Loading...

Sejarah! Konser Jazz Pertama Mengalun di Saudi

RIYADH (TAJUKTIMUR.COM) — Pria dan wanita tampak bergoyang mengikuti irama musik pada festival jazz yang untuk pertama kalinya digelar di Arab Saudi, Jumat (23/2).

Pemerintah Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir ini mulai menggelar acara di tempat terbuka sebagai usaha untuk menghapus kesan konservatif.

Warga lokal maupun asing memadati festival tiga hari itu yang dimeriahkan oleh grup musik dari Riyadh, Beirut dan New Orleans. Penonton pun ikut menyanyi bersama ketika Chady Nashef asal Lebanon membawakan lagu “Hotel California” milik The Eagles.

Pemandangan tersebut merupakan sesuatu yang tidak biasa di negara Islam tersebut setelah polisi agama tahun lalu menyatakan bahwa pertunjukan musik sebagai sesuatu yang berbahaya.

Pada Kamis lalu, Badan Hiburan Umum mengumumkan bahwa mereka akan menggelar lebih dari 5.000 pertunjukan, festival dan konser salama 2018, dua kali lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Rencana menggelar pertunjukan tersebut umumnya dipicu oleh motif ekonomi, yaitu bagian dari reformasi program untuk melakukan diversifikasi ekonomi, agar negara tidak tergantung kepada minyak bumi dan sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi kaum muda.

Perubahan kebijakan tersebut juga menandai perubahan kehidupan sosial masyarakat Saudi, secara perlahan mengurangi pembatasan gender, meski aturan keras tetap diberlakukan.

Seperti yang terlihat pada festival jazz tersebut, area di depan panggung dibagi dua bagian, yaitu untuk laki-laki dan perempuan, tapi di bagian belakang dan samping, terdapat arena campuran bagi kelompok keluarga.

“Saya sangat gembira karena bangun tidur tadi pagi dan pergi ke festival jazz, tampil di hadapan penonton, warga saya,” kata Saleh Zaid, musisi lokal anggota grup musik Min Riyadh.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
UNICEF: 1,2 juta anak di Yaman hidup di daerah konflik YAMAN, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 1,2 juta anak tinggal di daerah konflik di Yaman --negara yang digu...
Perempuan Gaza berpawai bagi Pembebasan Perempuan yang dipenjarakan Israel GAZA, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah perempuan Palestina menyelenggarakan pertemuan terbuka di Jalur Gaza...
Ratusan orang di Barcelona protes kunjungan Raja Spanyol BARCELONA, TAJUKTIMUR.COM - Ratusan orang turun ke jalan di Barcelona pada Minggu (24/2) untuk menen...
PBB peringatkan Mesir soal eksekusi hukuman mati JENEWA, TAJUKTIMUR.COM - Badan hak asasi manusia PBB pada Jumat menyatakan keprihatinan tentang ekse...
Sedikitnya 5 orang tewas akibat serangan rezim Assad IDLIB, TAJUKTIMUR.COM - Sedikitnya 5 orang tewas akibat serangan udara rezim Bashar al-Assad yang di...
Kanal: Internasional