Loading...

Mantan Bintang AC Milan Jadi Presiden Liberia

LIBERIA (TAJUKTIMUR.COM) — Mantan bintang sepak bola AC Milan George Weah menang dalam pemilihan presiden Liberia dan akan menggantikan Ellen Johnson Sirleaf pada bulan depan, yang menjadi peralihan demokrasi pertama di negara tersebut sesudah lebih dari 70 tahun.

Dengan 98,1 persen suara terhitung, Weah memimpin dengan 61,5 persen dari Wakil Presiden Joseph Boakai, yang meraih 38,5 persen, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Jerome Korkoyah kepada wartawan di ibu kota, Monrovia, Kamis.

Di markas partainya di luar Monrovia, air mata mengalir di wajah Weah saat dia menyapa pendukungnya dari balkon. Di bawahnya, ratusan anak muda bernyanyi dan menari dalam pertunjukan langsung “Hipco”, musik “hip-hop” Liberia, yang terkenal di kalangan anak muda di negara miskin tersebut.

“Keberhasilan George Weah adalah kemenangan seluruh negara,” kata insinyur berusia 47 tahun bernama Randall Zarkpah saat berjalan pulang bersama putranya melalui jalanan, yang dipenuhi suara klakson mobil serta sorakan nyaring saat petang.

“Bila Anda merasa sakit untuk beberapa lama dan Anda menerima pengobatan yang tepat – itulah yang saya rasakan sekarang, dia akan berbuat baik untuk negara kita, dia adalah Raja George!” serunya.

Weah dibesarkan di kota kumuh Clara Town di Monrovia dan kemudian menjadi satu-satunya orang Afrika yang memenangkan Pemain Terbaik Dunia FIFA, menjadi bintang di AC Milan, Paris St Germain dan Chelsea.

Ketanarannya di dalam negeri memicu penampilan sebelumnya untuk pemilihan presiden pada 2005. Dia menang dalam putaran pertama, kemudian kalah dalam putaran kedua, dari Johnson Sirleaf, yang sekarang dia kalahkan.

Kisahnya menuju kekayaan membantunya memasuki ketidakpuasan dengan masa jabatan 12 tahun Johnson Sirleaf. Dia menghentikan perang sipil selama beberapa tahun, namun mendapat kritik karena gagal membasmi korupsi atau kemiskinan yang terus-menerus.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Film Dokumenter Gaza Raih Penghargaan Film di Spanyol BETHLEHEM, TAJUKTIMUR.COM - Film dokumenter Gaza berhasil meraih penghargaan Premios Goya Award di S...
Awali Tahun 2019 China Lakukan Pendaratan Rover di Bulan BEIJING, TAJUKTIMUR.COM - Banyak dari kita yang ingin mengawali tahun baru dengan sesuatu yang spesi...
Gempa 7,1 SR Guncang Filipina JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang kawasan kepulauan di Mindanao, bagian s...
Dunia Turut Berduka untuk Korban Tsunami Selat Sunda TEHERAN, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani mengirimkan surat belasungkawa kepada pemerin...
Pakar Prediksi Tsunami Susulan Terjang Indonesia PARIS, TAJUKTIMUR.COM - Pakar tsunami, Richard Teeuw dari University of Portsmouth di Inggris, mempe...
Kanal: Internasional