Loading...

Semakin Erat, Xi Jinping dan Putin Bertukar Ucapan Selamat

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin, melalui percakapan telepon pada Senin (19/3), bertukar ucapan selamat atas keberhasilan masing-masing dalam memenangkan pemilihan presiden, dan berjanji untuk memperdalam hubungan antara kedua negara.

Terpilihnya kembali Putin sebagai presiden Rusia merupakan pilihan tepat yang dibuat oleh rakyat Rusia, kata Xi. Dirinya yakin di bawah kepemimpinan Putin, rakyat Rusia pasti akan terus memusatkan perhatian dan energi mereka serta maju ke depan dalam kesatuan untuk terus membuat pencapaian-pencapaian baru dalam kebangkitan dan pembangunan nasional Rusia.

Saat ini, lanjut Xi, Tiongkok dan Rusia tengah berada pada periode krusial dalam pembangunan dan peremajaan nasional. Tahun ini adalah tahun pertama bagi pengimplementasian Kongres Nasional CPC ke-19 (yang diadakan pada Oktober 2017) dan juga menandai peringatan 40 tahun diterapkannya kebijakan reformasi dan keterbukaan bagi dunia (yang dimulai pada 1978).

Sidang tahunan Kongres Rakyat Nasional (NPC) dan Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat Tiongkok (CPPCC) tahun ini menjadi lebih penting ketimbang tahun-tahun sebelumnya, tutur presiden Tiongkok tersebut.

Presiden Xi menambahkan, selain pemilihan kepemimpinan negara yang baru dan kepemimpinan Komite Nasional CPPCC, sejumlah proposal penting seperti amendemen konstitusi dan rancangan undang-undang pengawasan juga dibahas. Sementara babak baru restrukturisasi kelembagaan Dewan Negara telah dimulai.

Semua perkembangan ini akan sangat bermanfaat untuk menyatukan dan mendorong rakyat Tiongkok dalam perjuangan mewujudkan impian Tiongkok, yakni peremajaan besar bangsa Tiongkok, ujar Xi.

Seraya mengungkapkan bahwa ia sangat setuju dengan gagasan-gagasan penting dalam sejumlah bidang seperti pembangunan nasional, peningkatan penghidupan masyarakat, serta inovasi ilmiah dan teknologi yang diajukan Putin dalam pidato kenegaraannya baru-baru ini, Xi mengatakan dirinya yakin Tiongkok dan Rusia akan tetap berpegang pada jalur pembangunan mereka sendiri dalam arah yang telah ditentukan dan membuat pencapaian-pencapaian baru .

Tiongkok dan Rusia adalah mitra strategis komprehensif yang berdiri bersama dalam segala keadaan, kata Presiden Xi.

“Saya sudah sering bertemu Presiden (Putin), dan kami telah bersama-sama memimpin hubungan Tiongkok-Rusia menghadapi ujian dalam situasi internasional yang tak menentu serta mencapai level terbaik dalam sejarah,” ungkapnya.

Presiden Xi mengatakan, mengingat Tiongkok dan Rusia merupakan dua negara besar di dunia, Tiongkok akan terus bergandengan tangan dengan Rusia untuk membuat hubungan menjadi lebih erat, memperdalam kerja sama, bersama-sama membuat cetak biru bagi pengembangan hubungan bilateral di tahap selanjutnya, serta membawa hubungan Tiongkok-Rusia menuju era baru.

Dalam percakapan via telepon tersebut, Putin sekali lagi mengucapkan selamat kepada Xi atas pemilihan dirinya sebagai presiden Tiongkok, dan menambahkan bahwa keputusan penting NPC Tiongkok sekali lagi membuktikan prestise tinggi Xi serta dukungan semua rakyat Tiongkok untuk Xi.

Serangkaian keputusan yang dibuat oleh NPC akan mendorong lebih lanjut pembangunan Tiongkok, kata Putin, seraya menambahkan bahwa semua keputusan itu sangat tepat dan Rusia dengan tegas mendukungnya.

“Berkat promosi Anda secara langsung, kemitraan strategis Rusia-Tiongkok yang komprehensif saat ini berada pada level tertinggi dalam sejarah,” ujar Putin.

Ia menambahkan bahwa Rusia menghargai persahabatan dengan Tiongkok, dan bersedia bekerja sama dengan Tiongkok untuk mempererat pertukaran tingkat tinggi serta memperdalam kemitraan kerja sama strategis komprehensif antara kedua negara.

Berita Lainnya
Trump Dilarang Blokir Pengkritiknya di Twitter NEW YORK, TAJUKTIMUR.COM -- Seorang hakim federal di New York pada Rabu memutuskan bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump tidak boleh memblokir o...
Weleh, Ponakan Meghan Markle Ditangkap Polisi Usai Royal Wedding LONDON, TAJUKTIMUR.COM - Kabar mengejutkan mengenai keluarga Meghan Markle atau kini yang lebih dikenal sebagai Duchess of Sussex beredar. Keponakan M...
Saudi Bakal Tolak AS Jadi Mediator Palestina-Israel JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Al Shuaibi, menegaskan Amerika Serikat tidak bisa menjadi penenga...
Prabowo Kunjungi Anwar Ibrahim di Malaysia KUALA LUMPUR, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Selasa malam (22/5), mengunjungi Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR),...
Para Ilmuwan Ungkap Penyebab dan Tanggal Kematian Adolf Hitler JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Para ilmuwan Prancis telah membuktikan secara pasti bahwa pemimpin partai Nazi Jerman, Adolf Hitler, meninggal pada tahun 1...
Kanal: Internasional