Loading...

Menlu Palestina akan Hadiri Seminar Dukungan Indonesia

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al Maliki akan menghadiri seminar yang diadakan pemerintah Indonesia di Jakarta, 5 Desember 2017, untuk mendukung pembangunan kapasitas Palestina sebagai negara merdeka.

“Menlu Al Maliki akan menghadiri seminar ’empowering the people, strengthening the nation: Indonesia’s unwavering support for Palestinian through technical assistance’,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis (30/11).

Arrmanatha menjelaskan dalam pernyataan pers mingguan di Jakarta, bahwa inti dari seminar tersebut untuk mengidentifikasi bantuan teknis yang dapat diberikan Indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaan Palestina.

Sejak 2008, pemerintah Indonesia telah memberikan bantuan teknis berupa pendidikan dan pelatihan pembangunan kapasitas kepada lebih dari 1.800 warga Palestina dengan dana mencapai 120 juta dolar AS.

“Seminar ini akan mengambil dua isu, bagaimana Indonesia memberikan ‘capacity building’ kepada Palestina dan bagaimana memperkuat dukungan negara-negara pada kemerdekaan Palestina melalui forum-forum internasional,” kata Arrmanatha.

Seminar di Jakarta tersebut juga dimaksudkan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi bantuan internasional kepada Bangsa Palestina, oleh karena itu Indonesia juga mengundang Duta Besar Mesir untuk Indonesia karena negara tersebut juga berperan dalam konsolidasi dua faksi Palestina Hamas dan Fatah.

Selama kunjungannya di Jakarta, Menlu Al Maliki juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi yang akan dilaksanakan di Kementerian Luar Negeri RI pada 6 Desember 2017.

Jubir Kemlu menambahkan, dukungan Indonesia kepada Palestina tidak hanya dari pemerintah, namun juga masyarakat melalui berbagai badan non-pemerintah, antara lain pembangunan Rumah Sakit Indonesia yang diinisiasi MER-C.

“Kita juga memberikan bantuan melalui forum internasional, seperti CEAPAD dan Asia-Africa Strategic Partnership dalam kerangka Konferensi Asia-Afrika (KAA),” tuturnya.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Film Dokumenter Gaza Raih Penghargaan Film di Spanyol BETHLEHEM, TAJUKTIMUR.COM - Film dokumenter Gaza berhasil meraih penghargaan Premios Goya Award di S...
Awali Tahun 2019 China Lakukan Pendaratan Rover di Bulan BEIJING, TAJUKTIMUR.COM - Banyak dari kita yang ingin mengawali tahun baru dengan sesuatu yang spesi...
Gempa 7,1 SR Guncang Filipina JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang kawasan kepulauan di Mindanao, bagian s...
Dunia Turut Berduka untuk Korban Tsunami Selat Sunda TEHERAN, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani mengirimkan surat belasungkawa kepada pemerin...
Pakar Prediksi Tsunami Susulan Terjang Indonesia PARIS, TAJUKTIMUR.COM - Pakar tsunami, Richard Teeuw dari University of Portsmouth di Inggris, mempe...
Kanal: Internasional