Loading...

Indonesia, Malaysia, Filipina Luncurkan Patroli Bersama

ARAKAN (TAJUK TIMUR.COM) – Indonesia, Malaysia, dan Filipina memulai patroli angkatan laut bersama hari Senin (19/6) untuk mencegah ancaman dari peningkatan dari kelompok-kelompok ekstrimis.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan patroli bersama dilakukan untuk menghentikan militan dari Marawi meloloskan diri sebagai pengungsi ke wilayah Indonesia.

Patroli maritim trilateral terkoordinasi diluncurkan di tengah meningkatnya serangan antara pasukan Filipina dan teroris terafiliasi Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). Ketiga negara itu telah membuat kesepakatan pada Mei 2016 untuk melakukan patroli bersama dan saling berbagi informasi intelijen setelah serangkaian penculikan warga asing oleh kelompok Abu Sayyaf.

Serangkaian serangan pembajakan diikuti penculikan yang umumnya terjadi di Laut Sulu telah menimbulkan dampak keamanan di sekitar negara-negara pesisir, serta mendorong kami untuk melakukan patroli terkoordinasi antara tiga negara,” kata Gatot ketika meluncurkan patroli bersama di Tarakan, Kalimantan Utara.

Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan ketiga negara akan meningkatkan upaya saling berbagi informasi, sebab yang terjadi di Marawi bisa terjadi di mana saja.

“Ketiga negara bertetangga itu sepakat tidak mengizinkan ISIS untuk menginjakkan kaki, bahkan hanya satu inci pun di kawasan kami,” kata Hishammuddin.

Ketiga negara juga membentuk pusat-pusat komando maritim di Tarakan untuk Indonesia, di Tawau untuk Malaysia, dan di Bongao untuk Filipina. Tujuannya mengumpulkan informasi dan patroli terkoordinasi.

“Ini akan memungkinkan kapal terdekat dari negara mana pun untuk mengirimkan jawaban terhadap ancaman bahaya dan memungkinkan pengejaran terus menerus,” kata Gatot.

“Kami melihat fungsi ini sebagai segi tiga, seperti jaring laba-laba, dimana semuanya di dalam segitiga akan diawasi,” tandas Gatot.

(sp/ttcom)

Berita Lainnya
Presiden Gelar Pertemuan Bilateral dengan PM Kepulauan Solomon PORT MORESBY, TAJUKTIMUR.COM - Indonesia dan Kepulauan Solomon adalah dua negara yang memiliki beber...
Jokowi: Kurangi Ketergantungan Terhadap Satu Mata Uang SINGAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Jokowi mengatakan saat ini, kita menghadapi kondisi ekonomi glo...
Jokowi-Putin Bahas Isu Ekonomi SINGAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Indonesia dan Rusia melakukan pertemuan bilateral di Pusat Ko...
Presiden Jokowi Harapkan ASEAN Perkuat Sinergi SINGAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo menyatakan harapannya agar Perhimpunan Bangsa-Bangs...
DPR Optimis Hubungan Diplomatik Indonesia – Selandia Baru Meningkat Wellington, TAJUKTIMUR.COM - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo optimis pertemuan yang telah dilakukan ol...
Kanal: Internasional