Loading...

Salah Jalur, Kereta Amtrak Tabrak Kereta Barang di Carolina Selatan

CAROLINA (TAJUKTIMUR.COM) – Gubernur Carolina Selatan Henry McMaster mengatakan bahwa kereta penumpang Amtrak bertabrakan dengan kereta barang CSX pada Minggu (4/1) akibat salah jalur, yang menyebabkan setidaknya dua orang tewas dan 70 lainnya terluka.

“Kedua kereta itu tidak seharusnya bertabrakan,” kata McMaster dalam sebuah konferensi pers. “Tampaknya kereta Amtrak berada di jalur yang salah,” sementara kereta CSX sudah berada di jalur yang seharusnya, kata gubernur itu menambahkan.

“Informasi kami – dan ini harus dikoreksi – adalah bahwa ini bukan jalur utama (kereta),” kata McMaster. “Ini merupakan jalur persimpangan untuk kereta muatan – tempat tabrakan terjadi.”

Kereta CSX diparkir di tempat yang menjadi jalur persimpangan saat kereta Amtrak dari arah New York menuju Miami menabraknya dalam kecepatan 95km/jam, paparnya, yang menggambarkan kereta barang itu “benar-benar hancur” sementara kereta Amtrak “hampir tak dapat dikenali”.

Dua orang yang tewas adalah karyawan kereta Amtrak, menurut McMaster.

Di antara para korban yang terluka, satu orang di antaranya dalam kondisi kritis, dua mengalami luka serius, sementara yang lainnya luka ringan seperti memar, kata Steve Shelton, direktur kesehatan kesiapan darurat Palmetto.

Sebelumnya, pihak berwenang setempat mengatakan sekitar 5.000 galon bahan bakar tumpah pasca-kecelakaan. Namun untuk saat ini masih berada pada tingkat yang tidak membahayakan, menurut juru bicara Lexington County, Harrison Cahill.

Melalui sebuah pernyataan, pihak Amtrak mengatakan bahwa kecelakaan tabrakan itu terjadi sekitar pukul 02.35 waktu setempat di Cayce, Carolina Selatan.

“Mesin utama tergelincir, diikuti gerbong penumpang,” kata pernyataan tersebut. “Ada delapan anggota kru dan sekitar 139 penumpang, dengan korban luka-luka dilaporkan.”

Ini adalah kecelakaan mematikan ketiga yang melibatkan Amtrak dalam waktu kurang dari dua bulan. Akhir tahun lalu, sebuah kereta Amtrak tergelincir di barat laut negara bagian Washington, AS, menewaskan tiga orang dan melukai puluhan lainnya. Pekan lalu, sebuah kereta Amtrak yang membawa anggota parlemen dari Partai Republik ke Virginia barat menabrak sebuah truk sampah di Virginia, menyebabkan satu orang tewas dan dua lainnya terluka parah.

(fr)

Berita Lainnya
Awali Tahun 2019 China Lakukan Pendaratan Rover di Bulan BEIJING, TAJUKTIMUR.COM - Banyak dari kita yang ingin mengawali tahun baru dengan sesuatu yang spesi...
Gempa 7,1 SR Guncang Filipina JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang kawasan kepulauan di Mindanao, bagian s...
Dunia Turut Berduka untuk Korban Tsunami Selat Sunda TEHERAN, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani mengirimkan surat belasungkawa kepada pemerin...
Pakar Prediksi Tsunami Susulan Terjang Indonesia PARIS, TAJUKTIMUR.COM - Pakar tsunami, Richard Teeuw dari University of Portsmouth di Inggris, mempe...
Soal Papua, Indonesia akan Lawan Fitnah Media Australia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Luar Negeri Indonesia akan mengambil langkah yang diperlukan u...
Kanal: Internasional