Loading...

Kim Jong-un Undang Presiden Korsel ke Korut

SEOUL (TAJUKTIMUR.COM) — Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengundang Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ke Pyongyang, membuka kemungkinan pertemuan pertama antara pemimpin kedua negara sejak 2007 lalu.

Undangan tersebut disampaikan oleh adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, dalam pertemuan bersejarahnya dengan Moon Jae-in, di kantor kepresidenan Korsel, Sabtu (10/2).

Pertemuan yang jadi perkembangan diplomatik paling signifikan selama lebih dari satu dekade terakhir itu bisa dilampaui jika Moon menerima undangan Pyongyang tahun ini.

Moon merespons undangan tersebut dengan menyiratkan kedua negara “mesti mencapai itu dengan menciptakan kondisi yang tepat,” dan pembicaraan antara Korut dengan Amerika Serikat juga dibutuhkan.

Dia meminta Korut lebih aktif berbicara dengan Amerika Serikat, kata juru bicara kepresidenan Korsel, Kim Eui-kyeom. Gambar dari jamuan makan siang di Gedung Biru yang disiarkan secara langsung di televisi Korea Selatan menunjukkan Moon duduk di hadapan Kim Yo-jong, alih-alih Kim Yong-nam yang lebih senior dan menjabat sebagai kepala negara seremonial.

Pertemuan tingkat tinggi seperti ini tidak terpikirkan beberapa bulan lalu. Namun, hubungan kedua negara tampak semakin membaik menjelang Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

Moon telah menyampaikan niatnya untuk menggunakan Olimpiade sebagai kesempatan membangun hubungan diplomatik dengan Korea Utara dan mengembalikan komunikasi, menyusul berbulan-bulan ketegangan di Semenanjung.

Keakraban kedua Korea tidak tercermin di pihak Amerika Serikat. Wakil Presiden Mike Pence, yang sama-sama berada di tempat VIP, tampak berwajah dingin selama peristiwa berlangsung.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Awali Tahun 2019 China Lakukan Pendaratan Rover di Bulan BEIJING, TAJUKTIMUR.COM - Banyak dari kita yang ingin mengawali tahun baru dengan sesuatu yang spesi...
Gempa 7,1 SR Guncang Filipina JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang kawasan kepulauan di Mindanao, bagian s...
Dunia Turut Berduka untuk Korban Tsunami Selat Sunda TEHERAN, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani mengirimkan surat belasungkawa kepada pemerin...
Pakar Prediksi Tsunami Susulan Terjang Indonesia PARIS, TAJUKTIMUR.COM - Pakar tsunami, Richard Teeuw dari University of Portsmouth di Inggris, mempe...
Soal Papua, Indonesia akan Lawan Fitnah Media Australia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Luar Negeri Indonesia akan mengambil langkah yang diperlukan u...
Kanal: Internasional