Loading...

KRI Usman Harun Latihan Bersama FGS Magdeburg di Laut Mediterania

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — KRI Usman Harun-359 melaksanakan latihan Towing atau Peran Tunda bersama kapal perang Angkatan Laut Jerman FGS Magdeburg-F26 dengan manuver lapangan di Laut Mediterania.

Demikian dikatakan Komandan KRI Usman Harun-359 yang sekaligus Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) Kolonel Laut (P) Alan Dahlan,S.H.,M.Si., usai melaksanankan latihan bersama kapal perang Indonesia dengan kapal perang Jerman di laut Mediterania.

Menurut  Dansatgas MTF TNI XXVIII-J/UNIFIL Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, latihan ini merupakan bagian dari kegiatan yang dilaksanakan oleh unsur-unsur MTF guna meningkatkan interoperabilitas dalam rangka mendukung  tugas utamanya melaksanakan patroli atau Maritime Interdiction Operation (MIO) di Area Maritime Operation (AMO).

Lebih lanjut Kolonel Laut (P) Alan Dahlan mengatakan latihan towing dilaksanakan dengan melibatkan KRI Usman Harun-359 dan FGS Magedeburg-F261 yang secara bergantian melaksanakan peran sebagai kapal penunda (towing ship) dan unsur lain sebagai kapal yang ditunda (disabled ship).

“Kegiatan towing ini dilaksanakan dengan  tujuan memberikan bantuan kepada kapal yang ditunda (disabled ship) yang tidak dapat berolah gerak diakibatkan  kerusakan mesin atau kegagalan fungsi sistem kapal di tengah laut sehingga kapal (disabled ship) dapat diselamatkan dan dibawa ke pangkalan oleh kapal penunda  (towing ship)”, katanya.

“Dalam pelaksanaan towing, kapal penunda harus memperhatikan faktor angin, arus dan pergerakan kedua kapal agar dapat melaksanakan pendekatan kepada kapal yang ditunda dengan aman”, tambahnya.

Kolonel Laut (P) Alan Dahlan lebih lanjut mengatakan  latihan ini untuk meningkatkan kemampuan prajurit KRI Usman Harun-359 dalam melaksanakan peran tunda. Selain itu latihan towing ini dapat mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Jerman.

Dansatgas MTF TNI XXVIII-J/UNIFIL memberikan apresiasi kepada prajurit KRI Usman Harun-359 yang telah melaksanakan latihan towing bersama kapal perang Jerman dengan baik.

Selain itu Kolonel Laut (P) Alan Dahlan juga mengucapkan terima kasih kepada Komandan FGS Magedeburg-F261 yang telah mengadakan latihan bersama dalam rangka meningkatkan kemampuan melaksanakan tugas MTF.

Berita Lainnya
Trump Dilarang Blokir Pengkritiknya di Twitter NEW YORK, TAJUKTIMUR.COM -- Seorang hakim federal di New York pada Rabu memutuskan bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump tidak boleh memblokir o...
Weleh, Ponakan Meghan Markle Ditangkap Polisi Usai Royal Wedding LONDON, TAJUKTIMUR.COM - Kabar mengejutkan mengenai keluarga Meghan Markle atau kini yang lebih dikenal sebagai Duchess of Sussex beredar. Keponakan M...
Saudi Bakal Tolak AS Jadi Mediator Palestina-Israel JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Al Shuaibi, menegaskan Amerika Serikat tidak bisa menjadi penenga...
Prabowo Kunjungi Anwar Ibrahim di Malaysia KUALA LUMPUR, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Selasa malam (22/5), mengunjungi Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR),...
Para Ilmuwan Ungkap Penyebab dan Tanggal Kematian Adolf Hitler JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Para ilmuwan Prancis telah membuktikan secara pasti bahwa pemimpin partai Nazi Jerman, Adolf Hitler, meninggal pada tahun 1...
Kanal: Internasional