Loading...

Jelang Pertemuan Trump-Kim, Singapura Perketat Keamanan

SEOUL, TAJUKTIMUR.COM — Situasi keamanan di Singapura telah diperketat jelang pertemuan puncak Amerika Serikat-Korea Utara di negara kepulauan itu, saat pejabat lokal menginterogasi dua wartawan Korea Selatan dan seorang peniru Kim Jong-un.

Menurut siaran KBS Korea Selatan, kedua wartawan itu ditanyai polisi karena diduga masuk ke kediaman duta besar Korea Utara di Singaura tanpa izin.

Sambil menunggu hasil pemeriksaan polisi, KBS merilis permohonan maaf karena gagal memastikan jurnalisnya bertindak hati-hati saat meliput persiapan pertemuan puncak Donald Trump – Kim Jong-un pada 12 Juni mendatang.

Masalah ini bahkan dibahas oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang telah berperan sebagai penengah selama menanggulangi hambatan-hambatan yang sempat mengancam realisasi pertemuan puncak tersebut, yang rencananya akan diliput oleh lebih dari 300 wartawan dari Korea Selatan saja.

Kantor kepresidenan Seoul telah meminta media lokal untuk menahan diri, dan juga mempercayakan seluruh proses investigasi sesuai hukum Singapura.

Sementara itu, peniru Kim Jong-un yang sempat masuk headline Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang pada Februari lalu, juga datang ke Singapura. Entertainer asal Hong Kong yang bernama Howard X itu diusir dari salah satu lokasi Olimpiade di Korea Selatan karena tampil bersama dengan tim pemandu sorak Korea Utara.

Dia sempat ditahan di Bandara Changi Singapura sebelum akhirnya dibebaskan dan diizinkan untuk berjalan-jalan di sekitar Taman Merlion dengan seorang rekan yang berpura-pura menjadi Donald Trump.

“Saya merasa mereka mencoba mengintimidasi saya. Tetapi jika saya dideportasi, itu akan menjadi berita besar,” ungkap Howard X kepada Bloomberg News.

Dia dibebaskan setelah ditahan selama dua jam, namun diperingatkan untuk menghindari daerah yang ditetapkan sebagai zona khusus untuk pertemuan puncak.

Berita Lainnya
Tiga Orang Tewas, Ribuan Rumah Tanpa Listrik Akibat Badai Salju AS Tenggara ATLANTA, TAJUKTIMUR.COM - Sedikit-dikitnya tiga orang tewas dan ribuan rumah kehilangan listrik di C...
135 Orang Cedera dalam Unjuk Rasa Rompi Kuning di Perancis PARIS, TAJUKTIMUR.COM - Dilaporkan, sebanyak 118 orang dan 17 petugas polisi terluka dalam unjuk ras...
Gubernur Palestina Dibebaskan Bersyarat oleh Israel RAMALLAH, TAJUKTIMUR.COM - Pengadilan Israel memerintahkan pembebasan bersyarat bagi Gubernur Pales...
Tokoh Muslim Boikot Pertemuan dengan PM Australia MELBOURNE, TAJUKTIMUR.COM - Perdana Menteri Australia, Scott Morrison telah menuduh sejumlah tokoh-t...
Israel Tangkap 900 Anak Palestina Sepanjang Tahun Ini RAMALLAH, TaJUKTIMUR.COM - Pasukan Israel telah menahan lebih dari 900 anak Palestina sejak awal tah...
Kanal: Internasional