Loading...

Gempa Papua Nugini Tewaskan 14 Orang

MENDI (TAJUKTIMUR.COM) — Sedikitnya 14 orang tewas akibat longsor dan tertimpa bangunan yang roboh, pasca gempa berkekuatan 7,5 SR megguncang daratan tinggi Ppaua Nugini, Senin.

Pihak kepolisian dan rumah sakit setempat pada Selasa mengatakan gempa pada Senin itu merusak sejumlah infrastruktur pertambangan dan listrik. Bencana yang sama membuat perusahaan raksasa minyak ExxonMobil Corp menutup pabrik LNG senilai 19 milyar dolar–dan menjadi penyumbang ekspor terbesar di Papua Nugini.

Di Mendi, ibu kota provinsi Southern Islands, dua bangunan runtuh dan longsor menewaskan 12 orang, kata seorang perawat di rumah sakit umum setempat Julie Sakol. .

“Orang-orang masih ketakutan karena guncangan masih terasa. Tidak ada tempat berlindung dan mereka hanya mondar-mandir,” kata dia.

Puluhan gempa susulan terjadi di area tersebut, termasuk di antaranya gempa berkekuatan 5.7 SR pada Selasa sore, demikian Badan Geologi Amerika Serikat.

Pihak kepolisian mencatat 14 orang yang tewas akibat gempa pertama, termasuk tiga dari Poroma, wilayah selatan Mendi.

“Mereka tewas akibat longsor yang menghancurkan rumah saat semua orang sedang terlelap,” kata petugas kepolisian Mendi Naring Bongi.

Pejabat administrasi provinsi, William Bando, memberikan keterangan berbeda soal jumlah kematian dengan angka lebih dari 30 orang di daerah yang terletak 560 km dari ibu kota, Port Moresby.

Saat ini berbagai laporan jumlah kematian itu tengah diselidiki otoritas penanganan bencana Papua Nugini.

Kurangnnya alat komunikasi menghambat pemeriksaan dampak bencana, berbagai lembaga bantuan internasional hingga kini belum mulai turun lapangan, kata Udaya Regimi, kepala Palang Merah Internasional Papua Nugini di Port Moresby.

“Kekuatan gempa ini sangat besar sehingga pasti ada dampaknya. Namun kami tidak bisa memastikan seberapa banyak orang yang memang terdampak dan apa yang mereka butuhkan,” kata Regmi.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Awali Tahun 2019 China Lakukan Pendaratan Rover di Bulan BEIJING, TAJUKTIMUR.COM - Banyak dari kita yang ingin mengawali tahun baru dengan sesuatu yang spesi...
Gempa 7,1 SR Guncang Filipina JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang kawasan kepulauan di Mindanao, bagian s...
Dunia Turut Berduka untuk Korban Tsunami Selat Sunda TEHERAN, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani mengirimkan surat belasungkawa kepada pemerin...
Pakar Prediksi Tsunami Susulan Terjang Indonesia PARIS, TAJUKTIMUR.COM - Pakar tsunami, Richard Teeuw dari University of Portsmouth di Inggris, mempe...
Soal Papua, Indonesia akan Lawan Fitnah Media Australia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Luar Negeri Indonesia akan mengambil langkah yang diperlukan u...
Kanal: Internasional