Loading...

Indonesia, Malaysia, Filipina Luncurkan Patroli Bersama

ARAKAN (TAJUK TIMUR.COM) – Indonesia, Malaysia, dan Filipina memulai patroli angkatan laut bersama hari Senin (19/6) untuk mencegah ancaman dari peningkatan dari kelompok-kelompok ekstrimis.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan patroli bersama dilakukan untuk menghentikan militan dari Marawi meloloskan diri sebagai pengungsi ke wilayah Indonesia.

Patroli maritim trilateral terkoordinasi diluncurkan di tengah meningkatnya serangan antara pasukan Filipina dan teroris terafiliasi Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). Ketiga negara itu telah membuat kesepakatan pada Mei 2016 untuk melakukan patroli bersama dan saling berbagi informasi intelijen setelah serangkaian penculikan warga asing oleh kelompok Abu Sayyaf.

Serangkaian serangan pembajakan diikuti penculikan yang umumnya terjadi di Laut Sulu telah menimbulkan dampak keamanan di sekitar negara-negara pesisir, serta mendorong kami untuk melakukan patroli terkoordinasi antara tiga negara,” kata Gatot ketika meluncurkan patroli bersama di Tarakan, Kalimantan Utara.

Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan ketiga negara akan meningkatkan upaya saling berbagi informasi, sebab yang terjadi di Marawi bisa terjadi di mana saja.

“Ketiga negara bertetangga itu sepakat tidak mengizinkan ISIS untuk menginjakkan kaki, bahkan hanya satu inci pun di kawasan kami,” kata Hishammuddin.

Ketiga negara juga membentuk pusat-pusat komando maritim di Tarakan untuk Indonesia, di Tawau untuk Malaysia, dan di Bongao untuk Filipina. Tujuannya mengumpulkan informasi dan patroli terkoordinasi.

“Ini akan memungkinkan kapal terdekat dari negara mana pun untuk mengirimkan jawaban terhadap ancaman bahaya dan memungkinkan pengejaran terus menerus,” kata Gatot.

“Kami melihat fungsi ini sebagai segi tiga, seperti jaring laba-laba, dimana semuanya di dalam segitiga akan diawasi,” tandas Gatot.

(sp/ttcom)

Berita Lainnya
Film Dokumenter Gaza Raih Penghargaan Film di Spanyol BETHLEHEM, TAJUKTIMUR.COM - Film dokumenter Gaza berhasil meraih penghargaan Premios Goya Award di S...
Awali Tahun 2019 China Lakukan Pendaratan Rover di Bulan BEIJING, TAJUKTIMUR.COM - Banyak dari kita yang ingin mengawali tahun baru dengan sesuatu yang spesi...
Gempa 7,1 SR Guncang Filipina JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang kawasan kepulauan di Mindanao, bagian s...
Dunia Turut Berduka untuk Korban Tsunami Selat Sunda TEHERAN, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani mengirimkan surat belasungkawa kepada pemerin...
Pakar Prediksi Tsunami Susulan Terjang Indonesia PARIS, TAJUKTIMUR.COM - Pakar tsunami, Richard Teeuw dari University of Portsmouth di Inggris, mempe...
Kanal: Internasional