Loading...

Peringatan 60 Tahun Hubungan Bilateral RI – Jepang

JAKARTA (AJUKTIMUR.COM) – Pemerintah Indonesia dan Jepang meluncurkan rangkaian acara peringatan 60 tahun hubungan bilateral dengan tema “Menuju Mas Depan Bersama: Kerja Bersama, Maju Bersama” di Jakarta, Minggu malam.

“Kita berharap acara peringatan 60 tahun in tidak hanya kegiatan, tapi juga memiliki substansi yang banyak,” kata Direktur Jenderal Kerja Sama Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya.

Dalam pernyataan pers bersama Kemlu RI dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Desra menjelaskan hubungan bilateral Indonesia dan Jepang telah berjalan dengan baik selam 60 tahun terakhir dan kian meningkat sejak penandatanganan Keemitraan Strategis pada 28 November 2008.

Sementara hubungan diplomatik Indonesia-Jepang dimulai pada 20 Januari 1958 dengan penandatanganan kesepakatan pampasan perang dari pemerintah Jepang kepada Indonesia.

“Peringatan 60 tahun menunjukkan hubungan yang sangat lama dan kaya, dan hubungan kedua negara telah berjalan dengan baik, dan kini Jepang merupakan mitra strategis Indonesia, terutama dalam bidang ekonomi,” kata Desra.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menambahkan, kerja sama dan dan persahabatan yang erat Indonesia dan Jepang juga didukung hubungan antarmasyarakat kedua negara di berbagai bidang.

Ishii mengatakan saat ini terdapat 1800 perusahaan Jepang di Indonesia yang menciptakan lapangan kerja bagi 5 juta orang Indonesia, dari sektor bisnis tersebut menciptakan interaksi dan ketertarikan kedua bangsa untuk mengenal lebih dalam.

“Hal itu bisa dilihat dari jumlah kunjungan orang Jepang ke Indonesia yang mencapai 500 ribu orang dan orang Indonesia ke Jepang mencapai 300 ribu orang,” kata dia.

Berbagai kegiatan akan diselenggarakan sepanjang tahun untuk memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang yang akan dibuka di beberapa kota di di Indonesia, yakni Jakarta pada 19 Januari 2018, Medan dan Surabaya pada 23 Januari, Bali pada 26 Januari, dan Makassar pada 11 Februari 2018.

Acara peringatan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang juga akan diselenggarakan di beberapa kota di Jepang, antara lain di Tokyo, Osaka, Fukuoka, Nagoya, Hiroshima, dan Hokkaido.

Untuk itu, pemerintah Indonesia dan Jepang telah menunjuk Rahmat Gobel sebagai ketua pengarah panitia peringatan 60 tahun Jepang.

Berbagai acara yang akan diselenggarakan, antara lain pekan budaya, festival musik, seminar, dan simposium, di samping agenda tahunan yang telah rutin digelar kedua belah pihak, seperti Jakarta-Japan Matsuri di Jakarta dan Indonesia Festival di Tokyo.

(dwisan/tccom)

Berita Lainnya
Jokowi: Kurangi Ketergantungan Terhadap Satu Mata Uang SINGAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Jokowi mengatakan saat ini, kita menghadapi kondisi ekonomi glo...
Jokowi-Putin Bahas Isu Ekonomi SINGAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Indonesia dan Rusia melakukan pertemuan bilateral di Pusat Ko...
Presiden Jokowi Harapkan ASEAN Perkuat Sinergi SINGAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo menyatakan harapannya agar Perhimpunan Bangsa-Bangs...
DPR Optimis Hubungan Diplomatik Indonesia – Selandia Baru Meningkat Wellington, TAJUKTIMUR.COM - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo optimis pertemuan yang telah dilakukan ol...
Dubes Saudi Bantah Adanya Pelarangan Haji Palestina JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuai...
Kanal: Internasional