Loading...

Jelang Pertemuan Trump-Kim, Singapura Perketat Keamanan

SEOUL, TAJUKTIMUR.COM — Situasi keamanan di Singapura telah diperketat jelang pertemuan puncak Amerika Serikat-Korea Utara di negara kepulauan itu, saat pejabat lokal menginterogasi dua wartawan Korea Selatan dan seorang peniru Kim Jong-un.

Menurut siaran KBS Korea Selatan, kedua wartawan itu ditanyai polisi karena diduga masuk ke kediaman duta besar Korea Utara di Singaura tanpa izin.

Sambil menunggu hasil pemeriksaan polisi, KBS merilis permohonan maaf karena gagal memastikan jurnalisnya bertindak hati-hati saat meliput persiapan pertemuan puncak Donald Trump – Kim Jong-un pada 12 Juni mendatang.

Masalah ini bahkan dibahas oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang telah berperan sebagai penengah selama menanggulangi hambatan-hambatan yang sempat mengancam realisasi pertemuan puncak tersebut, yang rencananya akan diliput oleh lebih dari 300 wartawan dari Korea Selatan saja.

Kantor kepresidenan Seoul telah meminta media lokal untuk menahan diri, dan juga mempercayakan seluruh proses investigasi sesuai hukum Singapura.

Sementara itu, peniru Kim Jong-un yang sempat masuk headline Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang pada Februari lalu, juga datang ke Singapura. Entertainer asal Hong Kong yang bernama Howard X itu diusir dari salah satu lokasi Olimpiade di Korea Selatan karena tampil bersama dengan tim pemandu sorak Korea Utara.

Dia sempat ditahan di Bandara Changi Singapura sebelum akhirnya dibebaskan dan diizinkan untuk berjalan-jalan di sekitar Taman Merlion dengan seorang rekan yang berpura-pura menjadi Donald Trump.

“Saya merasa mereka mencoba mengintimidasi saya. Tetapi jika saya dideportasi, itu akan menjadi berita besar,” ungkap Howard X kepada Bloomberg News.

Dia dibebaskan setelah ditahan selama dua jam, namun diperingatkan untuk menghindari daerah yang ditetapkan sebagai zona khusus untuk pertemuan puncak.

Berita Lainnya
Terlalu Agresif, China Tahan Laju Kendaraan Listrik BEIJING, TAJUKTIMUR.COM - China akan mengambil tindakan guna menahan laju pertumbuhan kendaraan listrik yang begitu pesat, menurut juru bicara lembaga...
Sebagai Utusan Badan Pengungsi PBB, Angelina Jolie Kunjungi Mosul IRAK, TAJUKTIMUR.COM -- Utusan khusus badan pengungsi PBB (UNHCR) Angelina Jolie mengunjungi kota terbesar kedua Irak, Mosul, pada Sabtu seraya menyer...
Spanyol Selamatkan 933 Migran di Laut Mediterania MADRID, TAJUKTIMUR.COM -- Penjaga pantai Spanyol menyelamatkan 933 orang migran dan menemukan empat mayat di laut Mediterania pada Jumat dan Sabtu sem...
Serangan Udara Israel Lukai Dua Warga Palestina YERUSALEM, TAJUKTIMUR.COM -- Setidaknya dua warga Palestina terluka setelah pesawat udara tak berawak Israel (UAV) melakukan serangan udara di Gaza, k...
Delegasi KNRP Rayakan Idul Fitri Bersama Pengungsi Palestina ISTANBUL, TAJUKTIMUR.COM - Setelah berbagi kebahagiaan bersama warga Gaza pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, Komite Nasional untuk Rakyat Palestina ...
Kanal: Internasional