para peserta yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia, diantaranya dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Papua.

“Senang sekali bisa berjumpa dengan kawan-kawan setelah 27 tahun tidak bertemu, kegiatan persami ini layaknya acara lepas kangen buat saya”, ungkap Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sidoarjo-Jawa Timur sekaligus anggota PJ91 dari Jawa Timur, Amir Aslichin, disela-sela acara.

Berita Lainnya
UI Masuk di 300 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia DEPOK, TAJUKTIMUR.COM -- Universitas Indonesia (UI) berhasil masuk dalam 300 besar perguruan tinggi ...
Aksi Pasar Murah Mahasiswa, Solusi Untuk Negeri JAKARTA (TAJUKTIMUR.CIM) - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia Wilayah Jabodet...
Badan Usaha Kwarda Lampung Selenggarakan Investor Gathering BANDAR LAMPUNG (TAJUKTIMUR.COM) - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung melalui Badan Usah...
Indonesia Rider Quest 2018: Eksplorasi Kekayaan Indonesia Timur MATARAM, TAJUKTIMUR.COM -- Menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Padang Bai Bali menuju Pelabuhan L...
LDK IAIN Ambon Gelar Musker Ke-X AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Izzah IAIN Ambon menggelar Pelantikan dan Mus...
Kanal: Info Anda