Loading...

Jelang Pertemuan Trump-Kim, Singapura Perketat Keamanan

SEOUL, TAJUKTIMUR.COM — Situasi keamanan di Singapura telah diperketat jelang pertemuan puncak Amerika Serikat-Korea Utara di negara kepulauan itu, saat pejabat lokal menginterogasi dua wartawan Korea Selatan dan seorang peniru Kim Jong-un.

Menurut siaran KBS Korea Selatan, kedua wartawan itu ditanyai polisi karena diduga masuk ke kediaman duta besar Korea Utara di Singaura tanpa izin.

Sambil menunggu hasil pemeriksaan polisi, KBS merilis permohonan maaf karena gagal memastikan jurnalisnya bertindak hati-hati saat meliput persiapan pertemuan puncak Donald Trump – Kim Jong-un pada 12 Juni mendatang.

Masalah ini bahkan dibahas oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang telah berperan sebagai penengah selama menanggulangi hambatan-hambatan yang sempat mengancam realisasi pertemuan puncak tersebut, yang rencananya akan diliput oleh lebih dari 300 wartawan dari Korea Selatan saja.

Kantor kepresidenan Seoul telah meminta media lokal untuk menahan diri, dan juga mempercayakan seluruh proses investigasi sesuai hukum Singapura.

Sementara itu, peniru Kim Jong-un yang sempat masuk headline Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang pada Februari lalu, juga datang ke Singapura. Entertainer asal Hong Kong yang bernama Howard X itu diusir dari salah satu lokasi Olimpiade di Korea Selatan karena tampil bersama dengan tim pemandu sorak Korea Utara.

Dia sempat ditahan di Bandara Changi Singapura sebelum akhirnya dibebaskan dan diizinkan untuk berjalan-jalan di sekitar Taman Merlion dengan seorang rekan yang berpura-pura menjadi Donald Trump.

“Saya merasa mereka mencoba mengintimidasi saya. Tetapi jika saya dideportasi, itu akan menjadi berita besar,” ungkap Howard X kepada Bloomberg News.

Dia dibebaskan setelah ditahan selama dua jam, namun diperingatkan untuk menghindari daerah yang ditetapkan sebagai zona khusus untuk pertemuan puncak.

Berita Lainnya
Wapres JK Pimpin Delegasi Indonesia di Sidang Umum PBB NEW YORK, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akan memimpin delegasi pemerintah Indonesia di Sidang Umum Ke-73 Perserikatan Bangsa-Bangsa di markas besar PBB, ...
Jutaan Warga Syiah Peringati Asyura di tengah Keamanan Ketat KABUL, TAJUKTIMUR.COM - Jutaan warga Syiah melakukan upacara berkabung pada Kamis untuk menandai Asyura, acara tersuci di kalender mereka, di tengah peningkatan keamanan ...
Dua Mantan Menteri Malaysia Mundur dari UMNO KUALA LUMPUR, TAJUKTIMUR.COM -- Dua mantan menteri dari Barisan Nasional mengundurkan diri dari partai UMNO. Keduanya yaitu mantan Menteri Perdagangan Datuk Seri Mustafa ...
Dua Nelayan Indonesia Diculik di Perairan Semporna SABAH, TAJUKTIMUR.COM - Dua nelayan Indonesia diyakini telah diculik dari Pulau Gaya, Perairan Semporna, Sabah, Malaysia, Selasa dini hari. Media setempat melaporkan b...
Presiden Jokowi Terima Sambutan Resmi Presiden Korsel Moon Jae-in SEOUL, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara sambutan resmi yang dilakukan oleh Presiden Korsel Moon Ja...
Kanal: Internasional