Loading...

Diplomasi Bintang K-POP di Daratan China

BEIJING (TAJUKTIMUR.COM) — Presiden Korea Selatan Moon Jae-in akan mengumumkan serangkaian keterlibatan pesohor K-Pop di berbagai acara, termasuk makan malam kenegaraan di China, Kamis (14/12).

Langkah Moon membawa bintang K-Pop ke China ini dalam rangka menyelesaikan hubungan yang kaku antara Korsel dan China dalam beberapa tahun terakhir.

Bintang K-POP termasuk beberapa akan mendampingi Moon, dilarang tampil dari televisi China saat hubungan di antara negara tetangga Asia Timur tersebut mendingin.

Moon berharap dapat menggunakan kunjungan pertamanya ke China sejak menjabat pada Mei itu membangun dukungan demi penyelesaian diplomatik terhadap sengketa sepanjang tahun tersebut.

“Keyakinan Korsel dan para pemimpin bisnis bahwa situasi sulit dari berbagai kekurangan kerjasama antara kedua negara, yang ditimbulkan oleh perbedaan sudut pandang kedua negara, akan terbebas – dan zaman baru hubungan bilateral akan dimulai,” kata Moon kepada perkumpulan pemimpin bisnis China dan Korsel di Beijing.

Aktris Korea Selatan Song Hye-kyo, bintang drama populer “Descendants of the Sun” (2016) akan bergabung dengan Moon dan Xi dalam makan malam kenegaraan pada Kamis. Song akan bergabung dengan aktor Korsel dan China yang telah menikah, Choo Ja-yeon dan Xiaoguang Yu.

“Boyband” EXO, salah satu artis berpenghasilan tinggi dari agensi bakat papan atas K-Pop, S.M. Entertainment, juga akan bergabung dengan Moon dan Song pada sebuah acara bisnis bilateral pada Kamis pagi.

Kehadiran selebriti semacam itu mencerminkan harapan Seoul untuk memecahkan masalah setelah sebuah perselisihan mengenai penyebaran sistem anti-misil “Terminal High Altitude Area Defense” (THAAD). China mengeluh bahwa radar kuat sistem THAAD dapat melihat jauh ke wilayahnya dan tidak melakukan apapun untuk mengurangi ketegangan dengan Korut.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Film Dokumenter Gaza Raih Penghargaan Film di Spanyol BETHLEHEM, TAJUKTIMUR.COM - Film dokumenter Gaza berhasil meraih penghargaan Premios Goya Award di S...
Awali Tahun 2019 China Lakukan Pendaratan Rover di Bulan BEIJING, TAJUKTIMUR.COM - Banyak dari kita yang ingin mengawali tahun baru dengan sesuatu yang spesi...
Gempa 7,1 SR Guncang Filipina JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang kawasan kepulauan di Mindanao, bagian s...
Dunia Turut Berduka untuk Korban Tsunami Selat Sunda TEHERAN, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani mengirimkan surat belasungkawa kepada pemerin...
Pakar Prediksi Tsunami Susulan Terjang Indonesia PARIS, TAJUKTIMUR.COM - Pakar tsunami, Richard Teeuw dari University of Portsmouth di Inggris, mempe...
Kanal: Hiburan Internasional