Loading...

2 Ribu Warga Mengungsi Akibat Gunung Meletus di Papua Nugini

SYDNEY, TAJUKTIMUR.COM – Gunung berapi pulau di pesisir utara Papua Nugini (PNG) meletus pada Sabtu pagi, memaksa 2.000 warga desa menyelamatkan diri karena khawatir akan lava yang mengalir, kata Pusat Bencana Nasional.

Luas Pulau Manam, hanya 10 kilometer, dan salah satu gunung berapi paling aktif di negara Pasifik itu dan didiami sekitar 9.000 orang.

Tiga desa berada langsung di aliran lava dan warga harus diungsikan ke tempat aman, kata Direktur Pusat Bencana Nasional PNG Martin Mose, kepada Reuters melalui telepon.

Observatorium Gunung Api Rabaul (RVO) melaporkan letusan itu mulai terjadi pada pukul 6 waktu setempat pada Jumat, mengeluarkan kolom abu 15 km di atas permukaan laut.

Abu yang jatuh begitu berat sehingga pohon-phon patah karena keberatan menahan, demikian RVO dalam buletin informasinya.

“Kawasan paling terdampak ialah Baliau dan Kulugama dan jarak pandang sangat terbtas akibat abu yang jatuh, orang-orang menggunakan lampu obor untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain,” katanya.

Steve Saunders dari RVO mengatakan erupsi sebesar itu belum pernah terjadi.

“Sejauh yang kami ketahui tak ada laporan korban jiwa tapi kami beritahu orang-orang agar menjauh dari lembah karena berisiko lumpur mengalir, ada abu tebal dan jika hujan deras, kami mengingatkan masyarakat akan ancaman itu,” kata dia lewat telefon.

Saunders mengatakan tahap awal erupsi sudah lewat tapi ada lubang baru, yang menandakan akan terjadi kegiatan baru.

Pusat Penasehat Abu Vulkanik Darwin (DVAAC) mengeluarkan peringatan ancaman bagi penerbangan, meminta penerbangan menghindar dari awan, yang berada di atas tingkat jelajah pesawat niaga.

Berita Lainnya
Dua Nelayan Indonesia Diculik di Perairan Semporna SABAH, TAJUKTIMUR.COM - Dua nelayan Indonesia diyakini telah diculik dari Pulau Gaya, Perairan Semporna, Sabah, Malaysia, Selasa dini hari. Media s...
Presiden Jokowi Terima Sambutan Resmi Presiden Korsel Moon Jae-in SEOUL, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara sambutan resmi yang dilakukan oleh Pre...
Wew, Seperempat Pengguna di AS Hapus Akun Facebook WASHINGTON, TAJUKTIMUR.COM -- Lebih dari seperempat (26 persen) pengguna Facebook di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka telah menghapus aplikasi ...
AS Tawarkan Pembentukan Konfederasi Palestina-Yordania RAMALLAH, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan tim negosiasi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menawarinya sebu...
Tentara Israel Tembaki Demonstran Palestina GAZA, TAJUKTIMUR.COM - Tentara Israel menembakkan peluru tajam ke arah para pengunjuk rasa Palestina, melukai 52 orang pada Jumat ke 23 protes anti-ke...
Kanal: Internasional