Loading...

Kim Jong-un Undang Presiden Korsel ke Korut

SEOUL (TAJUKTIMUR.COM) — Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengundang Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ke Pyongyang, membuka kemungkinan pertemuan pertama antara pemimpin kedua negara sejak 2007 lalu.

Undangan tersebut disampaikan oleh adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, dalam pertemuan bersejarahnya dengan Moon Jae-in, di kantor kepresidenan Korsel, Sabtu (10/2).

Pertemuan yang jadi perkembangan diplomatik paling signifikan selama lebih dari satu dekade terakhir itu bisa dilampaui jika Moon menerima undangan Pyongyang tahun ini.

Moon merespons undangan tersebut dengan menyiratkan kedua negara “mesti mencapai itu dengan menciptakan kondisi yang tepat,” dan pembicaraan antara Korut dengan Amerika Serikat juga dibutuhkan.

Dia meminta Korut lebih aktif berbicara dengan Amerika Serikat, kata juru bicara kepresidenan Korsel, Kim Eui-kyeom. Gambar dari jamuan makan siang di Gedung Biru yang disiarkan secara langsung di televisi Korea Selatan menunjukkan Moon duduk di hadapan Kim Yo-jong, alih-alih Kim Yong-nam yang lebih senior dan menjabat sebagai kepala negara seremonial.

Pertemuan tingkat tinggi seperti ini tidak terpikirkan beberapa bulan lalu. Namun, hubungan kedua negara tampak semakin membaik menjelang Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

Moon telah menyampaikan niatnya untuk menggunakan Olimpiade sebagai kesempatan membangun hubungan diplomatik dengan Korea Utara dan mengembalikan komunikasi, menyusul berbulan-bulan ketegangan di Semenanjung.

Keakraban kedua Korea tidak tercermin di pihak Amerika Serikat. Wakil Presiden Mike Pence, yang sama-sama berada di tempat VIP, tampak berwajah dingin selama peristiwa berlangsung.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
UNICEF: 1,2 juta anak di Yaman hidup di daerah konflik YAMAN, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 1,2 juta anak tinggal di daerah konflik di Yaman --negara yang digu...
Perempuan Gaza berpawai bagi Pembebasan Perempuan yang dipenjarakan Israel GAZA, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah perempuan Palestina menyelenggarakan pertemuan terbuka di Jalur Gaza...
Ratusan orang di Barcelona protes kunjungan Raja Spanyol BARCELONA, TAJUKTIMUR.COM - Ratusan orang turun ke jalan di Barcelona pada Minggu (24/2) untuk menen...
PBB peringatkan Mesir soal eksekusi hukuman mati JENEWA, TAJUKTIMUR.COM - Badan hak asasi manusia PBB pada Jumat menyatakan keprihatinan tentang ekse...
Sedikitnya 5 orang tewas akibat serangan rezim Assad IDLIB, TAJUKTIMUR.COM - Sedikitnya 5 orang tewas akibat serangan udara rezim Bashar al-Assad yang di...
Kanal: Internasional