Loading...

Arab Saudi Latih Pasukan Khusus Untuk Pengamanan Jemaah Haji

RIYADH (TAJUKTIMUR.COM) – Berbagai persiapan tengah dilakukan oleh Pasukan Perngamanan Obyek Vital Kerajaan Sauadi Arabia jelang musim haji mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Mayor Jenderal Saad Al Jabari, pasukannya telah mendapat pelatihan khusus untuk memberants dan melakukan intervensi bila ada tindakan terorisme di berbagai instalasi yang penting di Makkah dan Madinah.

“Lima puluh petugas dari pasukan tersebut memenuhi syarat untuk mengikuti program pelatihan intensif yang akan dilakukan di dalam kerajaan dan luar negeri,” ujar Al Jabari seperti dilansir dari publikasi Saudi Gazzete di sela-sela upacara wisuda untuk petugas yang mengikuti kursus pelatihan untuk memerangi terorisme dan intervensi cepat.

Berkaitan dengan hal itu, Putra Mahkota Muhammed Bin Naif, wakil perdana menteri dan menteri dalam negeri Saudi Arabia pun telah menyetujui program pelatihan baru tersebut.

Dia mengatakan, kursus pelatihan baru iitu akan memperkuat kemampuan pasukan keamanan khusus untuk melindungi jaringan minyak dan pabrik minyak, serta instalasi vital lainnya.

“Ini adalah upacara wisuda kedua petugas yang telah mengikuti kursus pelatihan. Ini akan diikuti oleh kelulusan petugas yang tersisa guna meningkatkan kemampuan pasukan khusus yang bertugas menjaga berbagai instalasi vital tersebut,” jelas Al-Jabari.

Ditegaskan pula bila kekuatan pasukannya akan berkontribusi untuk melindungi peziarah yang datang untuk berhaji.

Pihaknya telah meninjau kembali kinerja angkatan tahun lalu untuk menghindari aspek negatif. Selain itu juga telah melakukan sejumlah lokakarya dengan instansi terkait untuk tujuan tersebut.

Sementara itu, di pihak lain Asisten Komandan Pasukan, Mayjen Abdullah Al-Khalaf, juga menyatakan bahwa program pelatihan lanjutan untuk memberantas terorisme adalah hasil usaha yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir.

“Tujuh puluh tujuh petugas telah mengikuti kursus pelatihan dari pasukan yang ditugaskan di Madinah, Asir, Jazan, Najran, Makkah, Provinsi Perbatasan Utara dan Tabuk,” kata Al-Khalaf.

Dia menyebutkan pasukan juga telah menerima pelatihan khusus dalam bidang kebugaran, keterampilan khusus, angkat beban, kelebihan beban, perjalanan panjang, rintangan, parit, membawa barang dan perjalanan melalui medan yang sulit yang tentunya untuk menjaga jamaah haji dari berbagai ancaman.

(saudigazz/and)

Berita Lainnya
UNICEF: 1,2 juta anak di Yaman hidup di daerah konflik YAMAN, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 1,2 juta anak tinggal di daerah konflik di Yaman --negara yang digu...
Perempuan Gaza berpawai bagi Pembebasan Perempuan yang dipenjarakan Israel GAZA, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah perempuan Palestina menyelenggarakan pertemuan terbuka di Jalur Gaza...
Ratusan orang di Barcelona protes kunjungan Raja Spanyol BARCELONA, TAJUKTIMUR.COM - Ratusan orang turun ke jalan di Barcelona pada Minggu (24/2) untuk menen...
PBB peringatkan Mesir soal eksekusi hukuman mati JENEWA, TAJUKTIMUR.COM - Badan hak asasi manusia PBB pada Jumat menyatakan keprihatinan tentang ekse...
Sedikitnya 5 orang tewas akibat serangan rezim Assad IDLIB, TAJUKTIMUR.COM - Sedikitnya 5 orang tewas akibat serangan udara rezim Bashar al-Assad yang di...
Kanal: Internasional